Skip to main content

Cara Mengatasi This Kernel Requires an x86-64 CPU Pada Virtual Box

Cara Mengatasi This Kernel Requires an x86-64 CPU Pada Virtual Box - Pengalaman baru pertama pegang Virtual Box di Windows 10 64 bit nih, ada banyak kendala yang harus dihadapi. Salah satunya pesan bermasalah yang membuat unable to boot sistem operasi: "This Kernel Requires an x86-64 CPU..."

Cara Mengatasi This Kernel Requires an x86-64 CPU Pada Virtual Box
Cara Mengatasi This Kernel Requires an x86-64 CPU Pada Virtual Box

Awalnya saya pikir ini ada kaitannya dengan versi Virtual Box yang saya install dan sistem operasi yang akan dijalankan, yaitu Puppy Linux 64 Bit. Tapi ternyata semua bahan yang saya gunakan, yaitu Oracle VM VirtualBox dan Puppy Linux ISO cocok dan gak ada masalah. Ternyata masalah This Kernel Requires an x86-64 CPU..." bisa diatasi dengan sangat mudah melalui BIOS.

Namun sebelumnya, kamu juga bisa lihat tutorial menggunakan Virtual Box di Windows 10 dalam artikel selanjutnya, yaitu cara install Puppy Linux di Virtual Box dan partisi hard disk.

Cara Mengatasi This Kernel Requires an x86-64 CPU Pada Virtual Box 100% Solved


Langsung saja, berikut cara mengatasi Virtual Box yang ada pesan:

"This Kernel requires an x86-64 CPU, but only detected an i686 CPU. Unable to boot - please use a kernel appropriate for your CPU"
  1. Pertama-tama, restart PC/laptop Anda
  2. Setelah itu, masuk ke BIOS. Cara masuk ke BIOS berbeda-beda setiap merk laptop. Kalau ACER, setelah restart, langsung tekan tombol F2 pada keyboard. Sedangkan pada laptop Lenovo Ideapad320 yang saya gunakan, untuk masuk ke BIOS, pada saat restart langsung tekan tombol F2 berulang-ulang untuk masuk ke BIOS.
  3. Setelah masuk ke BIOS, pergi ke tab Security
  4. Cari tulisan Virtualization Technology
  5. Dari Disabled ubah menjadi Enabled
  6. Terakhir, tekan F10 untuk save dan exit
Pada tahap ini, kamu sudah bisa menginstall sistem operasi Linux, baik itu Puppy Linux, Ubuntu, Slackware dan lain-lain. Begitupun jika masalah ini ditemukan pada saat install Windows di Virtual Box, cara penyelesaiannya tetap sama, yaitu mengaktifkan Virtual mesin pada pengaturan BIOS.

Biasanya di BIOS juga namanya adalah Virtual Intel (Pokoknya Enabled aja yang ada nama virtual-virtualnya gitu)

Jika saat menggunakan Virtual Box dan terjadi masalah, biasanya Anda hanya perlu mematikan mesin virtual dan mengulanginya Start kembali.

Lihat juga Cara mengatasi Unauthorized Changes Blocked di Windows 10 100% Work

Itulah sedikit informasi tentang cara mengatasi this kernel requires an x86-64 CPU pada Virtual Box. Semoga bermanfaat!
  June 18, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close