Skip to main content

3 Cara Upgrade Kartu Telkomsel Dari Jaringan 3G ke 4G LTE

3 Cara Upgrade Kartu Telkomsel Dari Jaringan 3G ke 4G LTE - Jangkauan jaringan 4G Telkomsel semakin luas dan bukan menjangkau kota-kota besar di Indonesia tapi juga sampai ke pelosok-pelosok negeri hampir di seluruh Indonesia. Untuk menikmati koneksi internet dengan kecepatan maksimal 4G LTE, kita harus upgrade kartu Telkomsel dari 3G ke 4G bagi yang belum upgrade kartu.

3 Cara Upgrade Kartu Telkomsel Dari Jaringan 3G ke 4G LTE
3 Cara Upgrade Kartu Telkomsel Dari Jaringan 3G ke 4G LTE

Dan saya salah satunya pengguna kartu Telkomsel 3G yang semakin hari kesulitan untuk akses internet di desa saya. Bahkan data seluler sangat susah aktif di desa saya untuk kartu 3G. Sementara teman-teman yang sudah menggunakan kartu upgrade 4G Telkomsel bisa menikmati koneksi internet dengan cepat.

Karena itulah, saya memutuskan untuk melakukan upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari. Kamu bisa lihat pengalaman unik saya dalam artikel sebelumnya tentang Cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari. Di artikel tersebut sudah ada beberapa penjelasan dan jawaban dari pertanyaan seputar upgrade kartu Telkomsel ke 4G.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G dengan Mudah


Ada beberapa cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G yang bisa kamu pilih. Terlebih bagi kamu yang jauh dari Grapari Telkomsel, kamu sebenarnya bisa mengganti kartu Telkomsel 3G kamu dengan menggunakan Kartu Upgrade 4G Telkomsel.

Hanya saja, kekurangan upgrade Telkomsel 4G dengan kartu upgrade yang sering saya dengar adalah SMS Banking akan hilang, kuota internet dan telpon juga akan hilang.

Dan itu berbeda jika upgrade kartu Telkomsel di Grapari. Tidak ada kuota internet, telpon dan layanan perbankan yang terhapus karena upgrade ke 4G. Yang ada kita malah dapat bonus kuota internet gratis dari Telkomsel karena upgrade kartu ke 4G.

CARA 1# Upgrade Kartu 3G ke 4G dengan Kartu Upgrade


Dulu saya pikir kalau kartu upgrade 4G Telkomsel semua sama saja, asal kartu perdana yang banyak dijual di konter pulsa. Tapi ternyata bukan sembarangan kartu Telkomsel yang bisa digunakan untuk upgrade 4G Telkomsel.

Kartu upgrade 4G Telkomsel ini terbatas dan hanya tempat-tempat tertentu yang menjualnya. Dari situs resmi Telkomsel, kartu USIM 4G bisa didapatkan di Smartphone Corner yang telah berpartisipasi.

Kamu bisa upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel dengan mengganti kartu Telkomsel lama, baik itu kartu AS, Simpati, dan Loop.

Langkah-langkah cara upgrade kartu 3G ke 4G dengan kartu upgrade 4G Telkomsel LTE:

  1. Beli kartu upgrade 4G Telkomsel (Ingat kartu khusus upgrade ke 4G)
  2. Hubungi *888*46# untuk mendapatkan TOKEN/PIN dari kartu SIM lama yang masih 3G
  3. Pilih Menu 1
  4. Masukkan nomor kartu 4G Anda
  5. Pilih opsi "Ya"
  6. Tulis TOKEN/PIN pada selembar kertas
  7. Keluarkan kartu SIM lama dari ponsel Anda
  8. Ganti SIM lama 3G ke SIM Baru 4G 
  9. Hubungi *888*46#
  10. Pilih Menu 2
  11. Pilih opsi "Ya"
  12. Masukkan nomor lama Anda yang masih 3G
  13. Pilih opsi "Ya"
  14. Permintaan ganti kartu 3G ke 4G selesai
  15. Tunggu SMS konfirmasi ganti ke kartu 4G berhasil. Jika dalam waktu 15 menit tidak ada SMS konfirmasi, restart (matikan dan nyalakan kembali) hp Anda.
Jika di tempat Anda tidak ada kartu upgrade 4G yang dijual, Anda bisa memesan kartu upgrade 4G Telkomsel online. Bagaimana cara mendapatkan kartu 4G online dari Telkomsel?

Caranya mudah, cukup mengisi formulir lengkap di situs https://mobi.telkomsel.com/usim

Di formulir tersebut, Anda akan mengisi nomor ponsel, alamat lengkap tempat tinggal Anda, identitas dan email Anda. Pastikan mengisi formulir sesuai dengan alamat domisili Anda yang lengkap agar kartu Telkomsel bisa sampai di rumah Anda untuk segera melakukan upgrade.

