Skip to main content

7 Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel dan Mempercepat Koneksi Internet

Cara memperkuat sinyal Telkomsel dan mempercepat koneksi internet di hp android sebenarnya tidaklah sulit. Kita tahu bahwa seringkali jaringan Telkomsel hilang tiba-tiba atau pun jaringan yang tidak stabil yang menyebabkan koneksi internet menjadi lemot.

7 Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel dan Mempercepat Koneksi Internet
7 Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel dan Mempercepat Koneksi Internet

Karena itulah, kita butuh tutorial yang benar-benar ampuh untuk mengetahui cara memperkuat sinyal Telkomsel di android agar bisa internet dengan cepat dan tanpa lemot, baik di jaringan 3G maupun di jaringan 4G.

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel dan Mempercepat Koneksi Internet di Hp Android


Untuk mempercepat internet android, kita harus memahami cara memperkuat sinyal Telkomsel terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang bisa diterapkan agar sinyal Telkomsel kuat dan stabil.

1. Mengunci Jaringan di Satu Mode Agar Koneksi Stabil


Cara mempercepat koneksi internet di hp android yang paling sering saya coba dulu adalah mengunci jaringan di satu mode. Misalnya saya menggunakan jaringan 3G, maka saya hanya akan mengaktifkan pengaturan jaringan 3G only atau jika menggunakan jaringan LTE, hanya 4G only.

Adapun mode-mode jaringan yang bisa diatur di hp untuk mengunci jaringan Telkomsel adalah:

  1. WCDMA Only (3G Only)
  2. GSM Only (2G Only)
  3. WCDMA (Preferred)/GSM
  4. LTE(Preferred)/WCDMA/GSM
  5. 4G LTE (4G Only)
Cara memperkuat sinyal 3G adalah dengan mengunci mode jaringan WCDMA (3G only) di smartphone android, Windows, Phones, iOS.

Cara memperkuat sinyal 4G adalah dengan mengunci jaringan 4G Samsung menjadi 4G only. Namun beberapa smartphone android tidak bisa mengatur sinyal 4G only sehingga mau tidak mau harus aktif LTE/3G/2G secara otomatis.

Jika sinyal 4G Telkomsel tidak muncul, kamu harus pelajari cara membuat jaringan 4g sendiri di Samsung. Jika masih belum bisa aktif jaringan 4G-nya, silahkan lihat apakah kartu Telkomsel tersebut sudah diupgrade atau tidak.

Selengkapnya bisa Anda lihat dalam cara upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G online

Kekurangan dari metode memperkuat sinyal Telkomsel yang satu ini adalah ketika jaringan tersebut tidak ditemukan maka nomor tidak akan bisa dihubungi karena jaringan yang lain tidak diaktifkan.

2. Mengaktifkan dan Menonaktifkan Airplane Mode Untuk Mengembalikan Sinyal Hilang


Pernah dengar cara internet gratis tanpa kuota bahkan dengan airplane mode? Ya, ternyata airplane mode (mode pesawat) memiliki banyak manfaat bukan hanya dalam penerbangan. Tapi juga sering digunakan untuk merefresh jaringan agar lebih stabil.

Untuk memperkuat sinyal, kamu bisa mengaktifkan airplane mode dan menonaktifknya kembali agar jaringan terefresh. Trik ini dipercaya dapat membuat sinyal android menjadi lebih kuat.

Dari beberapa percobaan yang saya lakukan jika sinyal Telkomsel tiba-tiba hilang, saya mengaktifkan airplane mode dan setelah dinonaktifkan kembali, saya mendapatkan sinyal dan koneksi internet berjalan lancar kembali.

3. Menggunakan APN Telkomsel Tercepat


APN (Access Point Name) bukanlah istilah yang asing bagi yang terbiasa akses internet terlebih mereka yang mengenal tentang jaringan Komputer atau para gretongers atau pencari internet gratis.

Menyebut istilah gretongers, saya flashback sedikit ke masa jayanya Symbian Nokia. Waktu itu, APN sering diotak-atik agar bisa internet gratis Telkomsel tanpa kuota.

