Skip to main content

Sinopsis Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata (LENGKAP)

Sinopsis Novel Sang Pemimpi - Lama baru baca novel karya Andrea Hirata lagi. Ya, baru kali ini saya ada kesempatan untuk membaca lanjutan kisah Laskar Pelangi, yaitu Sang Pemimpi. Bukan Andrea Hirata namanya kalau tidak mampu memberikan kejutan-kejutan dalam setiap novelnya. Tak terkecuali dengan novel Sang Pemimpi ini.

Sinopsis Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata (LENGKAP)
Sinopsis Novel Sang Pemimpi Karya Andrea Hirata (LENGKAP)

Hari ini saya akan berbagi sinopsis singkat dari novel Sang Pemimpi. Novel Sang Pemimpi adalah sekuel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi setelah sekuel pertama yang berjudul Laskar Pelangi dan dilanjutkan dengan Edensor dan Maryamah Karpov.

Review Novel Sang Pemimpi Singkat


Tidak salah jika novel Sang Pemimpi juga ikut menjadi salah satu novel terbaik dan terpopuler sepanjang sejarah pernovelan Indonesia mengikuti jejak Laskar Pelangi.

Tidak mau kalah dari Laskar Pelangi, Novel Sang Pemimpi juga sukses diangkat ke dalam film yang berjudul sama "Sang Pemimpi".

Berbeda dengan Laskar Pelangi yang lebih menonjolkan kehidupan masyarakat asli Melayu di Belitong dan dominasi perusahaan timah, di novel Sang Pemimpi ini lebih banyak membahas tentang perjuangan yang berat tokoh-tokohnya.

Ketiga tokoh utama tersebut adalah Ikal, Arai dan Jimbron. Tokoh-tokoh ini harus hidup dengan bekejar keras agar bisa bersekolah dan merealisasikan mimpi-mimpi mereka menginjakkan kaki di Sorbonne Prancis. Banyak tokoh-tokoh pendukung lainnya dengan perannya masing-masing yang tak kalah menghibur.

Bagi pelajar dan kamu yang memiliki mimpi yang terlalu tinggi dan dianggap mustahil oleh sebagian orang, maka novel Sang Pemimpi ini bisa menjadi motivasi agar terus bermimpi tanpa rasa takut.

Banyak kisah menarik dan menyentuh hati yang memberikan pelajaran tersendiri dalam novel Sang Pemimpi. Jika dibandingkan dengan novel Laskar Pelangi, Sang Pemimpi memang jauh lebih singkat tapi tetap menarik untuk diikuti.

So, pastikan kamu tidak melewatkan untuk membaca novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata yang satu ini.

Lihat juga Sinopsis Novel Dilan 1991: Dia Adalah Dilanku

Sinopsis Novel Sang Pemimpi


 Cover Novel Sang Pemimpi
Cover Novel Sang Pemimpi
Judul : Sang Pemimpi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Tahun terbit : Juli 2006
Jumlah halaman: 292 halaman
ISBN : 979-3062-92-4
Harga : Rp98.000,-

Oh ya, istilah bab dalam novel Sang Pemimpi adalah mozaik. Kamu akan paham arti dan pemilihan kata "mozaik" jika membaca novel ini.

Novel sang pemimpi full bab
  • Mozaik 1 What a Wonderful World
  • Mozaik 2 Simpai Keramat 
  • Mozaik 3 The Lone Ranger
  • Mozaik 4 Biola Nurmi
  • Mozaik 5 Tuhan Tau, tapi menunggu
  • Mozaik 6 Aku Hanya Ingin Membuatnya Tersenyum
  • Mozaik 7 Afganistan
  • Mozaik 8 Baju Safari Ayahku
  • Mozaik 9 Bioskop
  • Mozaik 10 Action!
  • Mozaik 11 Spiderman
  • Mozaik 12 Sungai Lenggang
  • Mozaik 13 Pangeran Mustika Raja Brana
  • Mozaik 14 When I Fall in Love
  • Mozaik 15 Ekstrapolasi Kurva yang Menanjak
  • Mozaik 16 Ciputat
  • Mozaik 17 Wewenang Ilmiah
  • Mozaik 18 Episiklus
Novel ini menceritakan tentang kisah tiga sahabat rasa saudara, orang Melayu yang duduk dibangku SMA Negeri Bukan Main di Belitong. Ketiga orang tersebut adalah Ikal, Arai dan Jimbron.

