Skip to main content

Macam-macam Jaringan Komputer, Jenis dan Pengertiannya

Macam-macam Jaringan Komputer dan Pengertiannya - Kita pasti sudah mengenal jenis-jenis jaringan komputer seperti LAN, MAN, MAN, Internet, dan Wireless (Wifi). Tujuan dari jaringan komputer adalah untuk menghubungkan komputer dan berbagai perangkat jaringan lainnya, baik itu skala kecil maupun skala global.

Macam-macam Jaringan Komputer, Jenis dan Pengertiannya
Macam-macam Jaringan Komputer, Jenis dan Pengertiannya

Adapun jenis-jenis jaringan komputer yang disebutkan di atas, semuanya juga berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer. Perbedaannya hanya pada cara menghubungkan komputer-komputer tersebut yang mencakup luas wilayah dan tujuannya serta teknologi yang digunakan.

Pengertian Jaringan Komputer dan Sejarahnya


Apa itu jaringan komputer? Pengertian jaringan komputer adalah hubungan antara dua atau lebih komputer melalui media transmisi kabel maupun tanpa kabel agar dapat saling berkomunikasi dan melakukan file sharing.

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri dari beberapa perangkat jaringan komputer yang dibangun dengan fungsi dan tujuan tertentu.

Secara umum, manfaat dari jaringan komputer adalah untuk memudahkan komunikasi data. Dan bukan hanya itu saja, jaringan komputer juga memiliki fungsi dan peran yang kompleks di era 21 ini.

Hampir setiap hari kita harus berhubungan dengan namanya internet agar dapat up to date terhadap perkembangan berita dan informasi dari seluruh dunia dengan cepat dan murah tanpa terbatas ruang dan waktu.

Sejarah jaringan komputer dan perkembangan internet juga topik yang menarik untuk dibahas. Bagaimana cikal bakal lahirnya internet dan sejarahnya, namun tidak akan dibahas di artikel ini. Akan sangat panjang nantinya.

Karena itu, kamu bisa lihat di artikel selanjutnya dalam Sejarah jaringan komputer dan perkembangan internet di Indonesia. Di artikel tersebut juga dijelaskan poin-poin penting manfaat jaringan komputer.

Macam-macam Jaringan Komputer


Sebutkan macam-macam jaringan dan penjelasannya? Itu adalah pertanyaan yang selalu hadir dalam ujian yang berhubungan dengan Jaringan Komputer. Namun kadang kita bingung jenis-jenis jaringan apa yang dimaksud oleh soal tersebut.

Sebenarnya ini juga adalah kesalahan dari soal itu sendiri yang kurang spesifik. Karena klasifikasi jenis-jenis jaringan komputer dapat dibedakan berdasarkan letak geografisnya, media transmisi yang digunakan dan lain-lain.

1. Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan Jangkauannya


Pembagian jenis jaringan komputer yang pertama didasarkan pada luas jangkaunnya.

LAN (Local Area Network)


LAN adalah jenis jaringan komputer yang paling pertama diperkenalkan bagi mereka yang belajar Jaringan Komputer. Jaringan LAN umumnya dibangun untuk menghubungkan beberapa komputer saja dalam skala yang kecil, dengan luas area jaringan yang kurang dari 1 km2.

Teknologi LAN biasanya menggunakan IEEE 802.3 Ethernet dengan keunggulan kecepatan transfer data dari 10, 100, sampai 1000 Mb/s. Selain itu, juga menggunakan Token Ring dan FDDI.

Adapun untuk membangun jaringan LAN, kita akan berhubungan dengan yang namanya topologi jaringan.

Keuntungan jaringan LAN adalah transfer data dilakukan dalam area lokal dimana keamanan data rahasia lebih terjamin. Kerugian dari LAN adalah area yang lebih sempit. Namun ini sesuai dengan tujuan LAN itu sendiri yang hanya berfungsi melayani komunikasi antar komputer dalam jaringan kecil.

Contoh penggunaan jaringan komputer jenis LAN bisa ditemukan di warnet, sekolah, dan kantor dalam lingkup yang lebih kecil.

MAN (Metropolitan Area Network)


Metropolitan Area Network atau juga dikenal dengan sebutan MAN adalah salah satu jenis jaringan komputer dengan lingkup area yang lebih luas dari LAN. Sesuai dengan namanya, jaringan MAN digunakan untuk menghubungkan komputer dalam area yang kompleks seperti beberapa gedung perkantoran, kampus, dan lain-lain dalam satu kota atau pun beberapa kota.

Jangkauan jaringan kategori MAN memiliki area dari 10 hingga 50 km. MAN terdiri dari kumpulan jaringan LAN yang biasanya bekerjasama atau dimiliki oleh suatu instansi atau perusahaan yang masih terletak dalam satu kota.

WAN (Wide Area Network)


Wide Area Network memiliki cakupan yang lebih luas dan bisa mencakup jaringan komputer antar negara dan benua.

