Skip to main content

Cara Cek Kekuatan Sinyal 2G/3G/4G Di Hp Android

Cara Cek Kekuatan Sinyal 2G/3G/4G Di Hp Android - Bagaimana cara mengetahui posisi jaringan terkuat di daerah kita? Itulah yang akan kita bahas hari ini. Saya tinggal di pedesaan dimana jaringan cukup sulit dan sering hilang. Saya selalu mencari titik-titik daerah terbaik di rumah dengan jaringan terkuat untuk akses internet.

Cara Cek Kekuatan Sinyal 2G/3G/4G Di Hp Android
Cara Cek Kekuatan Sinyal 2G/3G/4G Di Hp Android

Biasanya di teras rumah dan di dapur jaringan lebih kuat sementara sangat susah mendapatkan sinyal di ruang tamu. Karena itu, hari ini saya akan membahas cara mengetahui jaringan terkuat di daerah kita. Lebih tepatnya letak terbaik untuk mendapatkan sinyal kuat di rumah.

Cara Cek Kekuatan Sinyal 2G/3G/4G Di Hp Android


Kekuatan sinyal di suatu daerah sangat dipengaruhi oleh letak tower sinyal operator seluler (BTS). Semakin jauh tower BTS, semakin susah juga daerah Anda dijangkau oleh jaringan.

Untuk mengetahui kekuatan sinyal operator di daerah kita, kita bisa mengeceknya melalui hp android tanpa aplikasi tambahan. Dalam tutorial ini, kartu yang aktif di dalam hp adalah operator jaringan yang akan dicek kekuatannya.

Karena saya menggunakan kartu Telkomsel, maka secara otomatis kekuatan sinyal Telkomsel di daerah saya yang akan saya cek.

Langsung saja, berikut cara cek kekuatan sinyal 2G/3G/4G di hp android Anda.

  1. Masuk ke Pengaturan hp Android dan klik Tentang Perangkat

  2.  Cek kekuatan sinyal di hp android
    Cek kekuatan sinyal di hp android

  3.  Pilih Status

  4.  Berfungsi untuk melihat posisi sinyal terbaik di rumah
    Berfungsi untuk melihat posisi sinyal terbaik di rumah
  5.  Pilih Status Kartu SIM
  6.  Melihat kekuatan sinyal terkuat di daerah kita
    Melihat kekuatan sinyal terkuat di daerah kita

  7.  Lihat pada Kekuatan Sinyal 


 Kekuatan sinyal menunjukkan koneks internet cepat
Kekuatan sinyal menunjukkan koneks internet cepat

Kekuatan sinyal seluler dinyatakan dalam satuan dBm (decibel milliwatt). Pada contoh di atas, kekuatan sinyal yang diperoleh adalah 71 dBm. Itu sudah cukup cepat kok dan tidak membuat koneksi internet lemot untuk jaringan 3G Telkomsel.

Semakin besar angka dBm semakin sinyal Telkomsel lemah. Dengan mengetahui hal tersebut, kita jadi mudah menentukan letak jaringan yang bagus di daerah kita dan mengetahui titik tempat tercepat untuk akses internet di rumah kita.

Jadi, dengan mengetahui cara cek kekuatan sinyal 2G/3G/4G di hp android seperti di atas, kita tidak akan menggoyang-goyang hp lagi untuk mendapatkanya sinyal Telkomsel yang kadang tidak muncul, kadang hilang mendadak.

Lihat juga 9 cara mengatasi sinyal lemah di pedesaan

Itulah cara cek kekuatan sinyal 2G/3G/4G di hp android tanpa aplikasi. Semoga bermanfaat!

  June 15, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close