Skip to main content

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas (Daftar Guest Post Gratis)

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas (Daftar Guest Post Gratis) - Backlink gratis tidak selamanya jelek untuk kesehatan blog. Ada beberapa situs penyedia backlink gratis berkualitas yang efeknya sangat bagus untuk menaikkan peringkat blog di mesin pencari Google. Pertanyaannya, bagaimana cara mendapatkan backlink gratis untuk blog?

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas (Daftar Guest Post Gratis)
Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas (Daftar Guest Post Gratis)

Cara mudah dan sederhana dengan mencari sumber backlink gratis, yaitu melalui guest post di blog yang bervisitor dan memiliki pengunjung yang banyak setiap harinya. Hari ini, saya akan memberikan daftar situs untuk mendapatkan backlink gratis berkualitas dan terbaik penyedia guest post yang pernah saya coba. Selain itu, kita juga akan membahas tentang manfaat backlink dan bahaya backlink gratis untuk blog.

Oh ya, blog ini juga sudah menerima jasa guest post gratis lho. Silahkan cek di terima guest post/content placement berkualitas gratis dan berbayar. Silahkan lihat syarat 1 dan 2 untuk yang mau CP gratis di blog saya.

Manfaat Backlink untuk Blog


Namun sebelumnya, apa sih manfaat dan kegunaan dari backlink? Pastinya, backlink masih menjadi salah satu faktor (dari 200 faktor) yang membuat artikel bisa muncul dan bertahan di halaman pertama Google atau mesin pencari lainnya.

Berikut 2 manfaat backlink untuk blog:

1. Menaikkan DA dan PA blog


Apa itu DA dan PA? DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) adalah indikator yang menunjukkan kualitas sebuah blog. Sesuai dengan namanya, semakin tinggi DA dan PA blog, maka semakin blog tersebut memiliki wewenang dan kualitas di mata mesin pencari.

2. Menaikkan peringkat blog di mesin pencari


Seperti yang saya katakan di atas, backlink masih menjadi faktor penting untuk bersaing di mesin pencari seperti Google. Dengan backlink yang berkualitas, sebuah blog dan artikelnya bisa mencapai halaman satu Google dengan cepat dan awet.

Setidaknya itulah tujuan backlink, yaitu menaikkan blog dan artikel berdasarkan keyword di mesin pencari Google. Endingnya, pasti untuk mendapatkan visitor organik yang pada akhirnya menjadi income bagi si pemilik blog itu sendiri.

Lihat juga 1001 Tips Blogging untuk Blogger Pemula

Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas (Guest Post Gratis)


Saya akan membagikan daftar situs-situs penyedia backlink berkualitas untuk guest post gratis yang bisa kamu coba yang juga pernah saya gunakan. Meskipun mudah untuk menerbitkan artikel di situs-situs berkualitas berikut ini, tetap saja sebaiknya kamu memperhatikan kualitas artikel yang kamu publish.

Kenapa? Karena setelah melakukan beberapa study kasus tentang backlink berkualitas, ternyata tergantung penuh juga pada kualitas artikel itu sendiri. Langsung saja, berikut beberapa situs penyedia guest post gratis untuk mendapatkan backlink berkualtias.

1. Tumeskecil (https://www.tumeskecil.com)


Tumeskecil merupakan salah satu blog terbaik untuk guest post secara gratis dan mudah diterima. Situs ini termasuk situs berkualitas yang memiliki DA dan PA tinggi dengan Alexa Rank global dan Indonesia yang kecil.

Untuk mendapatkan backlink gratis dari Tumeskecil, kamu hanya perlu menulis artikel minimal 300 kata untuk diterima dengan jenis artikel teknologi dan android. Kamu bisa mengirimkan artikel yang kamu tulis ke email tumeskecil@gmail.com.

Syarat artikel yang diterima di Tumeskecil sebaiknya langsung saja dilihat di menu kerjasama Tumeskecil. Keuntungan guest post di Tumeskecil selain gratis, satu artikel yang dikirim kita bisa mendapatkan maksimal 3 backlink dofollow.

Perlu diketahui bahwa maksimal guest post di Tumeskecil hanya dua kali untuk satu blog. Itu adalah salah satu situs sumber backlink gratis berkualitas yang pernah saya coba dan sudah dimaksimalkan.

2. Mogloger (https://www.mogloger.com)


Mogloger adalah salah satu situs teknologi yang banyak membahas tentang tips dan trik smartphone dan laptop termasuk media sosial. Di Mogloger kita juga bisa mendapatkan backlink gratis dengan guest post. Tentu saja, artikel-artikel yang diterima di blog ini tidak jauh dari niche teknologi.

