Skip to main content

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di GraPARI (Pengalaman)

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari - Sebenarnya rencana upgrade kartu Telkomsel ini sudah lama sekali dalam list. Hanya saja, di daerah saya tidak ada Grapari. Karena itu, saya tunggu kesempatan yang tepat untuk mengunjungi Grapari Telkomsel untuk upgrade kartu 3G ke 4G.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di GraPARI (Pengalaman)
Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di GraPARI (Pengalaman)

Ini adalah kali pertama saya berkunjung ke Grapari Telkomsel yang paling dekat. Awalnya saya pikir upgrade kartu 3G ke 4G di Grapari Telkomsel akan sangat cepat. Ternyata tidak, antrian yang panjang juga terjadi di Grapari, seperti halnya di bank. Namun antrian di Grapari memang tidak selama di bank sih.

Pengalaman Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari


Saya datang ke Grapari Telkomsel jam 11 lewat. Untuk sampai ke Grapari, saya harus menggunakan fitur Google Maps. Sampai di Graparti kaget juga karena saya pikir tidak akan seramai ini dan terlebih lagi, sudah hampir istirahat siang sementara antrian masih sangat panjang.

Mulai dari remaja, orang tua sampai yang lanjut usia pun ikut antrian di Grapari Telkomsel yang luas ruangannya hanya sekitar 9 x 7 m2.

Ternyata di Grapari juga harus ngambil kartu antrian. Saat itu saya dapat antrian 61, sementara Customer Service masih melayani pelanggan dengan nomor antrian 40-an.

Karena harus berdiri, saya memutuskan untuk keluar sebentar untuk bertanya-tanya ke salah satu mobil pick up yang menjual kartu Telkomsel As dan Simpati 4G di depan Grapari. Ternyata upgrade kartu di situ hanya Rp50.000 untuk kartu perdana Telkomsel 4G. Di mobil tersebut memang ada papan yang menunjukkan kalau mereka melayani upgrade kartu 3G ke 4G.

Berikut percakapan saya dengan orang yang sedang duduk di atas mobil pick up tersebut menghadapi puluhan kartu Telkomsel. Sebut saja namanya Mas Budi karena dia sangat baik dan ramah.

Saya: Pak, di sini bisa upgrade kartu 3G ke 4G ya?

Mas Budi: Iya mas, bisa. Apakah kamu menggunakan layanan SMS Banking?

Saya: Iya pak.

Mas Budi: Coba saya pinjam hpnya.

Kemudian Mas Budi entah dial apaan, terus memperlihatkan pesan Telkomsel yang masuk berbunyi:

"Maaf pada nomor 628539671xxxx terdaftar sebagai pengguna jasa perbankan. Untuk keamanan data perbankan Anda, silahkan melakukan upgrade kartu 4G di GraPARI terdekat."

Mas Budi kemudian menyarankan saya untuk masuk lagi ke Grapari dan melakukan upgrade kartu Telkomsel 3G saya ke 4G langsung di Grapari. Tak hanya itu, Mas Budi memberikan nomor antrian seseorang yang menjadi pelanggannya yang tidak jadi ke Grapari. Nomornya 51.

Dengan nomor tersebut, saya kembali masuk ke Grapari dan betul saja, yang mendapat pelayanan saat itu sudah nomor 49. Thanks Mas Budi atas bantuannya. Saya jadi lebih cepat upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel.

Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari


Kemudian tibalah nomor antrian 51. Saya menuju ke pelayanan yang pertama dan berikut percakapan saya dengan CS-nya.

CS: Selamat siang pak. (Dengan senyum ramah khas customer service) Ada yang bisa kami bantu?

Saya: Siang. Saya mau upgrade kartu 3G ke 4G.

CS: Kartunya atas nama Anda atau orang lain?

Saya: Atas nama saya sendiri.

Sebelumnya saya sudah cek di *444# dan melihat bahwa nomor Telkomsel tersebut benar-benar diregistrasi atas nama saya (NIK saya).

CS: Apakah bapak sudah backup nomor penting dari SIM ke Telepon?

Saya: Belum.

CS: Saya bantu backup nomornya ke telepon?

Saya: Silahkan

CS: Ada 60 kontak ya di SIM lama bapak yang dibackup

Saya: (Mengangguk aja)

CS: Kontak sudah dibackup ya (Bicara seperti customer service Telkomsel banget )

Selanjutnya CS ini mohon ijin untuk mengeluarkan kartu Telkomsel 3G lama saya karena nanti akan diganti ke kartu Telkomsel 4G yang baru.

CS: Boleh minta kartu identitasnya?

Saya bingung maksudnya kartu identitasnya apa ya?

Saya sudah menunjukkan KTP, ATM, dan masih diminta kartu identitas lainnya. Saya mengeluarkan kartu Payoneer (Mastercard) yang juga kebetulan ada di dompet saya.

CS: Ada kartu ID yang lain? SIM, kartu pelajar?

Karena CS-nya bilang kartu ID, saya jadi lupa kalau sebelumnya saya sudah mempersiapkan fotokopy kartu keluarga (KK) seperti petunjuk yang saya baca di internet sebelum ke Grapari.

Saya: Kartu keluarga? (Dengan ragu-ragu)
CS: Bisa pak

Kenapa gak bilang dari tadi 😊

Saya pun diminta untuk melengkapi syarat upgrade kartu 3G ke 4G berupa:
  1. Fotokopy kartu keluarga
  2. Fotokopy KTP
  3. Fotokopy kartu ATM BRI yang saya punya
Setelah itu saya diberi tugas lagi untuk menulis 3 nomor yang paling sering saya hubungi lengkap dengan nama lengkap dan hubungan keluarga.

