Skip to main content

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis Campur Garam dan Baking Soda

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis Campur Garam dan Baking Soda - Gigi yang putih dan bersih tentu menjadi idaman setiap orang. Namun, terdapat beragam faktor yang menyebabkan gigi menjadi kuning. Sedangkan untuk mengatasi gigi yang kuning, dibutuhkan perawatan dan langkah tersendiri. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena ada cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis yang mudah.

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis Campur Garam dan Baking Soda
Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis Campur Garam dan Baking Soda

Jeruk nipis memang terkenal sejak dulu sebagai bahan alami yang kaya akan manfaat. Untuk memutihkan dan menghilangkan noda pada gigi, jeruk nipis dapat dicampurkan dengan beberapa bahan khusus. Karena itu, tidak heran jika banyak orang yang tertarik menggunakan jeruk nipis untuk memutihkan gigi. Asalkan pemakaian secara tepat dan teratur, gigi akan menjadi putih alami.

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis dan Baking Soda


Cara pertama yang dapat dijadikan pilihan untuk memutihkan gigi dengan jeruk nipis adalah dengan campuran jeruk nipis serta baking soda. Baking soda sendiri termasuk ke dalam bumbu dapur yang sangat ampuh untuk memutihkan gigi. Selain itu, bahan satu ini juga tak kalah ampuh untuk menghilangkan karang gigi. Terlebih jika ditambahkan dengan jeruk nipis, maka hasilnya akan semakin maksimal.

Berikut ini adalah cara memutihkan gigi menggunakan campuran antara jeruk nipis dan baking soda yang bisa dijadikan rujukan.

1. Siapkan Bahan-Bahannya yang Mudah Didapatkan di Dapur


Langkah pertamanya adalah dengan menyiapkan bahan-bahan utama seperti mangkuk atau wadah khusus. Setelah itu, tuangkan sekitar satu sendok makan baking soda dan air jeruk nipis sebanyak satu sendok. Namun, jika kebetulan tidak ada jeruk nipis, maka bahan ini dapat diganti dengan buah lemon.

2. Aduk Campuran Bahan Hingga Benar-Benar Merata


Langkah selanjutnya adalah dengan mengaduk seluruh bahan yang diperlukan sampai benar-benar merata. Hal ini harus diperhatikan agar formula dari bahan yang ada dapat meresap secara sempurna. Proses mengaduk ini dilakukan selama beberapa menit hingga adonan berubah menjadi pasta.

3. Sikat Gigi dengan Menggunakan Pasta Gigi Campuran Jeruk Nipis dan Baking Soda


Setelah adonan siap, selanjutnya Anda harus mengambil sikat gigi yang bersih. Kemudian letakkan pasta yang sudah dicampur di atas bulunya. Gunakan pasta tersebut untuk menggosok bagian gigi yang kuning atau bernoda. Pastikan menggosok gigi dengan baik dan benar agar hasilnya semakin nyata.

4. Berkumur Menggunakan Air Sampai Bersih


Sesudah itu, Anda sebaiknya berkumur dengan memakai air bersih agar bahan-bahan yang ada dapat hilang dari mulut. Dengan begitu, mulut akan senantiasa terasa segar dan nyaman. Usahakan melakukan perawatan semacam ini setidaknya 1 kali dalam satu minggu supaya hasilnya maksimal.

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis dan Garam


Selain menggunakan campuran jeruk nipis dan baking, cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis juga dapat dilakukan dengan menggunakan campuran jeruk nipis dan garam. Sebagaimana penelitian yang telah banyak dilakukan menyebutkan bahwa garam mempunyai sifat scrubbing atau zat yang dapat memberikan pengelupasan alami. Termasuk mengangkat flek dan memutihkan gigi.

Garam akan membantu memutihkan gigi secara maksimal jika dicampurkan dengan jeruk nipis. Cara ini juga dikenal sebagai cara yang aman. Terlebih jeruk nipis merupakan buah yang kandungan vitamin C-nya tinggi. Hal ini sangat ampuh untuk membantu membersihkan gigi kuning.

Berikut adalah langkah-langkah cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis dan garam.


