Skip to main content

7 Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut Yang Efeknya Mengerikan

Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut - Setiap orang hampir pernah merasakan yang namanya sakit gigi. Sakit gigi dapat berupa gigi bengkak ataupun gigi berlubang. Dalam hal ini yang akan dibahas adalah gigi yang berlubang. Biasanya dokter menyarankan untuk mencabut gigi tersebut, karena akibat gigi berlubang tidak dicabut atau dibiarkan dapat mengakibatkan gigi mengalami masalah di kemudian hari. .

7 Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut Yang Efeknya Mengerikan
7 Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut Yang Efeknya Mengerikan

Kebanyakan dokter menyarankan untuk mencabut gigi berlubang tersebut. Hal ini dikarenakan agar penderita sakit gigi tersebut memiliki gigi yang sehat. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan orang yang sakit gigi tersebut mengalami gigi berlubang lagi dibagian gigi yang lain. Oleh karena itu, seseorang sebaiknya rajin membersihkan gigi, minimal sikat gigi dua kali dalam satu hari.

Beberapa dampak gigi berlubang yang tidak dicabut yang efeknya mengerikan!

Ternyata, gigi yang tidak dicabut menyebabkan seseorang mengalami masalah tersendiri, bahkan menyebabkan kematian. Hal ini masih belum banyak diketahui oleh masyarakat. Padahal sangat penting agar kesehatan tubuh dan gigi senantiasa terjaga dengan baik. Berikut adalah beberapa dampak dari gigi berlubang tidak dicabut yang wajib Anda ketahui.

1. Gigi Berlubang Lama-kelamaan Menjadi Keropos dan Ompong


Gigi yang berlubang dan tidak diobati biasanya akan terjadi penumpukan bakteri secara terus menerus dan dapat berakibat terjadi pembusukan dalam gigi sehingga manyebabkan gigi tersebut menjadi ompong ataupun hilang. Maka dari itu hendaknya gigi yang sudah berlubang itu dibawa kedokter dan dicabut.

Akan tetapi mencabut gigi juga dapat memberikan dampak pada tubuh, diantaranya adalah penyakit vertigo, kekurangan protein, darah tinggi, ataupun proses pencernaan yang terganggu. Maka dari itu dalam hal ini konsultasi kedokter sebelum melakukan penanganan pada gigi berlubang. Karena dokter dan ahli gigi lebih tahu mana yang aman dan yang terbaik untuk menangani gigi berlubang Anda.

2. Gigi Berlubang Mudah Sensitif dan Sering Ngilu


Gigi yang berlubang akan menyebabkan syaraf yang terganggu, akibatnya dapat menyebabkan orang tersebut giginya merasa linu. Untuk mengatasi ngilu tersebut sebaiknya segera dibawa ke dokter gigi terdekat. Untuk berjaga – jaga agar tidak terjadi ngilu biasanya memakasi pasta gigi tertentu. Terlebih saat ini sudah sangat banyak produk pasta gigi khusus untuk menghilangkan gigi ngilu.

Mencegah lebih baik dari pada mengiobati. Oleh karena itu sebaiknya Anda harus sering membersihkan gigi dengan pasta gigi yang khusus untuk penderita gigi ngilu. Gigi yang ngilu membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman dan tidak semangat. Karena itu, banyak orang yang datang ke dokter gigi untuk meminta obat anti ngilu atau obat penghilang ngilu.

3. Gigi Berlubang Rentan Infeksi Pada Pembuluh Darah


Gigi yang berlubang dan tidak segera ditangani akan mangakibatkan infeksi pada pembuluh darah. Hal ini dikarenakan kotoran dan juga bakteri masuk sekaligus kedalam gigi berlubang tersebut. Jika hal ini dibiarkan makan akan kemungkinan besar gigi terjadi infeksi. Sebagaimana diketahui bersama bahwa bakteri selalu memicu banyak masalah, salah satu menginfeksi pembuluh darah.

Kemungkinan terburuk jika sudah terinfeksi dan tidak ditanggani adalah bakteri yang sudah menyebabkan infeksi tersebut akan menyebar keseluruh tubuh. Jika sudah menyebar keseluruh tubuh, maka akan lebih sulit penanganan untuk mengobatinya. Maka dari itu, tindakan pencegahan sangatlah penting dilakukan agar benar-benar aman dan kesehatan organ tubuh tetap terjaga.