Ikal adalah tokoh aku dalam novel Sang Pemimpi, anggota dari Laskar Pelangi dalam sekuel sebelumnya. Sementara Arai adalah sepupu Ikal, yang digelari "Simpai Keramat" karena keadaannya yang yatim piatu setelah ditinggal meninggal ayah dan ibunya.

Arai kemudian diasuh dan tinggal bersama keluarga Ikal. Sementara nasib Jimbron tidak kalah menyedihkan dari nasib Arai. Jimbron juga anak yatim piatu yang dirawat seorang pendeta. Meskipun demikian, pendeta Geovanny, yang mengangkat Jimbron sebagai anak tidak pernah memaksa Jimbron untuk mengikuti keyakinannya.

Cerita dimulai dalam situasi yang menegangkan ketika Ikal, Arai dan Jimbron terperangkap dan bersembunyi dari kejaran Pak Mustar.

Pak Mustar adalah wakil kepala sekolah SMA Negeri Bukan Main sekaligus tokoh penting berdirinya SMA Negeri Bukan Main. Namun sayang, pengaruhnya sebagai tokoh penting tak ayal membuat anaknya bisa masuk ke Sekolah Negeri Bukan Main.

NEM anak Pak Mustar yang tidak mencapai standar membuat anaknya tidak bisa bersekolah di SMA Negeri Bukan Main.

Sejak saat itulah, Pak Mustar berubah menjadi guru yang ditakuti dan kerap memberikan hukuman-hukuman keras kepada pelanggar aturan. Buruknya Ikal, Arai dan Jimbron adalah target utama Pak Mustar karena kerap melakukan kesalahan.

Ikal dan Arai termasuk anak yang cerdas dan selalu menempati garda terdepan di SMA Negeri Bukan Main. Berbeda dengan Jimbron yang hanya menempati peringkat 78 dari 160 siswa.

Namun bukan soal intelegensi akademik yang membuat anak-anak ini istimewa tapi karena tekad dan kerja keras pantang menyerah yang mereka miliki.

Ikal dan Arai memiliki mimpi yang besar untuk melanjutkan pendidikan ke Sorbonne Prancis. Untuk merealisasikan mimpi tersebut menjadi kenyataan, mereka harus bekerja sebagai kuli ngambat. Pekerjaan yang paling rendah dan mengharuskan kerja keras mulai dari pukul 02.00 pagi sampai jam 07.00 pagi.

Setelah selesai bekerja, mereka akan melanjutkan sekolah di SMA Negeri Bukan Main. Banyak cerita seru dan menarik selanjutnya yang tersaji dalam novel Sang Pemimpi.

Jimbron yang suka kuda dan hanya memiliki topik pembicaraan tentang kuda, Arai yang penuh dengan kejutan dan yang tak kalah menarik adalah ketika ketiganya tertangkap basah menonton film bioskop sementara anak SMA dilarang keras masuk ke bioskop.

Pak Mustar yang mendapati mereka memberikan hukuman luar biasa dahsyatnya. Selain membersihkan WC yang kotor juga diperintahkan untuk berakting di depan sekolah persis seperti film yang mereka tonton.

Cerita lain yang menarik adalah kedatangan kuda pesanan Capo dari Australia. Tentu berita ini menjadi berita hangat bagi masyarakat Melayu yang sama sekali asing dengan kuda. Tak terkecuali oleh Jimbron yang fans berat dengan kuda.

Setelah kedatangan kuda tersebut, Jimbron menjadi sering diam dan putus semangat karena tidak melihat kuda itu lagi yang sedang dipelihara di peternakan yang jauh dari lokasi mereka.

Tak mau melihat temannya sedih, Arai diam-diam bekerja pada Capo hanya dengan tujuan agar kuda tersebut dapat ditunggangi oleh Jimbron. Pengorbanan Arai selama dua bulan bekerja untuk Capo berbuah manis setelah Arai membawa kuda tersebut kepada Jimbron.

Pada bab selanjutnya, Ikal yang selalu dibantu Arai mencoba memberikan yang terbaik untuk Arai. Arai suka dengan gadis bernama Nurmala, sang peringkat satu di SMA Negeri Bukan Main.

