Skip to main content

Fungsi SIG (Sistem Informasi Geografis)

Fungsi SIG (Sistem Informasi Geografis) - SIG adalah singkatan dari Sistem Informasi Geografis yang merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang permukaan bumi dan segala yang ada di atasnya dengan menggabungkan ilmu komputer grafis.

Fungsi SIG (Sistem Informasi Geografis)
Fungsi SIG (Sistem Informasi Geografis)

SIG memiliki banyak fungsi, manfaat dan tujuan. Ada banyak bidang yang dapat dikerjakan menggunakan sistem informasi geografis. Ini karena SIG memiliki kemampuan dalam mengolah data spasial (keruangan) dengan sangat baik.

Fungsi SIG


Secara umum, fungsi SIG adalah untuk membantu kita dalam menganalisis dan mengolah data spasial menjadi sebuah informasi baru berdasarkan keperluan.
  1. Pemanfaatan SIG membuat informasi dari sebuah data dapat dilakukan overlay atau ditumpang susun menjadi satu sehingga lebih hemat ruang.
  2. Manfaat dari SIG adalah untuk memperbaharui data spasial.
  3. SIG memiliki kemampuan untuk menganalisis data dan melakukan perhitungan secara cepat dan tepat.
  4. Dengan memanfaatkan aplikasi SIG, kita dapat membuat peta secara detail dan akurat.
Karena SIG adalah sebuah sistem yang terintegrasi, maka untuk melakukan tahapan kerja SIG kita membutuhkan semua komponen yang diperlukan. Komponen SIG meliputi software, hardware, manajemen, dan semua komponen yang terlibat.

Jika dilihat dari aplikasi SIG, maka fungsi dari SIG sebenarnya adalah untuk mempermudah kita dalam mengelola data spasial dan menyajikan informasi geografis suatu wilayah dengan lebih cepat dan mudah.

Dengan SIG, kita bisa membuat peta menjadi lebih cepat dan akurat. Dengan SIG, kita lebih mudah menyajikan informasi kepada pengguna SIG. Dengan memanfaatkan SIG, kerja lebih mudah dan cepat.

Dengan demikian, fungsi SIG banyak sekali dalam kehidupan manusia berdasarkan tujuan, manfaat, dan penggunaannya!
  June 30, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close