Skip to main content

5 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Efek Sampingnya

Cara memutihkan gigi dengan baking soda secara aman dan efektif? - Memiliki gigi putih dan bebas noda kuning menjadikan seseorang lebih percaya diri untuk tersenyum. Tapi memutihkan gigi tentulah tidak mudah. Ada banyak. Bahkan untuk melakukan perawatan gigi, kita harus merogoh kocek dalam-dalam. Namun, syukurlah, berbagai bahan alami ternyata bisa ampuh memutihkan gigi. Salah satunya dengan baking soda.

5 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Efek Sampingnya
5 Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda dan Efek Sampingnya

Tidak banyak yang mengetahui kalau baking soda bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Selama ini kita hanya mengenal baking soda sebagai bahan pengembang adonan kue. Namun ternyata baking soda juga termasuk bahan  pemutih gigi alami yang bisa ditemukan dengan mudah.

Adakah cara memutihkan gigi kuning dengan baking soda secara efektif dan aman? Sebelumnya, simak dulu penyebab gigi kuning dan cara menghindarinya agar gigi tetap putih.

Penyebab gigi kuning yang jarang diperhatikan

  1. Sering mengkomsumsi kopi dan teh hitam
  2. Sering mengkomsumsi minuman bersoda dan alkohol
  3. Kebiasaan menghisap rokok
  4. Sering mengunyah permen yang mengandung gula atau pemanis buatan yang tinggi
  5. Malas sikat gigi saat pagi dan malam hari sebelum tidur
Memutihkan gigi secara alami tidak akan memberikan dampak yang positif jika kita tidak menghindari penyebab gigi kuning.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda


Sekedar informasi aja, nama lain dari baking soda adalah natrium bikarbonat yang juga dikenal sebagai soda bikarbonat. Ternyata bahasa baking soda adalah bahasa Inggris yang dalam Indonesianya berarti bubuk soda kue. Terus, bagaimana cara memutihkan gigi dengan baking soda?

Ada berbagai kombinasi pasta gigi baking soda yang terbukti ampuh memutihkan gigi. Seperti baking soda dicampur garam atau lemon dan lain sebagainya. Namun ternyata ada efek samping memutihkan gigi dengan baking soda yang perlu Anda ketahui.
Berikut resep dan cara menggunakan baking soda untuk memutihkan gigi secara alami.

1. Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan air


Resep memutihkan gigi dengan baking soda yang paling mudah dan praktis dengan langsung mencampurnya dengan air. Nantinya, hasilnya akan menjadi pasta gigi.

Setelah tercampur dengan rata, baking soda dan air sudah bisa dijadikan pasta gigi cair yang terbukti memutihkan gigi. Menyikat gigi dengan baking soda tidak boleh lebih dari 2 menit.

Setelah menyikat gigi, pastikan untuk berkumur-kumur dengan air sampai bersih.

Tapi perlu diketahui, bahwa ternyata ada juga bahaya dan resiko menggunakan baking soda sebagai bahan pemutih gigi alami. Sekalipun termasuk bahan alami, baking soda memiliki kekurangan yang bisa malah merusak gigi jika tidak digunakan dengan tepat. Baca artikel ini sampai habis untuk menemukan efek samping jangka panjang baking soda untuk gigi.

2. Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan pasta gigi


Cara memutihkan gigi dengan baking soda yang kedua adalah dengan mencampurnya dengan pasta gigi. Tapi perlu diperhatikan, campur baking soda lebih baik dengan odol yang berwarna putih karena lebih efektif.

Baking soda bersifat abrasif yang mampu mengikis noda kuning pada gigi. Sementara pasta gigi umumnya mengandung fluoride yang berguna untuk mencegah gigi berlubang.

Apakah cukup efektif menggunakan baking soda dan pasta gigi untuk menghilangkan noda kuning pada gigi?

Jika memang efektif, kenapa tidak baking soda aja yang menjadi pasta gigi?

Perlu diketahui bawah pasta gigi juga sudah mengandung baking soda. Lebih tepatnya, bahan yang bisa memutihkan gigi layaknya baking soda itu sendiri. Bahkan lebih terbukti memutihkkan gigi dari baking soda.

Mengapa dokter gigi tidak menganjurkan menggunakan pasta gigi dari bahan alami seperti baking soda? Karena pasta gigi dibuat dengan kombinasi dari berbagai bahan lainnya yang terbukti bisa memutihkan gigi dengan cepat.

Berbeda dengan baking soda atau bahan alami lainnya, yang memang memiliki satu kelebihan tapi tidak memiliki kelebihan lainnya.

Contohnya, pasta gigi mengandung fluoride yang berguna untuk mencegah gigi berlubang sementara ini tidak terdapat pada baking soda yang hanya berfungsi untuk memutihkan gigi.

Selain itu, pasta gigi juga dibuat dengan berbagai tahapan dan proses ujicoba sehingga layak digunakan.

3. Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan lemon


 Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan lemon
Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan lemon

Jeruk memang mengandung banyak manfaat dan kegunaan. Jika kulit jeruk bisa memutihkan gigi secara alami, maka air perasannya juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda kuning pada gigi.

Campurkan baking soda dengan perasan jeruk nipis atau lemon dan jadikan pasta gigi.

Sikat gigi selama kurang lebih 1 menit dan berkumur sampai bersih.

