Skip to main content

Pengertian Berpikir Kritis Adalah Metode Menganalisa Informasi

Apa itu Berpikir Kritis?


Pengertian Berpikir Kritis Adalah Metode Menganalisa Informasi
Pengertian Berpikir Kritis Adalah Metode Menganalisa Informasi

Berpikir kritis adalah suatu cara dan metode berpikir yang tidak langsung percaya kepada suatu informasi tanpa melakukan analisa yang tajam. Beberapa orang juga menganggap kalau berpikir kritis adalah suatu usaha untuk selalu berusaha untuk menemukan kesalahan atau kekeliruan.

Berpikir kritis tidaklah sama dengan berpikir kreatif. Meskipun berpikir kritis tetap harus menyertakan unsur-unsur kreatifitas asumsi namun tidak meninggalkan relevansi dan kebenaran suatu informasi.

Pengertian berpikir kritis menurut para ahli


Ada banyak pengertian berpikir kritis yang pernah dikemukanan oleh beberapa ahli dalam beberapa buku. Tapi salah satu pendapat yang menurut saya paling bagus untuk menggambarkan tentang berpikir kritis adalah pendapat dari Beyer (1985).

Definisi berpikir kritis menurut Beyer (1985) : Berpikir kritis adalah kemampuan untuk:

  1. Menentukan kredibilitas suatu sumber,
  2. Membedakan antara yang relevan dari yang tidak relevan, 
  3. Membedakan fakta dari penilaian, 
  4. Mengidentifikasi dan mengevaluasi asumsi yang tidak terucapkan, 
  5. Mengidentifikasi bias yang ada, 
  6. Mengidentifikasi sudut pandang, 
  7. Mngevaluasi bukti yang ditawarkan untuk mendukung pengakuan.

Mengapa berpikir kritis itu penting?


Ada begitu banyak manfaat berpikir kritis dalam kehidupan sehari-hari. Tidak peduli dalam bidang keperawatan, bidang politik, ekonomi, sosial, pendidikan sampai berbagai macam profesi, organisasi, termasuk pelajar dan mahasiswa, berpikir kritis dan kreatif itu sangat penting.

Beberapa alasan utama pentingnya berpikir kritis adalah sebagai berikut.

  1. Menemukan peluang baru 
  2. Peluang baru dapat ditemukan dari pengalaman dan pengetahuan. Namun tanpa metode berpikir kritis, pengalaman tersebut bisa berlalu dan terkubur begitu saja.
  3. Tidak mudah tertipu
  4. Terlalu banyak tawaran dalam kehidupan manusia, termasuk Anda dan saya. Banyaknya informasi yang beredar setiap harinya, ada yang bermanfaat dan ada juga yang tidak bermanfaat. Bahkan sebagian orang melihat peluang baru dari mudahnya informasi disebar untuk menipu. Tanpa kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menyaring (filter) informasi maka bisa dipastikan banyak orang yang akan tertipu.
  5. Lebih jujur
  6. Jika Anda mulai berani berpikir kritis maka Anda harus mulia jujur dan open minded. Seseorang yang berpikir kritis harus mampu mengalahkan sikap keegoisannya dan belajar untuk melihat dari sudut pandang orang lain.

Bagaimana cara melatih diri supaya berpikir kritis?


Mengembangkan kemampuan berpikir kritis sebenarnya mudah. Namun kadang kita tidak sadar dan kurang peka menyadari kalau kita sedang berusaha untuk berpikir kritis.

Tahukah Anda bahwa ketika anda mencari apa itu berpikir kritis maka Anda sudah mulai berpikir kritis? Namun jangan puas dulu. Itu masih pada tahap awal berpikir kritis.

Cara mengembangkan kemampuan berpikir kritis:

  1. Mulai dengan bertanya
  2. Seorang ahli dalam metode berpikirnya selalu mengguanakan pertanyaan. Umumnya para peneliti dalam melalukan riset selalu membangkitkan pertanyaan dengan metode 5W + 1H. Apa, siapa, mengapa, dan lain-lain adalah pertanyaan-pertanyaan yang bisa dikembangkan untuk belajar berpikir kritis.
  3. Fokus pada masalah
  4. Berpikir kritis harus fokus pada masalah utama dengan mempertimbangkan relevansi dari setiap asumsi yang dibangkitkan. Memperbanyak asumsi kemudian menyaring asumsi yang benar-benar relevan untuk dikembangkan.
  5. Menemukan informasi sebanyak mungkin
  6. Dalam berpikir kritis, informasi adalah nyawa agar seseorang bisa berargumen. Tanpa informasi yang valid dan kredibel maka pendapat seseorang mudah dipatahkan. So, jangan pikir bisa berpikir kritis hanya dengan asumsi-asumsi yang tak terbuktikan. Banyak informasi berharga yang bisa didapatkan dari membaca buku dan berinteraksi dengan lingkungan.
  7. Melihat dari sudut pandang yang berbeda
  8. Dengan berpikir kritis, kita akan belajar melihat dari berbagai sudut pandang. Dengan demikian, kita bisa menyamakan persepsi kemudian menganalisa setiap sudut permasalahan secara rasional.

Contoh metode berpikir kritis 


Seseorang yang mengembangkan metode berpikir kritis pasti akan selalu menggunakan pola pikir proaktif. Mempertimbangkan dan menganalisa setiap kasus dan kejadian. Contoh berpikir kritis yang harus dikembangkan saat ini adalah analisis informasi.

Ketika seseorang tidak serta merta menerima suatu kebijakan, maka itulah salah satu contoh berpikir kritis. Di era media sosial hari ini, banyak orang yang langsung share informasi tanpa mempertimbangkan kredibilitas sumber informasi.

Contoh berpikir kritis sederhana sehari-hari seperti tidak langsung percaya kepada suatu berita tanpa menelusuri sumber harus diselalu ditekankan agar tidak semakin banyak orang yang menjadi korban informasi hoax.

Mau tahu ciri-ciri orang yang berpikir kritis di era generasi milenials hari ini? Yaitu mereka yang bijak menggunakan sosial media karena dari situ terpancar seluruh kepribadian seseorang.

Banyak yang merasa telah berpikir kritis tapi tidak mempertimbangkan kredibilitas informasi-informasi di media sosial. Kritis tidak hanya kreatif. Tapi juga disertai bukti-bukti agar dapat argumentasi.

Banyak orang yang berpikir kritis dengan berdebat di media sosial. Namun tidak menemukan titik terang karena tidak menyamakan persepsi terlebih dahulu.

Karena itu, dalam metode berpikir kritis diperlukan suatu upaya untuk melihat dari sudut pandang orang lain agar bisa mengerti dan memahmi cara berpikir seseorang.

Tentu suatu metode berpikir kritis selalu memiliki landasan yang bisa diuji kevalidannya. Baik dari segi sumber informasi maupun informasi itu sendiri. Jangan sekali-kali membangkitkan asumsi dan mencoba beragumentasi tanpa bukti yang valid.

Lihat juga Analisis SWOT

Sampai di sini saja dulu tentang arti dan definisi pengertian berpikir kritis adalah metode menganalisa informasi. Pembahasannya masih melebar namun kedepannya, kita akan belajar mengembangkan metode berpikir kritis dalam kehidupan. Karena berpikir kritis itu keren!

  May 13, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close