Skip to main content

Cara Cek Serial Number Laptop Windows 10 Lewat CMD

Cara Cek Serial Number Laptop Windows 10 Lewat CMD Paling Mudah - Bagaimana cara melihat serial number laptop? Ternyata cara mengetahui serial number komputer atau laptop sangatlah mudah. Kita bisa melihat S/N laptop di CMD. Tapi sebelumnya, apa itu serian number?

Cara Cek Serial Number Laptop Windows 10 Lewat CMD
Cara Cek Serial Number Laptop Windows 10 Lewat CMD

Serial Number adalah sekumpulan karakter unik yang bisa terdiri atas kombinasi antara alfabet dan numerik (alfanumerik) yang biasanya menjadi penanda barang produksi serta dibuat selalu berbeda-beda meskipun jenis barangnya sama. Jadi, bisa serial number suatu laptop tidak ada yang sama meskipun tipe dan vendornya sama.

Namun berbeda dengan serial number software dan hardware. Terkadang license key atau nomor seri untuk lisensi instalasi hardware dan software bisa saja sama. Ya, banyak yang melakukan crack software dengan serial number yang berbeda. But, lupakan tentang itu!

Cara Cek Serial Number Laptop Windows 10 Paling Mudah


Cara melihat serial number laptop sebenarnya bisa melalui casing laptop. Namun terkadang, label S/N yang ditandai dengan tanda barcode tersebut hilang. Atau memang penulisan serial number hanya dalam bentuk kode bar sehingga harus menggunakan software barcode reader untuk melihat serial numbernya.

Namun, hari ini kita akan menggunakan cara lain mengetahui serial number laptop. Yaitu menggunakan CMD (Command Prompt).

Langsung saja, berikut cara cek serial number laptop Windows 10 paling mudah lewat CMD.
  1. Klik bersamaan tombol Windows + R
  2. Pada kotak Run, tulis CMD untuk masuk ke CMD
  3. Langsung saja ketik wmic bios get serialnumber
  4. Tekan Enter dan akan muncul Serial Number laptop Anda.
  5. Untuk seri model laptop sendiri, kita bisa mengetikkan kode wmic csproduct get name di CMD agar seri model laptop terlihat tanpa perlu bolak-balik laptop.
Perlu diingat bahwa cara melihat serial number laptop lewat CMD di atas hanya berlaku di laptop yang menggunakan sistem operasi Windows, baik itu Windows XP, Windows 7 dan Windows 10. Sementara untuk pengguna Linux OS, silahkan cari tahu caranya sendiri atau gunakan barcode reader untuk scan kode bar S/N laptop Anda.

Lihat juga Cara cek spesifikasi laptop Windows 10

Demikianlah cara cek serial number laptop Windows 10 lewat CMD paling mudah. Semoga bermanfaat!

  June 28, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close