Skip to main content

Cara Memutihkan Gigi dengan Odol Campur Bahan Alami Baking Soda

Cara memutihkan gigi dengan odol campur bahan alami seperti baking soda dan mencegah gigi berubah warna. Memiliki gigi putih dan bersih adalah dambaan setiap orang agar bisa tertawa lepas. Namun tidak mudah merawat gigi agar tetap terlihat putih tanpa plak. Terlebih bagi gigi kuning akan sulit untuk memutihkannya kembali. Kecuali melalui perawatan yang cukup mahal di dokter gigi.

Cara Memutihkan Gigi dengan Odol Secara Alami
Cara Memutihkan Gigi dengan Odol Secara Alami

Dari pada menghilangkan karang gigi, lebih baik kalau kamu merawat gigi agar tetap putih. Namun jika sudah terlanjur, kamu bisa mencoba beberapa cara memutihkan gigi dengan odol secara alami di bawah ini.

Cara memutihkan gigi secara alami dan cepat menggunakan odol dan bahan dapur alami


Berikut beberapa cara memutihkan gigi kuning yang membandel dan cara menggunakannya dengan tepat dan efektif untuk menghindari efek samping.

1. Garam campur pasta gigi dapat memutihkan gigi secara alami


Dari sekian banyaknya tutorial memutihkan gigi alami sendiri di rumah, bahan dapur yang satu ini selalu direkomendasikan.

Garam termasuk zat abrasif sehingga memiliki kemampuan yang terbukti untuk memutihkan gigi. Hanya saja, kandungan zat abrasif dalam garam tidak baik untuk jangka panjang.

Bahkan jika digunakan dalam takaran yang berlebihan, zat abrasif garam dapat mengikis email gigi yang membuat kotoran lebih mudah menempel. Bahkan lebih dari itu, kalau email gigi sudah rusak dan hilang maka lapisan berikutnya adalah dentin yang lebih mudah sensitif.

Karena itu, menggunakan garam untuk membersihkan gigi masih kurang tepat karena memiliki efek samping yang berkepanjangan.

2. Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Baking soda dan jeruk nipis


Baking soda dicampur dengan perasan jeruk nipis merupakan resep alami membersihkan noda kuning pada gigi. Cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan baking soda dilakukan seperti menggunakan pasta gigi. Diamkan kurang lebih satu menit kemudian berkumur.

Namun memutihkan gigi dengan odol dari baking soda memiliki efek samping. Penggunaan yang berlebihan dapat menyebabkan erosi pada lapisan email gigi yang berakibat pada gigi mudah sensitif.

Untuk menghindari efek samping dan resikonya, berikut tips menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi agar lebih aman.

  1. Gogok gigi menggunakan sikat gigi yang lembut dan halus.
  2. Jangan sering-sering menggunakan baking soda. Sebaiknya seminggu sekali. Namun penggunaan dalam jangka waktu yang lama pasti memiliki efek samping pada lapisan gigi.
  3. Jika temanmu berhasil memutihkan gigi menggunakan baking soda, bukan berarti metode yang sama juga akan berhasil untukmu. Terlebih jika menggunakan baking soda pada gigi sensitif bisa memperparah sensitifitas gigi.
Hati-hati memutihkan gigi sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami seperti garam, arang, dan juga baking soda. Jika digunakan secara berlebihan dapat merusak lapisan email gigi yang berakibat pada mudahnya gigi berlubang dan sakit gigi.

Cara merawat gigi agar tetap putih bersih dan Bebas Noda Kuning


Selain mengetahui cara memutihkan gigi, yang tidak kalah penting adalah pencegahan gigi berubah warna. Nah, agar gigi selalu sehat dan tidak semakin rusak oleh karang gigi, sebaiknya ikuti tips-tips di bawah ini.
  1. Gosok gigi dengan odol sehabis makan. Secara khusus saat pagi dan sebelum tidur. Itu adalah wajib hukumnya.
  2. Gunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.
  3. Jangan menggosok gigi langsung setelah makan. Terutama jika mengkomsumsi makanan asam karena dapat menghilangkan enamel gigi yang membuat gigi mudah sensitif.
  4. Makan buah-buahan yang terbukti bisa memutihkan gigi seperti stroberi. 

Penyebab gigi kuning dan tips mengatasinya yang harus dimulai dari sekarang


Kebiasaan buruk dan gaya hidup sehat yang tidak diperhatikan dengan baik merupakan penyebab-penyebab masalah seperti gigi kuning.

1. Menghindari minuman soda, teh dan kopi


Penyebab gigi kuning yang paling umum adalah sering mengkomsumsi minuman soda, kopi, teh dan lain sebagainya.

Terlebih ketika tidak menggosok gigi secara teratur maka noda-noda minuman tersebut akan leluasa menempel di permukaan gigi yang pada akhirnya membuat gigi terlihat kuning.