Untuk memperjuangkan cintanya, Arai rela belajar gitar selama berbulan-bulan. Untuk melancarkan aksinya, Ikal dan Arai menemui Bang Zaitun, seorang seniman musik yang pandai dalam hal asmara.

Setelah berguru beberapa bulan, Arai akhirnya bisa bermain gitar dan mengunjungi rumah Nurmala untuk mempersembahkan lagu terbaiknya di hari ulang tahun Nurmala. Namun sayang, Nurmala dengan sikap dingin sama sekali tidak menggubris Arai.

....

Menjelang akhir-akhir semester, Ikal menjadi pesimis dengan mimpinya. Ia merasa bahwa mimpi yang selama ini mereka kejar adalah ilusi yang tidak akan pernah terwujud. Karena putus semangat, Ikal merosot dan jatuh ke peringkat.

Namun setelah diyakinkan Arai, Ikal kembali bersemangat dan berjuang kembali untuk mengejar cita-cita mereka untuk melanjutkan pendidikan di Sorbonne Prancis.

Singkat cerita, mereka lulus SMA. Ikal dan Arai sepakat untuk merantau ke Jakarta. Sementara Jimbron tinggal di Belitong dan bekerja pada Capo di peternakan kuda.

Kisah haru kembali muncul ketika dua celengan kuda yang selama ini diisi oleh Jimbron hasil kerja kerasnya ternyata bukan untuk dirinya sendiri. Tapi untuk kedua sahabatnya melanjutkan pendidikan ke Jawa.

Beberapa hari di kapal pengangkut ternak akhirnya meraka sampai ke Tanjung Priok. Tujuan awal mereka adalah Ciputat sesuai dengan perintah nahkoda kapal karena dianggap cukup bersahabat untuk orang baru yang tinggal di Jakarta.

Namun nasib membawa mereka ke Bogor karena tertidur di bis selama perjanalan. Berbulan-bulan menganggur dan bertahan hidup, Ikal akhirnnya mendapat pekerjaan sebagai tukang sortir di POS. Sementara Arai yang tidak diterima memutuskan untuk merantau ke Kalimantan.

Ikal akhirnya mendapat kesempatan untuk kuliah setelah bekerja sebagai tukang sortir surat POS. Ia kuliah di kampus ekonomi UI. Selama beberapa tahun, Ikal tidak mengetahui kabar keberadaan Arai namun pernah mendapat surat dari Arai. Arai sengaja tidak memberitahukan lokasinya kepada Ikal.

Seperti itulah sifat Arai yang tidak mudah ditebak dan selalu datang dengan kejutan.

Selang beberapa waktu lamanya, Ikal berhasil memperoleh gelar S1 dan mencoba mendaftar beasiswa ke Eropa. Proposal Ikal tentang "transfer pricing" dalam ekonomi mikro membuat kagum profesor pengujinya.

Ikal berhasil menyingkirkan ribuan peserta pendaftar beasiswa lainnya hingga masuk babak 15 besar. Hal-hal yang tak terduga akhirnya tiba. Setelah sekian lama tidak bertemu dengan sahabat masa kecilnya, Ikal akhirnya bertemu dengan Arai dalam ajang perebutan beasiswa tersebut.

Sejak awal, Arai sudah melihat Ikal namun memutuskan untuk menemuinya pada saat yang ditentukannya. Bagi Ikal, bukan hal yang sulit bagi Arai untuk mengetahui beasiswa seperti ini. Selama ini Arai kuliah di Universitas Mulawarman mengambil jurusan Biologi.

Untuk pertama kalinya, Arai dan Ikal pulang kampung ke Belitong. Bukan pulang dengan tangan kosong tapi pulang setelah menjawab tantangan dari orang-orang terhebatnya, "pulang setelah memperoleh gelar sarjana".

Di Belitong lah mereka akan menerima pengumuman lulus tidaknya mereka dan mendapatkan beasiswa ke  Eropa. Pak Pos akhirnya datang membawa kabar tentang kepastian mimpi yang selama ini telah dikejar.

Keduanya lulus, baik Arai dan Ikal, diterima di universitas yang sama, Universite de Paris, Sorbonne, Prancis.

