Skip to main content

9 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Secara Alami

Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Secara Alami Lepas Sendiri - Mulut dan gigi adalah komponen dalam tubuh manusia yang harus dijaga. Namun, adanya karang gigi kerap menjadi masalah tersendiri yang membuat area mulut terasa tidak nyaman. Terlebih jika karang gigi tersebut sudah mengeras. Oleh karena itu, dibutuhkan cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan mudah.

9 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras Lepas Sendiri
9 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras

Apabila sudah bertahun-tahun, karang gigi yang mengendap akan berwarna kekuningan dan berkarat. Hal ini berbahaya apabila tidak segera diatasi. Misalnya mengakibatkan gigi berlubang bahkan yang lebih parah lagi, berdampak pada infeksi dan terjadi pembengkakan gusi. Alhasil, beberapa area gigi akan terasa sakit.

Langkah Mudah dan Sederhana Menghilangkan Karang Gigi secara Alami


Setidaknya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi. Mulai dari cara medis di dokter hingga cara alami. Cara alami lebih baik karena ia sangat aman dan tidak menyebabkan efek samping. Berikut adalah beberapa cara alami untuk menghilangkan karang gigi sebagai rujukan Anda.

1. Cara Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Kulit Jeruk


Cara pertama yang dapat dijadikan pilihan untuk menghilangkan karang gigi mengeras adalah kulit jeruk. Di dalam kulit jeruk terdapat kandungan Asam Sitrat yang dapat melembutkan karang gigi. Dengan demikian, karang gigi yang kasar lambat laun akan terkikis dan lepas dari gigi.

Cara aplikasinya adalah dengan mengoleskan air jeruk pada gigi secara merata agar plak dan karang gigi memecah. Setelah itu, diamkan selama lima menit dan gunakan kulit jeruknya untuk menyeka bagian gigi. Lakukan cara ini sebelum menggosok gigi.

Lihat juga Cara memutihkan gigi kuning dengan jeruk nipis

2. Menggunakan Baking Soda untuk Merontokkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras


Selain menggunakan kulit jeruk, karang gigi juga dapat diatasi dengan baking soda. Ini adalah bahan alami yang cocok menghilangkan plak karena asam yang terdapat di dalam mulut akan dapat dinetralisir. Dengan begitu, bakteri berbahaya akan dapat dikurangi. Selain memicu hilangnya plak, karang gigi ini juga cocok untuk memutihkan gigi. Hal ini sudah dibuktikan oleh beberapa penelitian ilmiah.

Adapun cara aplikasinya adalah dengan memasukkan baking soda pada sikat gigi yang sudah dibasahi. Setelah itu, bilas gigi dan mulut Anda dengan menggunakan air hangat. Selain itu, baking soda juga dapat dicampurkan dengan 1 sendok teh garam. Lakukan langkah ini setidaknya dua kali satu minggu.

3. Menggunakan Jeruk Nipis untuk Menghilangkan Karang Gigi


Adapun cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan memakai jeruk nipis. Di dalam heruk nipis terdapat kandungan asam lemon yang bersifat antimikroba. Hal ini sangat ampuh untuk melarutkan plak dan karang pada gigi. Selain itu, jeruk nipis juga sangat ampuh untuk memutihkan gigi secara alami.

Cara mengaplikasikannya adalah dengan menyikat gigi sebagaimana biasanya. Kemudian cuci sikatnya dan celup ke air jeruk nipis. Sesudah itu, gosokkan sikat gigi secara perlahan pada gusi dan gigi Anda. Diamkan selama sekitar satu menit dan bilas mulut menggunakan air hangat.

4. Cara Alami Menghilangkan Karang Gigi dengan Menggunakan Cengkeh


Tidak hanya itu, karang gigi juga dapat dihilangkan dengan menggunakan cengkeh. Masyarakat selama ini mengenal cengkeh sebagai obat sakit gigi. Fungsi lainnya adalah untuk melawan mikroba di mulut yang kerap menyebabkan karang gigi. Hal ini sudah dibuktikan oleh penelitian yang menyatakan bahwa minyak cengkeh dapat mengurangi pembentukan koloni mikroba.