2. Menghilangkan kebiasaan merokok


Noda pada gigi akibat merokok adalah noda yang sulit dibersihkan. Kebiasaan merokok memang memiliki banyak sekali efek samping bagi kesehatan, termasuk gigi. So, kalau mau gigi tetap putih bersih maka kebiasaan merokok harus dihindari.

3. Penyebab gigi kuning karena faktor umur


Seiring bertambahnya usia, enamel gigi juga akan semakin menipis. Kalau ini sih, sudah tidak bisa diatasi. Tapi bukan alasan untuk tidak menjaga kesehatan gigi agar tetap putih.

Toh, terbukti masih banyak orang tua yang memiliki gigi putih dan bersih di usia senja karena memang dirawat dari sejak muda.

Cara menyikat gigi yang tepat


Cara memilih sikat gigi yang efektif: Pilihlah sikat gigi yang lembut dan lentur dengan bulu sikat yang tidak kaku. Biasanya sikat gigi yang lembut lebih menjangkau sela-sela gigi karena lebih tipis.

Cara menyikat gigi dengan baik dan benar.

  1. Sikat gigi tanpa pasta gigi terlebih dahulu dengan baik kemudian berkumurlah dengan air untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada gigi
  2. Oleskan odol ke sikat gigi tidak lebih dan tidak kurang, tergantung umur dan kebutuhan Anda.
  3. Gosoklah gigi secara vertikal dari atas ke bawah dan bukan secara horizontal. Cara menyikat gigi dari atas ke bawah ini akan lebih baik dalam membersihkan sela-sela gigi.
  4. Diamkan beberapa saat agar bahan aktif dalam pasta gigi bekerja dengan tepat setelah itu berkumur dengan air.

Komposisi bahan pasta gigi yang efektif memutihkan gigi


Untuk mencegah karang gigi dan gigi berlubang, maka merawat gigi dengan menggosok gigi setiap hari adalah langkah pasti yang harus dilakukan.

Namun menggosok gigi saja masih belum ampuh memutihkan gigi secara alami dan cepat. Hal ini bisa disebabkan oleh karang gigi atau pun karena pasta gigi yang kamu gunakan kurang tepat. Karena itu, ada baiknya kamu memilih pasta gigi terbaik dan tidak sembarangan memilih odol.

Berikut bahan-bahan terkandung umum dalam pasta gigi dan fungsinya.

1. Sodium Polyphosphate


Pasta gigi yang mengandung Sodium Polyphosphate dapat menghilangkan kotoran pada sekaligus mencegah karang gigi yang membandel. So, kamu akan tetap memiliki gigi putih dan bersih.

2. Fluorine


Fluorine merupakan kandungan yang paling penting dalam pasta gigi yang berfungsi untuk mencegah gigi berlubang.

3. Hydroxyapatite


Berperan dalam menyerap kotoran yang bisa menyebabkan plak dan noda pada gigi. Fungsi lain dari Hydroxyapatite adalah bisa menutup lubang-lubang kecil tak kasat mata. Jangan pikir kamu bisa melihat lubang-lubang tak kasat mata tersebut ya. So, jangan berharap gigi berlubang bisa sembuh hanya dengan menggunakan pasta gigi berbahan Hydroxyapatite.

4. Zat Abrasif


Zat abrasif memiliki kemampuan memutihkan gigi yang cepat karena sifatnya yang cenderung kasar. Hanya saja, zat abrasif juga dapat membuat lapisan gigi terkikis yang menyebabkan plak mudah menempel.

Jadi, sebaiknya kurangi menggunakan pasta gigi yang mengandung zat abrasif yang tinggi.

Hindari untuk menggunakan pasta gigi yang menggunakan zat pemutih gigi berlebihan.

Rekomendasi pasta gigi terbaik di Indonesia untuk memutihkan gigi


Dari beberapa review pasta gigi, berikut beberapa merk pasta gigi yang direkomendasikan oleh banyak orang.
  • Pepsodent Active White
  • CloseUp
  • Sensodyne Gentle Whitening
  • Systema Sensitive Whitening
Pertanyaannya ialah apakah ada pasta gigi yang bagus untuk menghilangkan karang gigi? Atau pasta gigi terbaik untuk gigi berlubang?

Jawabannya tentu ada. Tapi tentu pasta gigi hanya berfungsi untuk mencegah gigi berlubang dan karang gigi dan tetap menjaga gigi tetap putih dan bersih. Bisa dikatakan pasta gigi lebih berperan dalam hal pencegahan dan bukan pengobatan.

Jadi, cara memutihkan gigi dengan odol secara alami ini lebih cocok diterapkan pada anak usia dini sebelum gigi kuning. Tapi bukan berarti tips ini tidak cocok untuk Anda. Karena beberapa tips ini juga bisa menghilangkan karang gigi secara alami dan mencegah plak dan noda kuning pada gigi.

Lihat juga Cara mudah memutihkan gigi dengan kulit jeruk

Demikianlah cara memutihkan gigi dengan odol secara alami dan cara merawat gigi tetap putih dan bersih. Semoga bermanfaat!

By kontributor in Soksimon.com
  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close