Setelah itu, saya menunggu lagi kurang dari 1 menit kemudian diarahkan ke customer service yang lain. Di situ, customer service yang ini mengisi formulir. Entah formulir apa, saya juga tidak tahu. Tapi setelah itu, saya harus membubuhkan 2 tanda tangan di atas formulir tersebut.

Setelah itu, saya diberi kartu Telkomsel 4G yang baru.

Customer service kemudian memberikan pilihan ke setiap pelanggan Telkomsel yang juga sebelumnya saya lihat upgrade 3G ke 4G termasuk saya. Pilihan tersebut berupa paket nelpon dan internet.

Paket nelpon seharga Rp105.000 dan paket internet Rp140.000 yang berlaku satu bulan.

Sebenarnya sih bukan masalah besar. Namun uang yang saya pegang hanya Rp106.000. Selain itu, uang di rekening tinggal Rp130.000 yang secara otomatis gak bisa ditarik di ATM BRI selain yang tersedia nominal 50 ribu. Sementara saya harus pulang naik ojek dengan biaya sekitar 10 ribu.

Itulah kenyataan bahwa informasi di Google yang katanya upgrade kartu 3G ke 4G di Grapari tidak bayar atau minimal gak sampailah 50 ribu seperti upgrade kartu di mobil pick up tadi.

Tapi mau tidak mau saya harus pilih paket telpon aja karena uang saya hanya cukup paket itu saja. Kalau dibilang bayar di Grapari saat upgrade kartu 3G ke 4G sebenarnya tidak tepat juga. Karena CS hanya minta agar kita beli paket yang tersedia.

Meskipun itu terdengar wajib dari CS di Grapari atau memang layanan Telkomsel yang mewajibkan, ya sudahlah, toh saya juga sudah lama ingin upgrade kartu 3G ke 4G yang di desa saya susah sinyal (parah) kalau masih bertahan di 3G.

Akhirnya, saya pulang dengan uang Rp1.000 dan memaksa diri untuk memberhentikan ojek. Sampai di rumah harus pinjam ke Om yang kebetulan ada di rumah.

Sebenarnya ada banyak cara upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel selain datang ke Grapari. Bisa lewat online, MyGrapari, atau di penjual kartu yang memang menyediakan kartu perdana untuk upgrade 3G ke 4G seperti di mobil pick up tadi.

Cara Upgrade Karu 3G ke 4G dan Syaratnya


Untuk kamu yang mau upgrade kartu 3G ke 4G di Grapari, sebaiknya kamu lihat langkah-langkah saya di atas. Namun saya ringkas semua syarat dan dokumen yang dibutuhkan agar gak bolak-balik atau ditolak Customer Service, terlebih kalau sudah antri lama.
  1. Pastikan nomor Telkomsel yang di-upgrade atas nama Anda. Karena upgrade kartu 3G ke 4G tidak bisa diwakilkan. Ada syarat khusus untuk itu.
  2. Siapkan dokumen berupa fotokopy KTP, Fotokopy Kartu Keluarga, dan fotokopy Kartu ATM. Itu saja sudah cukup kok untuk upgrade kartu Telkomsel.
  3. Siapkan dana secukupnya karena mungkin saja ada biaya yang harus dibayar. 
Untuk lancar berkomunikasi dengan Customer Service, sebaiknya pertanyaan seperti berikut ini harus Anda persiapkan:
  1. Apakah Anda menggunakan layanan perbankan?
  2. Pulsa berapa yang Anda isi terakhir kali?
  3. Alasan upgrade kartu 3G ke 4G?
  4. Nomor yang sering Anda hubungi?
Itulah cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari. Kartu Telkomsel 3G yang lama harus diganti untuk upgrade.

Namun sebelum ke Grapari, pastikan juga kalau kartu kamu memang belum 4G. Caranya mudah kalau pengguna Telkomsel, cukup dial ke *888*46# dan cek apakah kartu Anda sudah 4G atau belum.

Karena bisa saja kartu Anda sudah 4G tapi sinyal 4G Telkomsel tidak muncul. Hal ini bisa disebabkan daerah Anda yang tidak mendukung jaringan 4G LTE, settingan jaringan di hp yang tidak mengaktifkan jaringan 4G dan hanya mengaktifkan jaringan 2G/3G, atau hp Anda belum mendukung 4G sehingga sinyal 4G tidak muncul.

Jika alasannya hp Anda belum mendukung 4G, maka Anda harus upgrade hp 3G ke 4G. Caranya? Beli hp baru yang sudah 4G 😊

Sampai di sini saya sudah selesai upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G. Adapun kekurangan upgrade 4G Telkomsel adalah jaringan lebih cepat dan kuota juga lebih boros. Sementara keuntungan upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel adalah kita dapat bonus kuota internet.

Sebelum saya upgrade kartu Telkomsel ke 4G, setiap dial apapun selalu ada notifikasi untuk upgrade kartu Telkomsel ke 4G dan mendapatkan bonus kuota internet 10 GB, bahkan ada notifikasi yang sampai 30 sampai 40 GB. Tapi kenyataannya, saya hanya dapat bonus kuota internet 2,5 GB kuota internet 4G. Lumayanlah.

Bagaimana cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G tanpa ke Grapari?

Cara mudahnya dengan melakukan upgrade kartu 3G ke 4G secara online atau membeli kartu upgrade 4G Telkomsel di konter terdekat. Selengkapnya bisa kamu temukan di 3 Cara upgrade kartu 3G ke 4G Telkomsel.

Lihat juga Paket Internet Murah Telkomsel 1 Bulan Kuota Besar

Demikianlah pengalaman dan cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G di Grapari. Semoga bermanfaat!

  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close