Skip to main content

Cara Memutihkan Gigi dengan Arang dan Efek Sampingnya

Bahaya cara memutihkan gigi dengan arang dan efek sampingnya - Akhir-akhir ini banyak beredar di media sosial Instagram dan Facebook trend memutihkan gigi dengan arang. Memang terbukti kalau arang aktif bisa memutihkan gigi dengan cepat dan alami. Tapi, apakah tidak beresiko dan memiliki efek samping?

Cara Memutihkan Gigi dengan Arang dan Efek Sampingnya
Cara Memutihkan Gigi dengan Arang dan Efek Sampingnya

Anda bisa bayangkan bagaimana gigi yang keras dan padat diamplas menggunakan arang. Apa tidak ngilu sis? Mari kita bahas satu per satu tentang kontroversi dan cara memutihkan gigi dengan arang lengkap dengan efek sampingnya.

Latar Belakang Memutihkan Gigi dengan Arang


Memiliki gigi putih dan bersih dari karang gigi adalah impian setiap manusia. Namun karena biaya kesehatan dan kecantikan yang cenderung "Mahal", banyak orang yang mau menggunakan metode kecantikan yang murah. Bisa dibandingkan biaya ke dokter gigi dengan memutihkan gigi dengan arang. Pasti jaraknya seperti bumi dan langit.

Itulah alasan pertama mengapa orang lebih suka cara alami dalam memutihkan gigi. Selain karena dikatakan tidak memiliki efek samping juga lebih murah. Tapi berbeda dengan penggunaan arang aktif. Ternyata memiliki efek samping jangka panjang yang sangat berbahaya.

Apa itu arang aktif?


Arang aktif adalah sisa pembakaran yang bisa didapatkan dari kayu, tempurung kelapa dan lain sebagainya, termasuk batu bara.

Pertanyaan yang cukup menggelitik adalah bagaimana mungkin arang yang hitam bisa memutihkan gigi?

Kandungan di dalam arang inilah yang bisa membuat gigi tampak lebih putih. Arang aktif diubah menjadi charcoal powder atau charcoal pasta yang digunakan bersama pasta gigi untuk menyikat gigi.

Tentu saja, kandungan arang aktif yang kasar dan bahan-bahan di dalamnya membuat gigi lebih cepat putih. Dan bukan mitos kalau arang bisa memutihkan gigi dengan cepat. Itu fakta dan saat ini banyak charcoal powder dengan berbagai merk dagang diperjual-belikan di Indonesia.

Perlu diketahui bahwa arang aktif ini bisa ditemukan di toko-toko kesehatan. Banyak juga yang menjual arang aktif secara online yang bisa memutihkan gigi. Tentu dengan harga yang lebih murah.

Apakah arang aktif bisa memutihkan gigi?

Benar, selain bisa memutihkan gigi juga bisa menghilangkan karang gigi. Tapi mari kita lihat efek sampingnya juga jika digunakan secara berlebihan.

Bahaya Memutihkan Gigi dengan Arang yang Harus Anda Ketahui


Ada banyak sekali tutorial cara menggunakan arang untuk memutihkan gigi di internet. Namun sayang, sebagian besar informasi tersebut tidak dilengkapi dengan bahaya dan resiko menggunakan bahan ini untuk memutihkan gigi.

Beberapa penelitian yang dilakukan oleh berbagai pakar kesehatan gigi mengatakan bahwa penggunaan arang aktif dapat merusak enamel (email gigi). Enamel gigi adalah lapisan yang melindungi dentin (bagian terpenting dari gigi).

Tidak bisa dibayangkan bagaimana jika enamel gigi ini terus menerus diamplas menggunakan arang ketika menggosok gigi. Jika kegiatan memutihkan gigi kuning dengan arang ini berlangsung secara terus-menerus maka kemungkinan terburuk adalah terkikisnya enamel yang berakibat pada gigi yang mudah sensitif.

Ujung-ujungnya akan mudah menyebabkan gigi mudah keropos dan mudah berlubang.

Jika sudah seperti ini, tidak ada cara lain untuk mengobati gigi berlubang dan keropos selain melapisinya dengan veneer (Porselen).

Cara Memutihkan Gigi dengan Arang yang Aman?


Saya sengaja membahas efek samping dan resikonya terlebih dahulu. Ya, biasanya orang hanya mau hasil instan dan mencoba tanpa membaca sebab akibatnya. Tapi saya cukup ragu kalau masih ada yang berani mencoba memutihkan gigi dengan arang.

Karena itu, saya tidak jadi membahas cara memutihkan gigi dengan arang karena memang tidak banyak direkomendasikan mengingat resikonya yang sangat berbahaya.

Ada beberapa tutorial yang mengatakan kalau memutihkan gigi dengan arang aman asal sudah ditapis halus, tidak berbahaya. But, who knows? Ada juga yang mengatakan bahwa memutihkan gigi dengan arang memang tidak boleh berlebihan karena dapat merusak email gigi. Ya, segala yang berlebihan memang tidak baik.

Namun saya tidak ingin mengambil resiko dengan efek jangka panjangnya terlebih menulisnya untuk umum. Kalau pun ada yang berhasil memutihkan gigi dengan arang, tentu tidak semua orang sama dalam hal kebutuhan kesehatan.

Karena itu, saya menyarankan Anda untuk konsultasi ke dokter gigi terpercaya saja. Lebih baik mencegah dari pada mengobati di kemudian hari.

Kalaupun gigi sudah terlanjur kuning, sebaiknya Anda menggunakan perawatan gigi yang memang telah teruji klinis. Agar tidak semakin parah, sebaiknya Anda juga menghindari penyebab-penyebab gigi kuning seperti kopi dan rokok. Jika tidak memiliki biaya ke dokter gigi untuk saat ini tidak ada cara lain selain rajin menggosok gigi dengan pasta gigi yang sudah banyak beredar dan resmi. Dicampur arang? Resiko ditanggung sendiri!
Ada yang bilang kalau kesehatan dan kecantikan itu mahal biayanya. Itupun belum tentu berhasil. Bagaimana dengan yang tidak mahal? Tapi kita pun perlu memegang prinsip kecantikan alami yang tanpa efek samping. yang murah belum tentu murahan dan yang mahal belum tentu berkualitas. 
Kesimpulan tentang cara memutihkan gigi dengan arang dan resiko mengenal bahaya efek samping jangka panjangnya, semuanya kembali kepada masing-masing pribadi. Wejangan dari saya, sebaiknya konsultasi ke dokter gigi Anda sendiri.

Lihat juga Cara memutihkan gigi dengan odol dan campuran bahan alami

Demikianlah artikel tentang cara memutihkan gigi dengan arang dan bahaya efek sampingnya. Baca ini aja sudah membuat gigi saya ngilu. Semoga bermanfaat salam gigi putih!

By kontributor in Soksimon.com
  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close