Ketika android pun hadir dengan cara internet gratisnya, pemanfaatan APN juga masih berlangsung. Ada banyak contoh APN super cepat Telkomsel. Berikut salah satu cara setting APN Telkomsel di hp Samsung android.
  1. Masuk ke menu Pengaturan
  2. Pilih Koneksi
  3. Pilih Jaringan Seluler
  4. Pilih Nama Poin Akses
Cara mengisi APN Telkomsel cepat adalah sebagai berikut.
  • Nama : terserah
  • APN : sabarbrn
  • Proxy : 10.1.89.130
  • Port : 8000 atau 80
Ingat bahwa settingan APN di atas bukanlah settingan APN agar koneksi internet lebih cepat. Perlu diketahui juga bahwa settingan APN bisa berubah-ubah atau bahkan co'id pada waktu yang tidak terduga. Jika settingan APN salah, malah bisa berakibat tidak bisa akses internet sama sekali sekalipun kuota internet ada.

4. Menggunakan Kuota Flash Telkomsel Tercepat


Pernah ngalamin sinyal full tapi internet lemot? Saya tidak tahu apakah ini memang fakta atau mitos, tapi jenis kuota internet Telkomsel bisa saja mempengaruhi kecepatan internet. Not at all!

Karena itu, menurut saya kita juga harus memperhatikan kuota Flash Telkomsel yang kita gunakan. Cara mempercepat koneksi internet Telkomsel di hp android yang satu ini, saya tidak yakin work atau tidak. Karena semuanya tetap saja tergantung seberapa baik kualitas jaringan yang didapatkan oleh hp.

Terlebih kita beli kuota internet Flash dengan pertimbangan utama kebutuhan akan internet dan juga paket internet yang termurah.

Lihat juga Daftar Harga Paket Internet Telkomsel Murah 1 Bulan Kuota Besar

5. Akses Internet dengan Kuota Midnight Telkomsel


Cara mempercepat internet android yang ini bukan mitos tapi fakta. Di desa saya sangat susah dapat jaringan di siang hari. Tapi saat tengah malam dan di pagi-pagi buta, koneksi internet lebih stabil dan cepat.

Karena itu, saya memasukkan cara mempercepat koneksi internet Telkomsel adalah dengan mengakses internet di waktu-waktu tengah malam sampai pagi, dari jam 24.00 sampai jam 07.00 pagi.

Pada jam-jam tersebut, katanya banyak yang tidur sehingga lalulintas data sedikit yang menyebabkan koneksi internet menjadi jauh lebih cepat. Pada waktu tersebut jaringan Telkomsel lemot di android jarang ditemukan.

6. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal di Android


Konsep dasar kecepatan internet tentu dipengaruhi oleh jenis jaringan Telkomsel yang digunakan. Ada jaringan GPRS, 2G/EDGE, 3G/HSDPA, dan 4G/LTE. Tentu kecepatan akses 4G LTE jauh lebih cepat dari pada jaringan 3G.

Salah satu cara memperkuat jaringan Telkomsel adalah dengan mengunci jaringan tersebut hanya pada satu mode. Kita bisa menggunakan aplikasi penguat sinyal bernama Sinyal Guard Pro di Google Playstore.

Kelebihan aplikasi penguat sinyal ini adalah memberikan notifikasi jika jaringan hilang secara tiba-tiba dan juga bisa untuk mengunci jaringan di mode tertentu agar koneksi lebih stabil.

7. Pindahlah ke Tempat yang Lebih Terbuka Seperti Sawah Agar Sinyal Kuat


Cara memperkuat sinyal Telkomsel dan mempercepat koneksi Internet di android yang terakhir adalah dengan mengakses internet di tempat yang lebih terbuka.

Cara ini terbukti dapat mempercepat koneksi internet Telkomsel yang lemot. Saya selalu memilih tempat seperti sawah karena lebih terbuka dan terbukti bisa membuat kartu Telkomsel mendapatkan jaringan yang lebih stabil dan cepat ketika akses internet.

Lihat juga Cara Upgrade Kartu Telkomsel 3G ke 4G di GraPARI

Itulah 7 cara memperkuat sinyal Telkomsel dan mempercepat koneksi internet yang lemot di hp android. Semoga bermanfaat!
  June 15, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close