Caranya sangat mudah, yaitu dengan mencampurkan 1 sendok the cengkeh dengan minyak zaitun. Setelah itu, oleskan pada gigi Anda dan diamkan selama beberapa menit. Terakhir, bilaslah dengan menggunakan air hangat. Cengkeh ini juga dapat dikunyah secara teratur agar kesehatan dan bau mulut semakin terjaga.

5. Menggunakan Air Garam Hangat Dapat Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras


Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras selanjutnya adalah dengan air garam yang hangat. Cara ini memang terkenal ampuh dalam menghilangkan sakit gigi dan infeksi pada gigi. Fungsi garam ini adalah membantu membunuh bakteri yang ada di dalam mulut dan juga celah gigi. Sehingga, dengan cara ini infeksi gusi yang parah dapat segera diatasi.

Caranya cukup dengan memasukkan 1 sendok teh garam ke dalam gelas. Setelah itu, tambahkan air hangat. Aduk hingga merata dan larut dalam air. Setelah itu, berkumurlah dengan campuran tersebut selama kurang lebih 1 menit. Lakukan secara rutin dan teratur.

6. Menggunakan Campuran Garam dan Minyak Mustard Untuk Menghilangkan Karang Gigi


Cara berikutnya untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan menggunakan minyak mustard yang dicampur dengan garam. Ini terkenal sebagai cara yang efektif untuk atasi karang gigi. Khususnya dalam membunuh bakteri dan kuman dalam mulut.

Caranya adalah dengan mengambil garam sebanyak setelah sendok makan. Setelah itu, campurkan minyak mustard. Setelah tercampur, gosokkan campuran tersebut pada bagian karang gigi dan diamkan selama 5 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

7. Cara Menghilangkan Karang Gigi Menggunakan Campuran Garam dan Minyak Wijen


Adapun cara alami lain untuk menghilangkan karang gigi adalah dengan memakai garam dan minyak wijen. Cara ini tidak hanya akan menghilangkan karang gigi, namun juga membantu melunturkan karang gigi.

Caranya adalah dengan mencampurkan minyak wijen dengan garam secara teratur. Campuran garam dan wijen tersebut oleskan pada bagian gigi yang terdapat karang. Lakukan setidaknya selama dua kali dalam sehari. Lebih utama saat sebelum dan sesudah makan.

8. Menggunakan Biji Asam Kawak untuk Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras


Cara lain yang dapat dijadikan pilihan mengatasi karang gigi adalah dengan menggunakan asam kawak. Bahan ini sangat ampuh untuk mencegah rasa nyeri akibat karang gigi. Apalagi jika bahan ini dicampurkan dengan berbagai bahan alami. Jika digunakan dengan teratur, maka karang gigi nantinya akan hilang dengan sendirinya.

Cara aplikasinya sangat mudah, yaitu dengan menumbuk halus asam kawak secukupnya. Kemudian tambahkan sedikit air dan tempelkan pada area gigi yang ada karangnya.

9. Menggunakan Strawberry untuk Memutihkan Gigi dan Menghilangkan Karang Gigi


Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Strawberry
Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Sudah Mengeras dengan Strawberry

Cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras selanjutnya adalah menggunakan strawberry. Hal ini disebabkan karena kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya sangat ampuh untuk hilangkan karang gigi. Cara aplikasinya cukup dengan mengkonsumsi buah ini setiap hari.

Beberapa cara menghilangkan karang gigi di atas adalah cara alami yang sangat tepat untuk dijadikan pilihan. Dan untuk mendapatkan hasil yang maksimal, usahakan untuk menggunakan beberapa di atas secara rutin dan teratur setiap hari.

Lihat juga Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda secara alami dan mudah

Demikianlah cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan cepat dan mudah lepas sendiri. Semoga bermanfaat!

By kontributor in Soksimon.com

  June 13, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close