Namun bagi kamu yang memiliki blog niche wisata dan bisnis online, Mogloger juga bisa menjadi salah satu tempat untuk mendapatkan backlink gratis. Saya sendiri merekomendasikan guest post di Mogloger karena selain gratis juga kita akan mendapatkan backlink berkualitas.

Hal ini ditandai dengan syarat artikel yang diterima di Mogloger harus di atas 800 kata sampai 1000 kata.

3. Hipwee (https://www.hipwee.com)


Kalau yang satu ini sih sudah tidak asing lagi di kalangan remaja Indonesia. Hipwee termasuk situs yang banyak peminatnya. Karena itulah, mendapatkan backlink gratis dari Hipwee juga sangat baik untuk kesehatan blog.

Uniknya, kita tidak bisa menulis langsung backlink di dalam artikel seperti biasanya. Namun kita akan mendapatkan backlink berkualitas dari Hipwee melalui gambar.

Untuk menerbitkan artikel di Hipwee juga cukup mudah dan tidak seribet yang dibayangkan. Dan uniknya lagi, banyak yang menulis di Hipwee meskipun tanpa imbalan hanya karena Hipwee merupakan salah satu media sharing yang populer. Di Hipwee artikel yang terbit bisa mendapatkan banyak pembaca. Tentu ini sangat berbeda di situs-situs lainnya.

Daftar situs penyedia backlink gratis lainnya yang bisa kamu coba adalah:
  1. https://www.kompasiana.com
  2. https://www.kaskus.com
  3. https://jalantikus.com/
  4. http://community.idntimes.com/
  5. Pinterest
  6. Quora
  7. Medium
  8. Androidbuntu
  9. Soksimon.com
Sebenarnya masih banyak situs penyedia guest post gratis berkualitas namun itu adalah beberapa daftar yang terbaik dan artikels cukup mudah diterima. Sedikit tips aja, jika tidak ingin repot, sebaiknya Anda membeli artikel untuk guest post dan mendapatkan backlink gratis karena artikel yang dibeli biasanya sudah di review dan akan mudah untuk diterima.

Kunjungi juga 5 Cara mudah menghasilkan uang dari blog tanpa modal besar

Bahaya Backlink Gratis untuk Blog


Namun dibalik backlink yang tidak berkualitas, akan melahirkan efek yang sangat berbahaya bagi blog. Salah satu ciri-ciri backlink yang tidak berkualitas adalah tingginya spam score domain tersebut. Saya pernah menggunakan jasa backlink murah dan setelah dicek di Google Webmaster dan Moz, ternyata spam score domain blog tersebut cukup tinggi yang mengakibatkan spam score blog saya juga tinggi.

Akhirnya, saya harus mendisavow beberapa backlink dari domain yang tidak berkualtias tersebut untuk menurunkan spam score. So, hati-hati dalam mencari backlink gratis untuk blog. Bayangkan, backlink murah aja ternyata banyak yang tidak berkualitas.

Beberapa backlink yang tidak berkualitas bisa termasuk dalam kategori teknik black hat SEO, termasuk spam komentar di berbagai situs gratis secara membabi buta.

Selain spam komentar, salah satu cara populer untuk mendapatkan backlink berkualitas untuk bersaing di halaman pertama Google adalah melaui blog PBN (Private Blog Network).

Blog PBN bisa dibangun dari domain fresh, old domain, atau expired domain. Blog PBN dikategorikan dalam teknik grey hat SEO yang cukup beresiko untuk mendapatkan backlink gratis.

Harus diakui bahwa backlink dari PBN sangat berpengaruh untuk menaikkan keyword yang ingin diranking pada sebuah blog. Namun kualitas PBN adalah faktor penting. Karena itu, kita sebaiknya memilih PBN berkualitas untuk mendapatkan backlink gratis dan itu tidak termasuk dalam cara mendapatkan backlink gratis berkualitas. Karena backlink dari PBN berkualitas sangatlah mahal.

Untuk itu, bagi kamu yang baru membangun blog moneysite, sebaiknya menggunakan cara yang saya jelaskan di atas, yaitu melalui situs penyedia backlink gratis berkualitas melalui guest post artikel. Daftar situs penyedia guest post artikel gratis di atas selain mudah menerbitkan artikel, juga backlinknya cukup berkualitas.

Lihat juga Penghasilan Blogger Vs Youtuber? Mana yang lebih besar?

Demikianlah artikel tentang Cara Mendapatkan Backlink Gratis Berkualitas (Daftar Situs Penyedia Guest Post Gratis) di blog berkualitas yang mudah diterima. Semoga bermanfaat!

  June 11, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close