Skip to main content

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda + Pasta Gigi

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan pasta gigi  - Karang gigi bisa menjadi masalah serius ketika sudah mengeras. Plak yang dibiarkan menumpuk dan menebal akan berubah menjadi karang gigi yang sulit diatasi. Tapi adakah cara menghilangkan karang gigi dengan cara alami tanpa harus ke dokter?

Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda + Pasta Gigi
Cara Menghilangkan Karang Gigi dengan Baking Soda + Pasta Gigi

Ada beberapa cara menghilangkan karang gigi secara alami. Salah satunya menggunakan baking soda yang juga sudah terbukti efektif memutihkan gigi. Namun sebelumnya, ada baiknya kita mengetahui penyebab munculnya karang gigi.

Penyebab karang gigi yang sering diabaikan


Munculnya karang gigi sebenarnya disebabkan oleh hal-hal yang terlalu dianggap sepeleh. Seperti malas menjaga kebersihan gigi dan mulut.

Jarang menyikat gigi dapat memunculkan plak gigi yang meninggalkan noda kuning. Jika tidak segera diatasi, maka sisa-sisa makanan menjadi plak di gigi dan menimbulkan noda kuning akan lambat laun menumpuk dan menjadi tebal membentuk karang gigi.

Cara membersihkan karang gigi yang tebal dan sudah mengeras tidaklah mudah. Terlebih jika hanya menggunakan bahan-bahan alami seperti baking soda, akan butuh waktu lama. Terlebih, baking soda yang sering diaplikasikan ke gigi memiliki efek samping bisa mengikis email gigi yang meningkatkan resiko terkena gigi berlubang dan masalah kesehatan gigi jangka panjang.

Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda


Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda
Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda
Ada beragam resep menghilangkan karang gigi menggunakan campuran baking soda. Ada yang mencampur baking soda dan garam, atau pun dengan bahan alami lainnya seperti jeruk, air, dan odol.

Namun membersihkan karang gigi dengan baking soda lebih tepat jika menggunakan campuran pasta gigi.

Hal ini disebabkan karena baking soda bersifat abrasif yang dapat mengikis email gigi sedangkan pasta gigi yang mengandung fluoride penting untuk mencegah gigi berlubang.

Bagaimana menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan pasta gigi?

  1. Siapkan baking soda 
  2. Siapkan pasta gigi atau odol
  3. Siapkan juga sikat gigi berbulu halus
  4. Taburkan baking soda halus di atas pasta gigi
  5. Gosok gigi secara vertikal dari atas ke bawah secara lembut
  6. Gosok gigi dilakukan kurang dari 2 menit
  7. Berkumur-kumur sampai bersih
Seperti itulah cara memutihkan gigi dan menghilangkan karang gigi secara alami menggunakan baking soda. Jangan berharap karang gigi akan rontok dengan sendirinya.

Kekurangan baking soda dalam menghilangkan karang gigi


Namun menggunakan baking soda pada gigi tidaklah terlalu efektif. Malah jika terus menerus membersihkan gigi dengan baking soda bisa memiliki efek yang berbahaya.

Baking soda bersifat abrasif sehingga dapat merusak lapisan email gigi yang membuat gigi lebih mudah sensitif dan sakit gigi.

Selain itu, baking soda tidak memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri yang menempel di gigi dan mulut.

Lain halnya jika menggunakan pasta gigi yang memang sudah memiliki antiseptik untuk membasmi bakteri dan bisa memutihkan gigi dengan baik. Dan sebenarnya pasta gigi juga ada yang memiliki kandungan baking soda.

Itulah mengapa lebih disarankan menghilangkan karang gigi dengan baking soda yang ditambah dengan pasta gigi fluoride dan bukan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti garam dan perasan jeruk nipis.

Namun tetap saja, menggunakan baking soda pada gigi tidak bisa setiap hari dan sebaiknya mengikuti petunjuk dokter gigi.

Cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras dengan cepat


Untuk menghilangkan karang gigi dengan cepat dan aman, maka dokter gigi bisa menjadi solusi terbaik. Mereka bisa menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras dengan aman dan cepat.

Hal ini karena mereka ahli dan memiliki alat pembersih karang gigi. Namun tentu masalah uang bisa menjadi penyebab untuk tidak ke dokter gigi. Biaya membersihkan karang gigi bervariasi dan pastinya sesuai dengan hasil yang akan didapatkan.

Tips Mencegah Karang Gigi Mulai dari Rajin Membersihkan Plak


Jika gigi sudah bersih dan bebas dari karang gigi, maka jangan biarkan plak gigi menumpuk kembali. Rajin menggosok gigi terutama setelah bangun pagi dan sebelum tidur di malam hari.

Menjaga kebersihan gigi dan mulut merupakan cara terbaik untuk mencegah karang gigi.

Tips lainnya adalah dengan rajin mengomsumsi buah-buahan seperti stroberi yang terbukti bisa memutihkan gigi secara alami di rumah.

Namun perawatan di atas sia-sia jika kamu belum bisa mengubah kebiasaan buruk seperti jarang sikat gigi dan masih memiliki kebiasaan merokok.

Lihat juga 9 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dan Cepat, Minim Resiko

Itulah Cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda dan pasta gigi secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat!

By kontributor in Soksimon.com

  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close