Karena cakupan yang luas tersebut, media transmisi yang digunakan pun bisa seperti kabel bawah laut dan satellit. Dan tentu saja itu melibatkan operator telekomunikasi yang adalah perusahaan besar. Contohnya saja di Indonesia ada Telkomsel sebagai operator seluler yang menjangkau sebagian besar pelosok negeri.

Kecepatan WAN tergantung operator jaringan seluler yang digunakan, mulai dari 2 Mb/s sampai 625 Mb/s.

Teknologi yang digunakan pada WAN seperti modem, ISDN, DSL, dan lain-lain. Contoh jaringan WAN adalah internet.

WLAN (Wireless Local Area Network)


WLAN adalah teknologi jaringan komputer tanpa kabel yang lazim disebut dengan istilah nirkabel. Karena tidak membutuhkan kabel, media transmisinya menggunakan teknologi radio.

Untuk membangun jaringan WLAN, kita biasanya membuat hotspot sebagai pemancar jaringan ke komputer client. Adapun perangkat jaringan yang populer digunakan untuk membangun jaringan komputer jenis wireless adalah router Mikrotik.

Namun untuk membangun wireless dalam jangkauan yang lebih luas, kita membutuhkan repeater sebagai penguat sinyal dan menjangkau komputer client jarak jauh.

Contoh WLAN adalah Wifi dan Mifi.

2. Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan Media Transmisi yang Digunakan


Klasifikasi jenis jaringan komputer berikutnya adalah berdasarkan media transmisi yang digunakan agar komputer dapat berkomunikasi satu sama lain.

Jaringan Komputer Kabel (Wired Network)


Jaringan komputer kabel atau yang lebih populer disebut wired network adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media transmisinya.

Umumnya kita mengenal dengan istilah wired network lebih dalam lagi saat membahas topologi jaringan saat akan instalasi jaringan komputer LAN.

Dalam membangun jaringan komputer wired network, akan ada berbagai perangkat jaringan yang diperlukan seperti Hub/Switch, Connector, Kabel UTP/STP, dan berbagai perangkat lainnya.

Jaringan Komputer Tanpa Kabel (Nirkabel)


Jaringan komputer tanpa kabel disebut juga jaringan komputer nirkabel atau wireless network, menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisinya.

3. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Topologi Yang Digunakan


Topologi jaringan komputer adalah sebuah sistem tentang tata cara menghubungkan komputer dalam suatu jaringan. Tujuan dari topologi jaringan adalah untuk mengetahui desain yang tepat tentang skema jaringan yang akan dibuat.

Fungsi topologi jaringan untuk mengetahui skema jaringan komputer terbaik yang akan digunakan pada suatu lokasi. Pemilihat topologi jaringan didasarkan pada kebutuhan akan jaringan komputer, biaya dan jumlah perangkat yang terhubung.

Ada macam-macam topologi jaringan seperti topologi Bus, Star, Mesh, Ring, Tree, Hybrid, Linier, dan lain-lain.

Penjelasnnya dapat ditemukan dalam artikel lainnya yang berjudul Topologi Jaringan: Gambar dan Pengertian Topologi Jaringan Komputer

4. Jaringan Komputer Berdasarkan Arus Data Distribusi


Penggolongan macam-macam jaringan komputer yang selanjutnya adalah berdasarkan distribusi datanya dan lokasi informasi yang diakses.

Jaringan Komputer Terpusat


Jenis jaringan komputer terpusat menggunakan komputer induk sebagai server yang berisi informasi data utama yang dapat diakses dari terminal.

Jaringan Komputer Terdistribusi


Jenis jaringan komputer terdistribusi menggunakan beberapa komputer induk. Dalam jaringan terdistribusi, setiap host yang terhubung juga dapat berperan sebagai server.

5. Macam-macam Jaringan Komputer Berdasarkan Cara Komputer Berhubungan


Yang terakhir adalah jenis komputer berdasarkan cara komputer dalam suatu jaringan yang berhubungan. Ini akan banyak ditemukan juga dalam materi topologi jaringan komputer.

Jaringan Komputer Client-Server


Jenis jaringan komputer Client-Server terdiri dari dua jenis komputer, yaitu client dan server. Komputer server adalah komputer induk yang bisa terdiri dari satu atau lebih komputer induk.

Sedangkan komputer client adalah jenis komputer yang terhubung ke server atau komputer induk untuk dapat saling berkomunikasi dengan komputer client dalam jaringan yang sama.

Jaringan Peer to Peer


Jaringan Peer to Peer adalah jenis jaringan komputer yang membuat komputer yang terhubung dalam jaringan yang sama dapat bertugas sebagai server dan client sekaligus.

Dari artikel ini, kita bisa mengetahui setidaknya ada 5 jenis jaringan komputer berdasarkan klasifikasi jenis-jenisnya.

Lihat juga Jenis-jenis Sistem Operasi dan Pengertiannya Lengkap dengan Sejarah OS

Demikianlah artikel tentang macam-macam jaringan komputer dan penjelasannya. Semoga bermanfaat!
  June 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close