Cara ini cenderung lebih cepat memutihkan gigi. Hanya saja, memutihkan gigi dengan baking soda dan jeruk tidak boleh sering dilakukan. Minimal hanya boleh dilakukan 3 bulan sekali.

Sifat baking soda yang abrasif ketika bertemu dengan asam dari perasan jeruk, dapat mengikis lapisan email pada gigi. Jika lapisan email gigi semakin menipis, maka resiko noda kuning di gigi lebih mudah menempel. Bukan hanya itu, gigi juga akan lebih mudah sensitif.

4. Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan garam


Baik baking soda maupun garam keduanya sama-sama memiliki sifat abrasih yang tinggi. Memutihkan gigi dengan baking soda dan garam tidak dianjurkan. Terlebih jika digunakan secara terus menerus dalam waktu yang singkat bisa mengikis permukaan gigi dengan cepat.

5. Cara memutihkan gigi dengan baking soda dan stoberi


Buah stroberi memang terkenal sebagai obat pemutih gigi alami dan menyehatkan. Rajin mengkomsumsi stroberi dapat menjaga gigi tetap putih dan mencegah plak gigi.

Seperti yang kita ketahui, kalau plak gigi terus dibiarkan terus-menerus akan berubah menjadi karang gigi yang jika tidak segera diatasi dapat menebal dan mengeras.

Tidak mau kan sampai seperti itu? Karena itu, rajinlah mengkomsumsi buah yang bisa menghilangkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

Untuk membuat pasta gigi alami dari baking soda dengan stroberi cukup mudah. Campur baking soda dengan buah stroberi yang sudah dihaluskan.

Aduk merata dan jadikan pasta gigi. Gosok gigi menggunakan sikta gigi berbulu lembut agar bisa menjangkau sela-sela gigi secara efektif.

Bahaya baking soda untuk gigi


Memang ampuh menggunakan baking soda sebagai bahan pemutih gigi. Namun bukan berarti tanpa efek samping dan bahaya.

Pasta gigi dari bahan alami seperti baking soda memiliki tekstur yang kasar. Tekstur kasar inilah yang bisa mengikis lapisan email gigi yang berujung pada mudahnya mengalami gigi sensitif.

Jika email gigi sudah hilang, maka sisa-sisa makanan akan mudah menempel yang menyebabkan gigi kuning. Selain itu, resiko terkena gigi berlubang juga semakin tinggi.

Tips memutihkan gigi dengan baking soda secara aman dan efektif

  1. Awali dengan berkonsultasi ke dokter gigi Anda.
  2. Cara memutihkan gigi berbehel dengan baking soda ini tidak dianjurkan karena dapat merenggangkan lem kawat gigi.
  3. Untuk gigi sensitif hindari memutihkan gigi dengan cara alami seperti baking soda karena bisa berakibat pada sakit gigi dan ngilu.
  4. Tidak dianjurkan memutihkan gigi dengan baking soda dalam jangka waktu yang singkat. Minimal 3 bulan sekali agar email gigi tetap terjaga.
  5. Selalu gunakan sikat gigi berbulu halus agar butiran kasar tidak terlalu merusak email gigi.
  6. Menggunakan pasta gigi baking soda seharusnya kurang dari 2 menit.
  7. Setiap selesai menggosok gigi pastikan untuk berkumur-kumur sampai bersih.

Cara memutihkan gigi yang efektif dan aman


Cara terbaik memutihkan gigi adalah dengan rajin menggosok gigi, terlebih ketika pagi hari dan malam hari sebelum tidur. Karena sisa-sisa makanan dalam mulut bisa berubah menjadi plak gigi.

Plak ini yang mengubah warna gigi putih menjadi kuning. Jika dibiarkan terus-menerus, bisa berakibat pada munculnya karang gigi.

Jika maish tidak diatasi segera, maka bisa membuat karang gigi menebal dan keras. Jika sudah tebal, maka akan sangat susah menghilangkan karang gigi.

Karang gigi yang dibiarkan bisa merusak lapisan gigi dan bisa berujung pada gigi berlubang. Selain menambal gigi berlubang, satu-satunya cara untuk menghilangkan rasa sakitnya dengan mencabutnya.

Tidak mau kan sampai seperti itu? Karena itu selalu rawat gigi Anda tetap bersih dan sehat. Menggunakan baking soda untuk karang gigi tidak akan bisa instan dan cepat. Terlebih hanya digunakan sekali-kali saja karena jika digunakan terus menerus sebagai pasta gigi, baking soda bisa merusak email gigi.

Karena itu, cara memutihkan gigi dan membersihkan karang gigi dengan cepat adalah dengan datang ke dokter gigi. Selain tidak ribet, juga lebih aman dan efektif. Hanya saja, butuh modal yang tidak sedikit tentunya untuk membersihkan karang gigi di dokter gigi.

Tapi itu lebih baik jika dibandingkan dengan resiko jangka panjang karena menggunakan bahan alami yang bertekstur pada yang bisa menghilangkan lapisan email gigi.

Lihat juga 2 Cara Perawatan Gigi Berlubang, Harus Dicabut atau Perlu Ditambal?

Semoga cara memutihkan gigi dengan baking soda dan bahayanya ini bisa bermanfaat bagi pembaca setia Tips Gigi Putih. Bijaklah dalam memutihkan gigi menggunakan bahan-bahan alami.

By kontributor in Soksimon.com
  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close