Ini adalah akhir dari novel Sang Pemimpi namun kisahnya yang sesungguhnya baru dimulai dalam lanjutan sekuel Laskar Pelangi yang ketiga "Edensor".

Baca juga Sinopsis novel 5 cm per bab lengkap karya Donny Dhirgantoro

Novel Sang Pemimpi dan Unsur Intrinsiknya


Adapun unsur intrinsik novel Sang Pemimpi bisa di analisis dan lihat seperti di bawah ini!

Tema


Novel ini bercerita tentang persahabatan, kepercayaan, perjuangan dan kerja keras untuk mewujudkan mimpi. Secara khusus menceritakan tentang perjuangan keras bekerja dan membiayai pendidikan untuk mimpi-mimpi yang besar.

Latar Tempat


Novel Sang Pemimpi berlatar di Pulau Magai, rumah Ikal, pasar ikan, SMA Bukan Main, Bioskop, Terminal Bogor, Kalimantan, dan lain-lain.

Latar Waktu


Dalam novel ini memiliki latar waktu pagi, siang, sore, malam hari.

Latar Suasana


Novel Sang Pemimpi sangat hebat dalam mengaduk-ngaduk emosi pembaca dengan suasana sedih, terharu, semangat yang membara, lucu, menegangkan, gembira, hampa dan lain-lain.


Penokohan (Watak tokoh)


1. Ikal a.k.a "tokoh "aku"


Baik hati, simpati dan empati. Pekerja keras dan menyukai Bang Rhoma. Memiliki mimpi yang besar dan bisa mengendalikan diri dengan baik. Pandai bersosialisasi.

2. Arai


"Simpai Keramat" karena hanya memiliki satu anggota keluarga, yaitu ayahnya. Namun setelah ayahnya meninggal, Arai diasuh oleh keluarga Ikal. Sifat Arai rajin, peduli, suka menolong, jenius, tidak mudah menyerah dan memiliki mimpi yang besar. Suka memberi kejutan dan bekerja tanpa banyak bicara.

3. Jimbron


Anak yatim piatu yang diasuh oleh Pendeta Geovanny yang berbeda agama. Namun Pendeta Geovanny tetap mendukung Jimbron untuk taat pada agamanya. Jimbron adalah seorang yang gagap. Ia memiliki hati yang polos dan perhatian. Kegemarannya pada kuda membuatnya selalu bercerita tentang kuda.

4. Ayah Ikal, pekerja PN Timah,


Memiliki karakter yang lembut dan pendiam. Penuh kasih sayang dan sabar. Ia percaya kepada Ikal dan Arai bahwa kedua anak muda tersebut adalah pahlawan bagi keluarga mereka.

5. Mustar M. Djai'din BA.


Pak Mustar adalah pendiri sekaligus wakil kepala sekolah SMA Negeri Bukan Main. Mendidik dengan keras dan disegani oleh siswa penduduk SMA Negeri Bukan Main.

6. Drs. Julian Ichsan Balla


Pak Balia adalah Kepala Sekolah SMA Negeri Bukan Main yang bijaksana, smart, dan baik hati.

7. Pendeta Geovanny


Seorang Pastor  yang mengangkat Jimbron sebagai anak asuhnya namun tidak pernah memaksakan Jimbron untuk mengikuti keyakinannya.

8. Zakiah Nurmala


Gadis pujaan Arai dan karatan di posisi nomor 1 di SMA Negeri Bukan Main. Namun sayang, Nurmala tidak mempedulikan Arai setidaknya sampai tamat SMA. Ketika bertemu dengan Ikal, Nurmala menanyakan kabar Arai.

9. Laksmi


Pujaan Gimbron yang setelah menjadi yatim piatu selalu hidup dalam kemurungan dan tidak tersenyum. Jimbron berhasil mengembalikan senyum Laksmi setelah berhasil melakukan antraksi kudanya.

10. Lam Nyet Pho


Ketua preman pasar ikan yang memiliki ratusan anak buah. Pandai berbisnis dan tidak banyak teori.

11. Bang Zaitun


Bang Zaitun adalah seorang seniman musik pemimpin sebuah kolompok grup musik. Kepandaiannya dalam bermain gitar dan suara emas, membuatnya menjadi ahli dalam urusan asmara. Terbukti sudah 4 kali menikah dan akan segera menikah lagi. Saat berbicara suka hihihi untuk memamerkan gigi emasnya.

