Skip to main content

7 Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya Agar Tidak Botak

Penyebab rambut rontok - Apakah Anda merasa khawatir dengan rambut rontok? Tentu saja, rambut rontok adalah salah satu dari sekian banyaknya masalah kesehatan dan kecantikan. Jika rambut rontok terus-menerus terjadi maka tidak menutup kemungkinan akan membuat penderitanya menjadi botak.

7 Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya Agar Tidak Botak
7 Penyebab Rambut Rontok Dan Cara Mengatasinya Agar Tidak Botak

Tak mau sampai hal itu terjadi, kamu harus tahu penyebab rambut rontok terlebih dahulu kemudian memutuskan untuk mencari tahu cara mengatasinya. Namun sebelumnya, kamu lihat juga dulu fakta-fakta seputar rambut rontok yang jarang diketahui.

Fakta-fakta rambut rontok


Tak peduli pada pria dan wanita, anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua, rambut rontok adalah salah satu hal bisa dikatakan tidak mungkin untuk dicegah setiap harinya. Saat ini saya sudah berusia 20 tahun dan hampir di mana-mana di lantai kamar saya berserakan rambut rontok.

Tak kurang dari 100 helai rambut rontok per harinya. Namun ternyata, angka kerontokan rambut tersebut masih dalam tahap normal. Hal ini disebabkan karena dalam waktu bersamaan juga tumbuh rambut-rambut baru yang akan menggantikan rambut rontok.

Namun jika lebih dari itu, maka kerontokan rambut bisa disebabkan karena beberapa faktor. Selaha satunya yang menghawatirkan adalah telogen effluvium yang terjadi pada seluruh bagian kepala. Meskipun hal ini lebih jarang jika dibandingkan dengan kebotakan berpola yang sering identik dengan orang jenius dan berpendidikan tinggi.

Namun saat ini, rambut rontok juga dialami oleh pria dan wanita usia 20 tahun. Tentu ini cukup merisaukan terlebih dikatakan bahwa rambut adalah mahkota.

Lihat juga Cara menghilangkan kantung mata dengan cepat dan alami

Penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya agar tidak botak


Untuk itu, mari kita simak peyebab rambut rontok dan cara mengatasinya agar tidak botak.

1. Stress penyebab rambut rontok 


Di era milenials hari ini, stress sudah menjadi makanan sehari-hari yang tidak terhindarkan. Terlebih mereka yang sibuk dengan pekerjaan terutama di kota-kota besar yang gerah dan padat.

Stress adalah salah satu penyebab rambut rontok yang paling umum terjadi bahkan sering juga dialami oleh pria usia 20-an.

Cara mengatasi rambut rontok akibat stess dengan mempelajari penyebab stress dan menghindarinya. Contoh sederhananya adalah bekerja tepat waktu dan istirahat yang cukup setiap harinya agar stress bisa berkurang.

2. Rambut rontok karena faktor genetika


"Buah jatuh tak jauh dari pohonnya."

Kalau kata-kata tersebut biasa diungkapkan untuk menunjuk kepada sifat, namun hari ini kita akan menunjuk kepada faktor keturunan. Rambut rontok karena faktor genetika juga biasa terjadi.

Mereka yang memiliki riyawat rambut rontok besar kemungkinan akan mewarisi sifat-sifat orang tuanya.

Rambut yang mengalami kerontokan parah dan terus-menerus bisa dicegah dengan cara menggunakan obat rambut rontok. Tapi pastikan untuk selalu konsultasi ke dokter karena jawaban di internet masih kalah dari pakar yang memang expert di bidangnya.

3. Mengomsumsi obat-obatan tertentu


Rambut rontok juga bisa terjadi karena sedang menjalani perawatan medis. Misalnya sedang dalam proses kemoterapi atau lainnya.

Selain itu, mengomsumsi suplemen-suplemen tertentu seperti vitamin A, pil KB dan lain-lain yang berlebih dapat menyebabkan rambut rontok.

Jika rambut rontok disebabkan oleh kelebihan asupan vitamin A, maka cara mengatasinya dengan mengurangi komsumsi makanan penyebab rambut rontok yang banyak mengandung vitamin A.

4. Rambut rontok karena Anemia


anemia adalah penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya sel darah merah dalam tubuh atau biasa juga disebut hemoglobin. Kekurangan sel darah merah juga berakibat pada berkurangnya zat besi yang menyebabkan rambut rontok.

Jika rambut rontok disebabkan oleh kekurangan zat besi dalam tubuh maka mengomsumsi makanan sehat yang mengandung zat besi seperti daging, kacang mede, sayuran hijau dan buah-buahan yang mengandung zat besi adalah cara terbaik untuk mengatasi rambut rontok.

5. Kulit kepala tidak sehat dan berketombe


Berapa kali Anda keramas setiap harinya? Ketombe, gatal, rambut rontok adalah ciri-ciri kulit kepala yang tidak sehat. Bisa jadi karena kurang perawatan dan kebersihan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe dengan menggunakan shampo rambut rontok yang sudah banyak beredar di Indonesia yang memang terbukti memiliki kualitas yang bagus.

Berhati-hatilah dalam memilih produk kecantikan yang dan kulit kepala Anda agar tidak terjadi hal-hal yang malah memperparah masalah. Termasuk produk kesehatan kulit kepala yang digunakan untuk mengatasi rambut rombot.

6. Menggunakan topi di dalam ruangan


Menggunakan topi di dalam ruangan terlebih saat temperatur sedang panas di siang hari dapat menyebabkan rambut botak. Hal ini terlihat sepeleh namun dapat membuat kepala lebih cepat botak.

Untuk mengatasi rambut rontok penyebab botak seperti ini bisa dilakukan dengan cara menghindari menggunakan topi ketika tidak lagi beraktifitas dan sedang berada dalam ruangan.

7. Perawatan rambut yang salah


Penyebab rambut rontok yang terakhir adalah perawatan rambut yang salah. Ternyata tidak sedikit yang mengalami masalah pada kulit kepala dan rambut karena salah dalam mengaplikasikan produk kecantikan dan kesehatan rambut.

Misalnya terlalu sering menggunakan hairdryer, sering menggunakan pewarna rambut dan lain-lain. Bahkan tidak sedikti produk pewarna rambut yang jika terus-menerus digunakan terlebih pada masa anak-anak bisa berdampak besar pada masalah rambut rontok ketika dewasa.

Karena itu, selalu pastikan perawatan rambut Anda selalu tepat. Seperti menggunakan shampo untuk rambut rontok parah. Namun sebelum memulai perawatan, ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi dan solusi dari masalah Anda.

Bagaimana? Apakah Anda memiliki rambut rontok yang parah? Sebaiknya langsung konsultasi ke dokter terdekat agar perawatan tidak salah dan lebih cepat dalam mengatasi rambut rontok.

Jika kepala terlanjur botak, terlebih botak berpola, kamu bisa menggunakan obat penumbuh rambut. Untuk rekomendasi obat penumbuh rambut dan cara menggunakannya, sebaiknya kunjungi pakar yang memang dapat mengarahkan kamu dengan baik untuk mencegah sistem pakar.

Lihat juga 4 Cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dan cepat

Demikianlah artikel kesehatan tentang penyebab rambut rontok dan cara mengatasinya agar tidak botak berpola. Semoga bermanfaat!

  May 23, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close