Skip to main content

Topologi Ring: Pengertian, Gambar, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya

Setelah pada pertemuan sebelumnya kita membahas tentang Topologi Mesh, hari ini kita masuk ke jenis topologi lainnya, yaitu topologi Ring atau cincin. Apa saja kelebihan dan kekurangan topologi Ring akan dijelaskan pada artikel ini lengkap dengan gambar topologi Ring.

Dari segi desain jaringan, memang topologi Ring ini terlihat lebih sederhana. Namun perlu diketahui bahwa instalasi dan maintenance tidak sesederhana yang nampak. Bahkan instalasi topologi Ring lebih sulit jika dibandingkan dengan instalasi topologi jaringan Star.


Pengertian Topologi Ring


Apa itu topologi Ring? Pengertian topologi Ring adalah salah satu model jaringan komputer untuk menghubungkan komputer-komputer dalam suatu lokasi sama seperti topologi jaringan yang lainnya. Bedanya, topologi jenis ini tentu berbeda dari segi karakteristik dan kelebihan kekurangannya jika dibandingkan dengan topologi lainnya. Karena setiap topologi jaringan berbeda dan digunakan sesuai dengan kebutuhan akan jaringan.

Sesuai dengan namanya, skema topologi Ring dapat digambarkan seperti bentuk cincin di mana setiap node terhubung ke node sebelum dan sesudahnya.

Pada model jaringan Ring, proses menerima dan meneruskan sinyal data dibantu oleh token yang berisi informasi yang dikirim komputer sumber. Token akan membawa informasi tersebut dan mengecek setiap node yang dilaluinya. Jika belum mencapai tujuan maka informasi akan terus dibawa menelusuri node berikutnya sampai mencapai tujuannya.

Dengan cara kerja membentuk lingkaran seperti cincin, node-node dalam topologi Ring berfungsi sebagai repeater yang artinya saling bekerjasama untuk menjaga sirkulasi jaringan komputer tetap stabil.

Karena itulah, setiap node menyokong sinyal node berikutnya yang artinya semua memiliki peranan yang vital dalam menjaga stabilitas jaringan tetap berjalan.

Jika satu node mengalami masalah, maka node lainnya akan merasakan dampaknya. Untuk mengantisipasi kelemahan topologi Ring ini, digunakan jaringan FDDI, yaitu arah pengiriman data dilakukan secara bersamaan dalam satu waktu. Maksudnya pengiriman dilakukan langsung searah dan berlawanan jarum jam.

Untuk lebih memahami seputar topologi Ring, maka berikut gambar topologi Ring dan posisi setiap node dalam jaringan ini.

Topologi Ring: Pengertian, Gambar, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangannya
Gambar Topologi Ring

Dari gambar di atas, jelas bagaimana skema hubungan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dalam model topologi Ring.

Karakteristik Topologi Ring


Adapun karakteristik dan ciri-ciri jaringan yang dibangun dengan topologi Ring adalah sebagai berikut.
  1. Topologi Ring umumnya menggunakan kabel BNC sebagai media transmisinya. Itu artinya, kita tidak membutuhkan terminator karena kabel BNC tidak memiliki ujung.
  2. Sama halnya pada topologi jaringan Bus, pada topologi jaringan Ring, jika satu node bermasalah maka akan berakibat pada node lainnya.
  3. Semakin banyak komputer yang terhubung, semakin panjang proses alur data.

Cara Kerja Topologi Ring


Bagaimana proses dan cara kerja jaringan dalam topologi jaringan Ring?

Pada setiap titik topologi jaringan Ring, node yang satu atau titik yang satu disokong oleh sinyal dari perangkat sebelumnya. Karena itu, bisa dikatakan setiap node memiliki fungsi sebagai repeater untuk memperkuat sinyal.

Jadi, cara kerja dan instalasi topologi Ring cukup sederhana. Tidak banyak perangkat yang digunakan dan setiap komputer terhubung dengan komputer sebelum dan sesudahnya (2 node).

Pada proses penerimaan data dan pencarian tujuan dibantu oleh token yang berisi informasi dari komputer sumber. Dengan itu, data akan mengalir ke node-node yang dilaluinya untuk mencari tujuan pengiriman. Jika node yang dilewati bukan tujuan makan akan dilanjutkan ke node lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring


Setiap topologi jaringan tidak bisa dipungkiri bahwa memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu, diperluka analisis kebutuhan terhadap tujuan penggunaan jaringan untuk mendapatkan skema jaringan yang terbaik.

Kelebihan Topologi Ring


Berikut beberapa kelebihan topologi Ring jika digunakan untuk membangun jaringan LAN (Local Area Network) dalam sebuah perusahaan.
  1. Lebih mudah didesain dan diimplementasikan. Bahkan sebagian orang mengatakan bahwa tidak perlu menjadi ahli IT untuk membangun topologi jaringan Ring.
  2. Jika dibandingkan dengan topologi Bus, model jaringan pada topologi Ring jauh lebih tinggi performanya, sekalipun aliran data cukup tinggi.
  3. Konfigurasi point to point memudahkan pelacakan dan pengisolasian jika terjadi kesalahan dalam jaringan.
  4. Mudah dikonfigurasi dan instalasi perangkat baru.
  5. Tidak terjadi tabrakan pengiriman (collision), karena hanya satu node yang bisa mengirimkan data pada satu waktu.
  6. Lebih hemat kabel
  7. Hemat biaya karena instalasi topologi star tidak membutuhkan Hub, Switch dan Bridge.

Kekurangan Topologi Ring


Namun dibalik kelebihan tersebut, ada juga beberapa kekurangan topologi Ring yang menjadikannya bukan solusi yang baik untuk digunakan pada kebutuhan jaringan hari ini. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa kekurangan topologi jaringan Ring.
  1. Jika salah satu node mengalami gangguan maka akan mengakibatkan gangguan terhadap node lainnya. Tapi keuntungannya, kita bisa melakukan antisipasi dengan menggunakan topologi dual ring atau cincin ganda.
  2. Meskipun mudah dilakukan instalasi perangkat baru, namun hal ini akan mempengaruhi jaringan secara keseluruhan.
  3. Kinerja komunikasi sangat tergantung pada seberapa banya node dalam jaringan.
  4. Jika dibandingkan dengan topologi star, topologi ring ternyata lebih sulit untuk dikonfigurasi.
  5. Dibutuhkan perhatian khusus terhadap penangangan bandles.

Kapan Topologi Ring digunakan?


Fungsi topologi Ring lebih banyak diterapkan dalam perusahaan-perusahaan skala kecil atau rumahan. Nammun topologi Ring cukup jarang digunakan karena dianggap tidak efisien.

Mengapa?

Karena dalam topologi Ring hampir sama dengan topologi Bus. Semakin banyak komputer yang terhubung maka akan lama pengiriman dan satu komputer bermasalah akan berdampak pada kinerja komputer lainnya.

Sudah paham tentang pengertian dan cara kerja topologi Ring? Silahkan baca-baca ulang dan lihat lagi skema jaringan topologi Ring melalui gambar di atas.

Lihat juga Perbedaan sinyal digital dan sinyal analog dalam komunikasi data

Itulah sedikit materi tentang pengertian topologi Ring lengkap dengan gambar, ciri-ciri dan karakteristik serta kelebihan dan kekurangan topologi jaringan Ring. Semoga bermanfaat!
  May 27, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close