Skip to main content

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya dan Area Jangkauannya

Jenis-jenis Jaringan Komputer - Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang 5 jenis jaringan komputer berdasarkan pengklasifikasiannya. Dalam artikel macam-macam jaringan komputer tersebut, kita sudah membahas sebagain besar tentang pengertian LAN, MAN, WAN, dan WLAN. Namun pada artikel ini, kita juga akan menambah penjelasan tentang jenis-jenis jaringan komputer.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya dan Area Jangkauannya
Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsinya dan Area Jangkauannya

Jenis-jenis jaringan komputer sebenarnya dibedakan atas beberapa jenis klasifikasi. Ada jenis jaringan berdasarkan area cakupan jaringan, berdasarkan fungsi, berdasarkan topologi jaringan (Bus, Mesh, Ring, Star, Tree, Hybrid, dll), jenis-jenis klasifikasi jaringan lainnya.

Namun pada kesempatan kali ini, saya hanya mencoba membahas dua materi jaringan komputer untuk akan TKJ dan SMA, yaitu jenis jaringan komputer berdasarkan area jangkauannya dan juga jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya.

Jenis-jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Area Jangkaunnya


1. PAN (Personal Area Network)


PAN atau personal area network, sesuai dengan namanya dimanfaatkan dalam lingkup interpersonal atau pribadi. Biasanya digunakan untuk menghubungkan komputer dengan hp atau perangkat jaringan lainnya pada jarak dekat tidak lebih dari 6 meter.

Perangkat pribadi yang dihubungkan dalam jaringan PAN seperti komputer, tablet, smatphone, PDA (Personal Digital Assistant), dan perangkat jaringan lainnya.

Pada umumnya, jenis jaringan komputer lingkup PAN memanfaatkan tekonologi USB dan Bluetooth untuk menghubungkan perangkat.

2. LAN (Local Area Network)


Pengertian jaringan LAN (Local Area Network) adalah hubungan antara dua atau lebih komputer dalam satu wilayah lokal atau hanya satu gedung. Namun tidak menutup kemungkinan jaringan LAn bisa juga dalam beberapa gedung yang lebih luas dalam lingkup sekolah.

Dalam instalasi jaringan LAN, kita membutuhkan beberapa perangkat jaringan komputer seperti hardware HUB/Switch, Kabel UTP/STP, dan berbagai perangkat jaringan lainnya yang tergantung pada topologi jaringan yang akan digunakan.

Umumnya jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dalam lingkup ruang yang tidak lebih dari 1 km2.

Banyaknya kabel dan perangkat jaringan apa saja yang dibutuhkan dalam membangun jaringan LAN tergantung penuh pada konsep dan skema topologi jaringan yang digunakan.

Lihat juga Topologi Jaringan Hybrid: Pengertian dan Gambarnya

3. MAN (Metropolitan Area Network)


Jaringan komputer MAN (Metropolitan Area Network) bukan hanya menghubungkan komputer-komputer dalam satu lokasi gedung tapi juga antar gedung dalam satu kota atau beberapa kota. Jaringan MAN umumnya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan yang masih memiliki hubungan kerjasama.

Bisa dikatakan, jaringan MAN adalah kumpulan dari beberapa jaringan LAN yang saling terkoneksi sehingga memungkinkan terjadinya komunikasi.

4. WAN (Wide Area Network)


WAN (Wide Area Network) adalah hubungan antara komputer dengan komputer yang mencakup wilayah global dan terhubung dengan jaringan internet. Dengan jaringan WAN, seseorang yang terhubung ke jaringan internet dapat saling berkomunikasi secara jarak jauh tanpa batasan negara dan benua.

Semakin hari, semakin kecepatan koneksi internet semakin kencang. Hal ini menandakan kemajuan komunikasi data yang terus berkembang akibat manfaat dan kebutuhan akan jaringan yang sangat vital dalam kehidupan manusia saat ini.

5. WLAN (Wireless Local Area Network)


Dalam pembangunan LAN, kadang kita tidak bisa menjangkau beberapa bagian ruangan karena sesuatu hal. Atau pun untuk meminimalisir biaya instalasi jaringan LAN dari perangkat-perangkat jaringan seperti kabel, kita membangun WLAN (Wireless Local Area Network).

Bukan hanya itu, penggunaan WLAN lebih modern dan mendukung perangkat smartphone terbaru saat ini dengan memanfaatkan koneksi melalui jaringan wifi tanpa kabel.

Dalam perkembangannya, teknologi wireless atau tanpa kabel saat ini sudah banyak digunakan dengan memanfaatkan satelit dan mampu memberi kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan kabel.

Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Fungsinya


Jenis-jenis jaringan komputer yang kedua yang akan dibahas adalah macam-macam jaringan komputer berdasarkan fungsinya. Maksudnya adalah bagaimana peran komputer dalam melakukan komunikasi data, ternyata dibagi atas 2 jenis, yaitu jaringan peer to peer dan jaringan client server.

1. Jaringan komputer Peer to Peer


Jaringan komputer Peer to Peer menggunakan konsep yang sederhana. Jaringan Peer to Peer mudah dibangun karena jaringan Peer to Peer bisa dibuat hanya dengan hubungan dua komputer yang memiliki kartu jaringan NIC.

Selain itu, instalasi jaringan komputer Peer to Peer juga cenderung lebih murah. Dalam jaringan Peer to Peer, setiap komputer terhubung ke jaringan lainnya menggunakan koneksi point to point. Hal inilah yang membuat jaringan Peer to Peer lebih enteng dalam melakukan file sharing.

Namun kekurangan dari jaringan Peer to Peer adalah setiap pengguna komputer harus melakukan konfigurasi mereka sendiri. Karena dalam konsep jaringan Peer to Peer, masing-masing komputer dapat bertindak sebagai client dan server sesuai dengan kebutuhannya.

2. Jaringan komputer Client Server


Jenis jenis jaringan komputer dan fungsinya yang kedua adalah Client Server. Apa itu Client dan Server dalam jaringan komputer?

Client adalah komputer yang melakukan request terhadap server untuk berkomunikasi. Sedangkan Server adalah komputer yang menjadi pusat komunikasi antara komputer Client.

Ketika Client mengirim informasi ke Client lainnya, data harus melalui komputer Server. Dan komputer Server juga dikenal sebagai pusat penyedia informasi yang dibutuhkan oleh Client. Tergantung topologi jaringan yang digunakan.

Lihat juga Sejarah Jaringan Komputer, Tujuan dan Manfaat Jaringan Komputer

Itulah sedikit ulasan tentang jenis-jenis jaringan komputer berdasarkan fungsinya dan area jangkauannya. Semoga bermanfaat!
  June 18, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close