Hanya perlu diketahui, bahwa tidak semua wilayah kabupten/kota Anda bisa memesan kartu upgrade 4G secara online. Hanya lokasi-lokasi tertentu saja. Jika kota Anda sudah memiliki Grapari Telkomsel, besar kemungkinan pengiriman kartu upgrade 4G juga bisa dilakukan secara online. Sementara di kabupaten saya tidak bisa. Saya tidak tahu tapi yang jelas, di kabupaten saya tidak ada Grapari Telkomsel.

Karena itu, jika kota Anda tidak memiliki Graparti Telkomsel, Anda bisa membeli kartu upgrade 4G di tempat khusus yang memang tersedia untuk upgrade kartu. Hanya saja, katanya banyak layanan yang akan hilang. Misalnya saja, layanan perbankan seperti SMS Banking sepertinya akan dinonaktifkan dan sebagain lagi menyebutkan kuota internet, SMS, dan telpon juga akan hilang. But, saya belum pernah coba karena waktu itu, saya langsung ke Grapari.

Proses pemesanan kartu 4G Telkomsel online ini membutuhkan biaya Rp10.000 ketika kartu sudah tiba di rumah. Tentu ini jauh lebih murah jika dibandingkan membeli kartu upgrade 4G di luar Grapari seperti konter-konter yang biasanya mematok harga Rp25.000 sampai Rp50.000 untuk upgrade kartu 4G.

Namun menurut saya, dari pengalaman upgrade kartu 3G ke 4G, jauh lebih murah tawarin di luar Grapari yang waktu itu hanya Rp50.000 untuk upgrade. Sementara di Grapari, saya harus membayar Rp105.000 karena alasan harus membeli paket Telkomsel telpon atau internet.

NB: Pulsa, paket internet, SMS, dan telpon tidak berkurang sepeser pun ketika upgrade kartu Telkomsel ke 4G.

CARA 2# Upgrade Kartu 3G ke 4G Telkomsel di MyGrapari


Selain cara di atas, kita juga bisa mengganti kartu Telkomsel 3G ke 4G di MyGrapari. Yang perlu dilakukan adalah mencari MyGrapari terdekat.

Langkah-langkah cara upgrade kartu Telkomsel dari jaringan 3G ke 4G:
Aktifkan jaringan 4G pada smartphone Anda.
Untuk meng-upgrade kartu Telkomsel ke 4G, kita Anda harus menunjukkan KTP yang masih berlaku untuk WNI, dan untuk WNA, bisa menunjukkan bukti Paspor/KITAP/KITAS.

CARA 3# Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari


Cara ini yang paling sering direkomendasikan. Tapi bukan berarti upgrade kartu Telkomsel ke 4G di Grapari adalah yang terbaik. Di Grapari, kemungkinan Anda akan antri, banyak syarat yang dibutuhkan dan tidak bisa diwakilkan.

NIK yang terdaftar saat registrasi adalah satu-satunya yang bisa melakukan upgrade kartu 3G ke 4G di Grapari selain pelanggapn VVIP dan VIP.

Upgrade kartu di Grapari sangat fleksibel. Anda hanya perlu datang dengan membawa identitas berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar, Kartu Keluarga, Kartu ATM (Semuanya 1 lembar fotocopy) dan tentu saja kartu 3G yang akan diupgrade lengkap dengan smartphone yang mendukung 4G.

Untuk selengkapnya, bisa lihat pengalaman upgrade kartu Telkomsel di Grapari dalam artikel: Upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel

Sampai di sini, kamu bisa memilih cara yang paling menguntungkan untukmu. Jika Grapari jauh dari lokasi Anda, sebaiknya Anda beli kartu 4G untuk upgrade aja di konter yang terdekat. Sementara jika Anda mau coba di Grapari, silahkan saja. Tapi semuanya tetap butuh dana dan bisa jadi di Grapari lebih mahal karena Anda harus beli paket nelpon atau internet. 

Tapi keuntungannya memang upgrade kartu di Grapari dan beli paket nelpon atau internetnya lebih murah. Secara beli paket internet di Aplikasi Mytelkomel atau langsung dial ke *100# untuk kartu As jauh lebih mahal, kecuali untuk pengguna kartu sakti Telkomsel.

Saya tidak tahu apa yang menjadi alasan beberapa konter yang menyediakan upgrade kartu ke 4G Telkomsel tidak mau melayani mereka yang memiliki layanan perbankan. Mungkin layanan ini akan nonaktif atau karena alasan keamanan data perbankan.

Lihat juga Trik Mendapatkan Kartu Internet Murah Telkomsel (Membuat Kartu Sakti TSEL)

Itulah sedikit tentang 3 Cara Upgrade Kartu Telkomsel Dari Jaringan 3G ke 4G LTE. Semoga bermanfaat!

  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close