Skip to main content

Tujuan Komunikasi Data, Jenis dan Contoh Komunikasi Data

Tujuan Komunikasi Data, Jenis dan Contoh Komunikasi Data dalam Kehidupan sehari-hari. Apa sih komunikasi data itu? Secara sederhana, komunikasi data adalah suatu sistem yang meliputi proses mengirim dan menerima data. Dan setiap hari, terlebih di era kemajuan teknologi  digital hari ini, kita tidak bisa lepas dari komunikasi data.

Tujuan Komunikasi Data, Jenis dan Contoh Komunikasi Data
Tujuan Komunikasi Data, Jenis dan Contoh Komunikasi Data

Jika demikian, apa saja contoh dari komunikasi data yang sering kita lakukan sehari-hari? Sebelumnya, mari kita lihat pengertian dan tujuan komunikasi data terlebih dahulu.


Pengertian Komunikasi Data


Komunikasi data adalah sebuah proses pengiriman informasi antara dua titik menggunakan kode biner melalui media transmisi.

Proses pengiriman data informasi dalam komunikasi data berbeda dengan proses pengiriman informasi konvensional melalui surat menyurat seperti POS. Dalam pengiriman informasi komunikasi data akan melibatkan berbagai komponen perangkat keras komunikasi data, baik di sisi pengirim maupun penerima.

Cara kerja komunikasi data akan melibatkan setidaknya lima 5 komponen agar pengirim dapat mengirim informasi, yaitu sumber, transmitter, sistem transmisi, receiver, dan tujuan.

Dalam proses pengiriman informasi juga terdapat model-model komunikasi data, tergantung jenis data dan komunikasi apa yang akan dilakukan yang pastinya akan menentukan media transmisi yang akan digunakan.

Media transmisi dalam komunikasi data secara garis besar dibedakan menjadi 2 bagian utama, yaitu media transmisi terpandu dan media transmisi tidak terpandu.

Selengkapnya dapat dilihat dalam Jenis-jenis media transmisi dalam komunikasi data

Alasan mengapa komunikasi data diperlukan?

Pada intinya, kita belajar komunikasi data untuk mengetahui sistem kerja komunikasi data. Adapun materi komunikasi data yang paling utama adalah komponen komunikasi data, yaitu 5 elemen komunikasi data yang disebutkan di atas.

Kamu dapat melihatnya dalam artikel sebelumnya tentang Komponen komunikasi data. Di artikel tersebut akan dijelaskan tentang pengertian dan komponen komunikasi data yang meliputi 5 elemen komunikasi data, yaitu source, transmitter, transmission media, receiver, dan destination.

Tujuan Komunikasi Data


Apa sih tujuan dari komunikasi data? Tentu saja ada keuntungan dan manfaat komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Memungkinkan pengiriman data dalam jumlah yang besar secara cepat
  2. Meminimalisir biaya pengiriman data secara ekonomis
  3. Kemudahan akses dan tidak terbatas dengan jarak yang jauh
  4. Proses pengiriman data dan informasi lebih aman dengan akurasi tinggi
  5. Organisasi dan pengolaan data informasi lebih efisien
  6. Penyebarluasan informasi lebih cepat

Contoh Komunikasi Data


Bermacam-macam komunikasi data dilakukan setiap harinya. Melibatkan berbagai contoh teknologi komunikasi data dan media telekomunikasi. Jika dulu hanya surat menyurat melalu faksimile, sekarang sudah bukan informasi baru lagi tentang kemajuan teknologi komunikasi suara. Contoh komunikasi suara seperti telepon.

Bahkan kemajuan komunikasi data telah diimplementasikan ke bentuk komunikasi. Sebut saja live streaming melalui videocall, yang bukan hanya bentuk komunikasi audio tapi juga video.

Apa saja jenis jenis dan contoh komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari? Berikut beberapa jawabannya!

1. Telepon Seluler


Telepon seluler adalah perangkat komunikasi elektronik yang menggunakan jaringan nirkabel. Ini adalah contoh komunikasi audio yang paling sering dilakukan. Namun seiring berkembangnya teknologi digital, dengan smartphone dan koneks internet kita sudah bisa melakukan berbagai bentuk komunikasi data bukan hanya sebatas audio.

Cara kerja telepon seluler dalam komunikasi data:

  1. Suara pengirim informasi diterima oleh telepon seluler melalui microphone.
  2. Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik agar dapat ditransmisikan melalui media transmisi.
  3. Sinyal akan disalurkan ke pusat telekomunikasi.
  4. Pusat telekomunikasi meneruskan sinyal ke penerima.
  5. Sinyal tersebut akan diolah kembali menjadi gelombang suara yang akan didengarkan di speaker.

2. Internet (Interconnected Network)


Internet adalah media komunikasi yang paling populer hari ini. Melalui jaringan internet, komputer dapat terhubung dengan jaringan komputer di seluruh dunia yang mencakup global satelit.

Internet menjadi sangat populer karena cakupannya yang luas dengan dukungan komunikasi yang maksimal, yaitu audio, gambar, dan video. Dan tak ketinggalan juga biayanya yang relatif murah dan terjangkau dengan sistem komunikasi yang sangat cepat.

3. Remote Control TV


Remote control tv termasuk teknologi komunikasi data yang menggunakan media transmisi nirkabel, yaitu infrared atau biasa dikenal dengan istilah infra merah. Kelebihan dari infrared adalah dapat mengirim informasi secara langsung dengan kecepatan sampai 4 mbps. Hanya saja, kekurangan dari media transmisi infrared adalah tidak bekerja jika terhalang oleh benda padat atau sulit digunakan di luar ruangan saat ada cahaya matahari.

4. ATM (Automated Teller Machine)


ATM dalam bahasa Indonesia adalah Anjungan tunai mandiri merupakan salah satu alat telekomunikasi elektronik yang bertugas melayani nasabah. Dengan mesin ATM, kita dapat melakukan transaksi perbankan tanpa perlu menuju ke bank.

5. Faksimili


Faksimili (Facsimile) adalah salah satu teknologi komunikasi data yang paling populer sebelum berkembangnya internet. Cara kerja faksimili adalah dengan memindai dokumen kemudian dikirimkan melalui jaringan telepon dan internet.

Namun seiring berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, termasuk Email (Electronic Mail) dan terlebih internet, faksimili sudah tidak sepopuler beberapa tahun silam.

6. Bluetooth


Teknologi komunikasi data untuk melakukan transfer informasi dan menerima informasi adalah bluetooth. Teknologi yang melekat pada laptop dan hp seluler ini menggunakan media transmisi nirkabel, yaitu gelombang elektronik.

Dengan bluetooth, transfer informasi dapat dilakukan antara hp dengan hp dan laptop dengan hp yang tentu saja kedua perangkat harus memiliki bluetooth. Kekurangan dari bluetooth adalah komunikasi data hanya dapat dilakukan dari jarak dekat.

Lihat juga Bahaya menggunakan VPN gratis dan cara aman menggunakan VPN

Itulah beberapa tujuan komunikasi data, jenis dan contoh komunikasi data dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!
  May 25, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close