4. Gigi Berlubang Menyebabkan Komplikasi Bahkan Kematian


Kematian adalah hal yang ditakuti oleh banyak orang, apalagi jika hanya karena Akibat Gigi Berlubang Tidak Dicabut. Kematian dapat disebabkan karena gigi yang sakit tersebut dibiarkan berlarut – larut sehingga menyebabakan kanker dan tumor yang mematikan apabila tidak segera ditangani. Bahkan saat ini sudah banyak kasus seseorang mengalami kematian akibat kanker dan tumor pada mulut dan gigi.

Kanker dan tumor merupakan penyakit yang cukup sulit untuk disembuhkan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya penderita kangker yang sudah meninggal akibat menderita penyakit tersebut. Bahkan, kemungkinan penderita kanker untuk hidup sangatlah kecil. Itupun mereka harus berusaha menjalani berbagai jenis pengobatan agar tetap bertahan hidup.

5. Gigi Berlubang yang Dibiarkan Mengganggu Syaraf-syaraf Gigi


Gigi berlubang yang tidak segera ditangani dapat juga menyebabkan syaraf - syaraf gigi menjadi terganggu. Sering buang air kecil, impotensi, ataupun kesemutan merupakan akibat dari syaraf gigi yang terganggu. Jika sudah terjadi hal seperti ini otomatis fungsi gigi juga akan menjadi tidak nomal. Sehingga, seringkali menyebabkan seseorang kesulitan dalam mengunyah makanan.

Fungsi organ yang tidak normal dapat mempengaruhi kegiatan ataupun keseharian seseorang. Karena dapat membuat orang tersebut menjadi susah dalam melakukan pekerjaannya. Inilah pentingnya memiliki gigi yang bersih dan sehat.

6. Gigi Berlubang Dapat Menyebabkan Peradangan Gigi yang Menyebar ke Organ Lainnya


Peradangan gigi yang disebabkan karena gigi berlubang yang tidak dicabut dapat mangakibatkan hal yang serius Diiantaranya adalah merusak organ lain seperti paru – paru dan ginjal yang dikarenakan sel – sel mengalami peradangan akut. Apanila hal ini dibiarkan secara terus menerus akan mangakibatkan fungsi organ dalam tubuh yang tidak maksimal.

Jika paru-paru sudah terganggu maka otomatis pernapasan juga terganggu. Sehingga, dapat mengakibatkan sesak napas dan lain sebagainya. Begitu pula jika ginjal terganggu maka otomatis proses reproduksi dalam tubuh ikut terganggu juga. Hal semacam ini tentu sangat merugikan dan menyulitkan manusia. Meski terlihat ringan, ternyata masalah akibat gigi berlubang terbilang sangat besar.

7. Sinusitis Akibat Gigi Berlubang


Sinusitis juga dapat terjadi pada penderita sakit gigi, sebabnya yaitu syaraf gigi yang berdekatan dengan jaringan. Maka dari itu hendaknya penderita gigi yang berlubang segera mencabut giginya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Sinusitis banyak dikeluhkan masyarakat karena penyakit ini memberikan efek yang sangat tidak nyaman pada diri seseorang. Khususnya di area mata dan hidung.

Jika sudah terkena sinusitis maka kita biasanya mangalami beberapa hal diantaranya, sakit kepala, hidung meler, ataupun nyeri wajah. Jika terjadi gangguan kesehatan ini, maka proses penyembuhannya tidaklah mudah.

Lihat juga Penyebab Gigi Berlubang Yang Perlu Diwaspadai Sejak Anak-anak

Akibat gigi berlubang yang tidak dicabut ternyata sangat berbahaya bagi tubuh dan kesehatan. Oleh karena itu, Anda yang giginya masih normal dan tidak berlubang, sebaiknya jaga kesehatan gigi dengan baik. Misalnya dengan menggosok gigi secara rutin dan teratur. Dan apabila gigi sudah berlubang bahkan parah, sebaiknya segera cabut gigi tersebut.

By kontributor in Soksimon.com

  June 13, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close