Skip to main content

Cara Membuat dan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di Samsung

Cara Membuat dan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di Samsung - Jaringan 4G LTE saat ini menjadi jaringan dengan koneksi internet tercepat di Indonesia. Hebatnya lagi, hampir semua wilayah Indonesia sudah mendukung koneksi internet jaringan 4G. Hanya saja, harus diakui kadang jaringan 4G Telkomsel masih tidak stabil dan sering hilang sinyal.

Cara Membuat dan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di Samsung
Cara Membuat dan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di Samsung

Karena itu, kita perlu mengunci jaringan 4G agar jaringan tetap stabil dengan memanfaatkan pengaturan jaringan pada hp 4G Only. Tapi masalahnya, sebagaian besar pengguna Telkomsel juga masih bingung cara membuat jaringan 4G sendiri.

Cara Membuat dan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di Samsung


Karena itulah, hari ini saya akan berbagi cara membuat jaringan 4G sendiri di hp Samsung dan menguncinya agar jaringan tetap stabil. Namun sebelumnya, Anda harus pahami tentang jaringan 4G LTE Telkomsel.

Syarat untuk internetan dengan koneksi 4G LTE yang harus dipenuhi adalah:

  1. Wilayah Anda sudah terjangkau jaringan 4G Telkomsel.
  2. Hp atau perangkat Anda sudah mendukung jaringan 4G.
  3. Kartu Anda sudah harus 4G. Kalau belum Anda harus upgrade kartu Telkomsel 3G ke 4G.
  4. Mengaktifkan pengaturan jaringan seluler di Samsung ke 4G auto atau 4G only.
  5. Memiliki kuota internet 4G. Kalau pun Anda tidak memiliki kuota internet 4G, data seluler yang aktif bisa saja menampilkan jaringan 4G tapi tidak bisa masuk internet.
Kalau jaringan 4G Anda tidak aktif, silahkan lihat penyebab sinyal 4G Telkomsel tidak muncul dan cara mengatasinya.

Cara membuat jaringan 4G sendiri di hp android seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, Vivo dan lainnya tidak tergantung pada kartu Telkomsel saja, tapi perangkat itu sendiri. Jadi, untuk operator lainnya seperti Indosat, XL, Smartfren juga berlaku pengaturan yang sama agar jaringan 4G bisa aktif.

Bagaimana cara membuat jaringan 4G di Samsung? Caranya sederhana, kita hanya perlu mengatur jaringan seluler menjadi 4G. Sayangnya, tidak ada cara mengunci jaringan 4G Samsung (Khusus di Samsung J2 Prime). Untuk Samsung J1 dan hp android lainnya, saya belum pernah coba apakah bisa mengunci jaringan 4G only atau tidak.

Cara Mengaktifkan 4G Telkomsel di hp Samsung


Begini cara mengaktifkan 4G Telkomsel di Samsung J2 Prime agar bisa mendapatkan sinyal 4G Telkomsel sekalipun di desa terpencil.
  1. Masuk ke Pengaturan hp Samsung
  2. Pilih Koneksi

  3. koneksi - Cara Mengaktifkan 4G Telkomsel di hp Samsung
    Koneksi - Cara Mengaktifkan 4G Telkomsel di hp Samsung

  4. Klik Jaringan Seluler

  5.  Jaringan Seluler
    Jaringan Seluler

  6. Klik Mode Jaringan

  7. Mode Jaringan
    Mode Jaringan

  8. Pilih mode LTE/3G/2G (Otomatis)

  9.  LTE/3G/2G Otomatis
    Pilih LTE/3G/2G

Terlihat jelas pada screenshot di atas bahwa tidak ada cara setting 4G only di hp Samsung J2 Prime. Itu berarti, kita sebenarnya sudah mengaktifkan 4G Telkomsel tapi untuk mendapatkan sinyal 4G Telkomsel tergantung kualitas jaringan itu sendiri.

Saya pernah mencoba cara 4G only Samsung dengan dial ke *#*#4636#*#*, tapi tidak bisa aktifkan full 4G only karena dial tersebut tidak support di hp J2 Prime yang saya gunakan untuk testing.

Dengan mengaktifkan 4G Telkomsel, koneksi internet seperti download dan streaming video online di Youtube jauh lebih cepat.

Itulah sedikit tentang cara membuat jaringan 4G sendiri yang ternyata tidak ada cara mengunci jaringan 4G Telkomsel di Samsung untuk mendapatkan khusus jaringan Telkomsel 4G only.

Kita hanya bisa mengaktifkan 4G pada Samsung dan mengembalikan semuanya ke kualitas jaringan 4G menjangkau wilayah kita. Bahasa sederhananya, kita hanya bisa membuat sinyal 3G menjadi 4G sendiri di hp android.


Demikianlah Cara Membuat dan Mengunci Jaringan 4G Telkomsel di Samsung. Semoga bermanfaat!

  June 14, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close