1. Siapkan Bahan-Bahan yang diperlukan


Langkah pertama memutihkan gigi dengan garam dan jeruk nipis adalah dengan menyiapkan bahan. Adapun bahan-bahan tersebut aadlah air hasil perasan jeruk nipis sebanyak 2 sendok. Kemudian garam dapur sebanyak 1 sendok makan. Jika kebetulan di rumah tidak tersedia jeruk nipis, maka itu dapat diganti dengan lemon.

2. Campurkan Bahan Tersebut dan Aduk Merata


Setelah semua bahan terkumpul, langkah selanjutnya adalah mencampurkan kedua bahan sesuai porsi yang ada. Aduk sampai benar-benar merata secara perlahan. Campuran ini akan memberikan efek yang baik untuk kesehatan dan kesempurnaan gigi.

3. Oleskan Pada Sikat Gigi dan Gunakan pasta gigi untuk Menggosok Gigi


Langkah berikutnya adalah mengoleskan bahan yang ada kepada sikat gigi. Kemudian menggunakannya untuk menyikat gigi. Sikat gigi Anda dengan baik dan benar agar hasilnya semakin maksimal. Khususnya pada bagian gigi yang kuning dan bernoda.

4. Berkumur Menggunakan Air Bersih


Berikutnya, Anda harus membilas mulut dan gigi atau berkumur dengan memakai air yang bersih. Cara ini dapat dilakukan secara berulang-ulang sampai benar-benar bersih. Selain itu, juga sampai mulut sudah tidak terasa asin lagi. Gigi kuning akan semakin putih jika melakukan perawatan satu ini secara rutin dan teratur. Bahkan, hasilnya dapat terlihat dengan cepat.

Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis dan Lemon


Selain kedua cara yang telah disebutkan di atas, memutihkan gigi ternyata juga bisa dilakukan dengan campuran jeruk nipis dan lemon yang alami. Meskipun sekilas terlihat sama, antara jeruk nipis dan lemon sesungguhnya berbeda. Namun, keduanya sama-sama memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang sangat tinggi dan baik untuk kesehatan, termasuk kesehatan gigi.

Antara jeruk nipis dan lemon sebenarnya berbeda dari sisi bentuknya. Lemon memiliki bentuk lonjong dan berwarna kuning. Sedangkan bentuk dari jeruk nipis adalah bulat dengan warna hijau. Campuran antara kedua bahan ini bisa menjadikan gigi yang bernoda dan kuning semakin putih.

Berikut adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk memutihkan gigi dengan lemon.


1. Peras Jeruk Nipis dan Lemon


Cara pertama adalah memeras jeruk nipis dan lemon. Usahakan keduanya masih dalam kondisi fresh. Untuk takarannya adalah jeruk nipis sebanyak satu sendok makan dan lemon sebanyak satu sendok makan.

2. Campurkan Hasil Perasan dan Beri Sedikit Garam


Setelah itu, campurkanlah kedua bahan yang telah diperas secara merata. Jangan lupa untuk menambah sedikit garam agar hasilnya semakin maksimal.

3. Gunakan Bahan Tersebut untuk Menggosok Gigi


Berikutnya, gunakan bahan yang sudah dicampur untuk menggosok gigi dengan meletakkannya pada sikat gigi Anda. Pastikan semua bagian gigi, khususnya gigi yang kuning dan terdapat karang gigi di dalamnya.

4. Berkumur dengan Air Sampai Bersih


Adapun cara berikutnya adalah dengan berkumur dengan menggunakan air hingga bersih. Lakukan langkah mudah ini setidaknya 2 sampai 3 kali dalam satu minggu. Dengan pemakaian yang tepat, gigi kuning akan kembali putih.

Perlu diperhatikan, bahwa cara memutihkan gigi secara alami seperti di atas jika salah dilakukan dapat mengikis enamel gigi yang berdampak buruk pada kesehatan gigi. Jika enamel gigi rusak, maka gigi akan mudah keropos dan bisa menyebabkan gigi berlubang.

Lihat juga 9 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Tanpa Dokter

Beberapa cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis di atas adalah cara alami yang ampuh untuk mengembalikan gigi putih. Namun, pastikan melakukannya dengan teratur agar memberikan hasil maksimal dan memuaskan.

By kontributor in Soksimon.com
  June 13, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close