12. Mak Cik Maryamah


Wanita yang memiliki beberapa anak dan suaminya tidak peduli dengan keadaan ekonomi keluarga yang sulit. Suatu hari, Mak Cik Maryamah pergi ke rumah Ikal untuk membeli beras dengan biola Nurmi. Namun mereka mendapatkan beras dari ibu Ikal tanpa perlu membayar.

Arai yang prihatin memecahkan celengannya untuk digunakan sebagai bahan pembuat kue oleh Mak Cik Maryamah untuk dijual.

13. Nurmi


Putri dari Mak Cik Maryamah, seorang pemain biola.

Dan tokoh-tokoh lainnya seperti:

14. Haji Marhaban Hamim bin Muktamar Aminudin a.k.a Taikong Hamim
15. Seman Said Harud
16. A Kiun, pekerja loket karcis bioskop
17. Pak Cik Basman, tukang sobek karcis bioskop
18. A Siong, Pemilik toko kelontong, tempat Ikal dan Arai berselisih tentang penggunaan uang tabungan yang mengakibatkan hujan salju dalam toko.
19. Deborah Wong, Istri A Siong, perempuan asal Hongkong yang tambun dan berkulit putih
20. Mei Mei, putri kecil dari A Siong dan Deborah Wong
21. Bang Rokib : kernet bis kota yang mengantar Ikal dan Arai ke Ciputat, ketika Ikal dan Arai sedang merantau ke Jawa.

Lihat juga Sinopsis Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuady

Alur/Plot


Novel Sang Pemimpi menggunakan alur campuran, di mana penulis kadang mengisahkan peristiwa masa kecil mereka setelah dewasa atau pun menceritakan kisah perjalanan mereka dalam novel secara runtut dan teratur.

Sudut Pandang


Novel Sang Pemimpi menggunakan sudut pandang orang pertama, yaitu aku sebagai Ikal.

Gaya Penulis


Sebagai penulis novel best seller di Indonesia, karya Andrea Hirata memang selalu menarik. Hal ini tentu saja karena Hirata mampu menarik pembaca ke dalam kisahnya.

Dari segi gaya bahasa yang sederhana dan penuh makna, pembaca bisa menikmati novel Sang Pemimpi ini. Jika dibandingkan dengan novel sebelumnya, gaya bahasa Sang Pemimpi lebih sederhana dan tidak kalah menghibur.

Cara penulis menggambarkan tokoh dan tempat tidak sedetail yang di Laskar Pelangi tapi memang tidak kalah lengkap.

Amanat


Analisis amanat novel Sang Pemimpi:

  1. Hidup untuk bermanfaat bagi orang lain. Bisa dilihat bagaimana Arai selalu memperhatikan Ikal seperti kancing baju yang tiba-tiba lengkap, sepatu yang menganga tertutup atau pun ketika Arai prihatin dengan Mak Cik Maryamah dan memecahkan celengan. Bisa juga dilihat ketika Jimbron menyerahkan celengan kudanya sebagai bekal untuk Arai dan Jimbron.
  2. Jangan takut bermimpi. Bisa dilihat bagaimana Ikal dan Arai memiliki mimpi yang mereka sendiri awalnya tidak tahu jalan untuk mewujudkannya. 
  3. Bekerja keras untuk merealisasikan mimpi. Bekerja mulai jam 02.00 pagi sampai jam 07.00 pagi dilanjutkan dengan sekolah.
  4. Optimis dan pantang menyerah. Ketika Ikal menyerah dan menganggap mimpi mereka tidak mungkin. Namun Arai memberikan kata-kata bijak "Tanpa mimpi, orang seperti kita akan mati".

Unsur Ekstrinsik Novel Sang Pemimpi


Seperti umumnya novel, Sang Pemimpi juga memiliki nilai-nilai moral dalam kehidupan. Meskipun secara khusus membahas perjuangan mewujudkan mimpi dan lika-liku dunia pendidikan, novel Sang Pemimpi tetap bisa menunjukkan sisi-sisi dari nilai sosial, adat istiadat, dan agama. 

Dan yang tidak kalah penting adalah semangat untuk mewujudkan mimpi dalam kesetiakawanan untuk bahu membahu mewujudkan mimpi. Bagaimana seseorang yang memiliki mimpi tidak ambisius dan egois dalam meraih mimpi yang telah diukirkan.

Latar belakang penulis membuat novel Sang Pemimpi dengan jumlah halaman 292 ini terasa sangat singkat. Kecerdasan dan luasnya pengetahuan Andrea Hirata bisa menggambarkan dan memberikan informasi penting tentang kehidupan.

Jika sinopsis Sang Pemimpi terlalu panjang, kamu bisa baca di Ringkasan Novel Sang Pemimpi Perb Bab 1-18 Lengap - Full Bab

Kelebihan Novel Sang Pemimpi


Banyak kelebihan dalam novel Sang Pemimpi yang tidak akan habis untuk dituliskan di satu artikel ini.
  1. Gaya penulis yang sederhana membuat pembaca lebih mudah berimajinasi
  2. Setiap tokoh utama dan tokoh pembantu sama-sama memiliki peran yang cukup sentral untuk melengkapi karakter dari tokoh utama sendiri.
  3. Kehebatan penulis dalam menggunakan diksi dan cara berkomunikasi menandakan literasi novel Sang Pemimpi sangat baik untuk semua kalangan pembaca.
  4. Bisa memacu semangat pembaca untuk terus bermimpi tanpa rasa takut.
  5. Banyak informasi penting novel Sang Pemimpi. Seperti bagaimana seseorang bisa menghargai setiap pekerjaan.

Kelemahan Novel Sang Pemimpi


Novel kedua dari tetralogi Laskar Pelangi ini bisa dikatakan hampir sempurna. Tidak banyak kekurangan yang bisa ditemukan.
  1. Jika dibandingkan dengan novel Laskar Pelangi, novel Sang Pemimpi tetap membawa pembaca larut ke dalam cerita. Namun tidak selarut dalam novel Laskar Pelangi.
  2. Seperti judul bab dalam novel ini yang disebut "Mozaik", banyak hal yang kadang membuat bingung pembaca di awal bab karena berupa potongan-potongan kisah. Namun setelah dibaca, semuanya kembali diceritakan secara detail dan runtut sambungan dari awal.
  3. Banyak waktu yang sengaja dikaburkan dan terlalu singkat. Seperti ketika Ikal dan Arai tidak saling bertemu waktunya sangat cepat sampai mereka bertemu kembali dalam perebutan beasiswa.
  4. Tidak banyak konflik dalam novel Sang Pemimpi. Bisa dikatakan hanya ketika Ikal tidak memiliki semangat untuk mewujudkan mimpinya.

Kesimpulan Novel Sang Pemimpi


Ringkasan Novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata per bab nanti akan saya tulis jika ada waktu. Sebagai salah satu novel best seller di Indonesia, Sang Pemimpi bisa dikatakan wajib dibaca terlebih untuk mereka yang sudah membaca sekuel pertama yang berjudul Laskar Pelangi.

Cerita yang diawali dengan terperangkapnya Ikal, Arai dan Jimbron dari kejaran Pak Mustar sangat mengesankan. Di sinilah bisa dilihat kecerdasan penulis dalam bercerita.

Menggunakan sudut pandang orang pertama, novel Sang Pemimpi menggunakan gaya bahasa yang santai dan sederhana. Jalan cerita yang menggunakan alur campuran diceritakan dengan sangat baik sehingga pembaca bisa menikmati setiap penggalan kalimat yang diucapkan oleh tokoh-tokoh novel Sang Pemimpi.

Orientasi novel Sang Pemimpi lebih terarah ke kerasnya kehidupan untuk mewujudkan mimpi yang besar melalui dunia pendidikan.

Tidak banyak konflik yang menegangkan dalam novel Sang Pemimpi. Satu-satunya konflik novel Sang Pemimpi ketika Ikal terdepak dari garda terdepan SMA Negeri Bukan Main karena mimpinya untuk melanjutkan pendidikan seakan mustahil.

Lihat juga Resensi novel Dilan 3: Suara Hati Dilan Karya Pidi Baiq

Demikianlah review singkat dan sinopsis novel Sang Pemimpi. Sampa jumpa di sinopsis Edensor dan Maryamah Karpov. Semoga bermanfaat dan mari wujudkan mimpi!

Referensi: Wikipedia.com, Bukubiruku.com
  May 09, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close