Skip to main content

Metode Komunikasi Data Simplex, Half Duplex dan Full Duplex

Metode Komunikasi Data Simplex, Half Duplex, dan Full Duplex - Bagi yang sudah pernah belajar jaringan komputer dan komunikasi data, istilah simplex, half duplex dan full duplex bukan lagi istilah yang asing.

Jenis-jenis metode komunikasi tersebut lebih populer juga disebut dengan metode komunikasi satu arah dan dua arah. Tapi sebagain masih bertanya, yang mana simplex yang mana duplex. Karena itu, hari ini saya akan memberikan sedikit catatan tentang simplex, half duplex dan full duplex ini.

Namun sebelum lebih jauh tentang simplex, half duplex dan full duplex, mari kita simak terlebih dahulu apa itu sistem telekomunikasi dan komponen-komponen dalam komunikasi data.

Pengertian Sistem Telekomunikasi


Telekomunikasi adalah komunikasi jarak jauh melalui kawat (telegrap, telepon) dan radio (KBBI). Sedangkan sistem bisa diartikan sebagai suatu kesatuan yang untuk untuk membentuk totalitas.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa sistem telekomunikasi adalah suatu metode komunikasi data yang dilakukan secara jarak jauh yang terdiri dari beberapa komponen.

Komponen-komponen yang terlibat dalam komunikasi data menggunakan sistem telekomunikasi sebagain besar telah dijelaskan di artikel sebelumnya tentang pengertian komunikasi data.

Paling tidak, komponen dalam komunikasi meliputi beberapa hal berikut ini.

  1. Informasi, yaitu data agen pengirim yang akan dikirimkan dan bisa berupa gambar, audio dan video.
  2. Pengirim, yaitu alat yang akan mengubah informasi menjadi sinyal listrik.
  3. Media transmisi adalah jalur yang akan dilalui oleh informasi. Karena merupakan sistem telekomunikasi jarak jauh, maka data diubah atau dimodulasi menjadi gelombang radio kemudian menjadi gelombang elektromagnetik.
  4. Penerima menerima sinyal elektromagnetik dan diubah kembali menjadi sinyal listrik yang pada akhirnya akan diubah menjadi informasi seperti data yang terkirim agar bisa dipahami oleh agen penerima.

Lihat juga Tujuan komunikasi data, jenis dan contoh komunikasi data

Metode komunikasi data telah melalui sejarah yang panjang. Dan perkembangan sistem telekomunikasi hari ini sudah semakin pesat.

Berdasarkan arah pertukaran data, dikenal istilah simplex dan duplex. Simplex adalah komunikasi satu arah sedangkan duplex adalah komunikasi dua arah. Penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Macam-macam Metode Telekomunikasi dalam Komunikasi Data


1. Simplex (Komunikasi satu arah)


Simplex adalah metode komunikasi satu arah di mana perangkat penerima informasi tidak bisa digunakan untuk mengirim informasi. Simplex juga dikenal dengan istilah komunikasi broadcast.

Dengan metode simplex ini, penerima informasi tidak bisa mengirimkan kembali informasi yang diterima sehingga tidak terjadi komunikasi yang interaktif.

Metode transmisi simplex hanya memungkinkan sinyal dikirim secara satu arah dari transmitter ke receiver.

Contoh transmisi simplex dalam komunikasi satu arah adalah radio dan televisi. Baik radio atau televisi hanya bertindak sebagai penerima informasi sementara tidak bisa mengirim informasi.

2. Half duplex (Komunikasi dua arah bergantian)


Half duplex adalah salah satu jenis metode komunikasi dua arah, dimana pihak pengirim dan penerima dapat bertukar informasi namun terjadi secara bergantian. Half duplex disebut juga komunikasi semi dua arah.

Konsep half duplex adalah kedua perangkat komunikasi data memiliki masing-masing transmitter dan receiver dalam satu jalur.

Karena hanya memiliki satu jalur, maka pengirim dan penerima harus bergantian dalam memberikan informasi.

Cara kerja half duplex bisa ditemukan dalam alat komunikasi dua arah seperti talkie-walkie.

Walkie-talkie mewajibkan penggunanya untuk bergantian memberikan informasi. ketika kedua pihak serentak berbicara akan terjadi tabrakan sehingga informasi tidak dapat disampaikan.

3. Full duplex (Komunikasi dua arah bersamaan)


Full duplex adalah metode komunikasi dua arah yang bisa berlangsung secara bersamaan. Artinya pengirim dan penerima bisa menerima secara langsung dalam waktu bersamaan menerima dan memberikan informasi.

Metode full duplex memanfaatkan metode komunikasi dua jalur di mana transmitter pengirim langsung menuju ke receiver penerima sehingga bisa terjadi secara bersamaan

Contoh alat komunikasi dua arah full duplex adalah telepon. Ketika kita sedang menelpon, kita bisa menerima dan mengirimkan informasi dalam satu waktu.

Lihat juga Pengertian media transmisi dan jenis-jenis media transmisi data

Perbedaan Simplex, Half Duplex, dan Full Duplex


Perbedaan simplex, half duplex dan full duplex dapat dilihat melalui gambar di bawah ini!

Metode Komunikasi Data Simplex, Half Duplex dan Full Duplex
Metode Komunikasi Data Simplex, Half Duplex dan Full Duplex

Dari sini, kita bisa menyimpulkan bahwa perbedaan half duplex dan full duplex adalah half duplex adalah jenis komunikasi dua arah bergantian sedangkan full duplex adalah jenis komunikasi dua arah bersamaan.

Sementara perbedaan simplex dan duplex adalah simplex satu arah dan duplex dua arah. Dalam simplex, tidak terjadi komunikasi yang interaktif sedangkan dalam metode komunikasi dua arah duplex, komunikasi berlangsung secara interaktif.

Kelebihan dan Kekurangan Simplex, Half Duplex dan Full Duplex


Dari pengertian masing-masing metode telekomunikasi data di atas, sebenarnya kita sudah bisa melihat kelebihan dan kekurangan masing-masing metode komunikasi.

Kelemahan simplex tidak terjadi interaksi dengan pengirim informasi. Kelemahan half duplex penerima dan pengirim informasi bisa bertukar informasi dengan syarat harus bergantian, dan full duplex adalah metode komunikasi penuh yang interaktif.

Baik simplex, half duplex, dan full duplex masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut rincian detail singkatnya.

Full duplex menggunakan teknik multiplexing di mana sinyal dua jalur komunikasi diletakkan pada slot waktu yang berbeda dan memiliki kelemahan dapat memotong kecepatan transmisi. Namun kelebihan full duplex adalah komunikasi dapat berjalan secara lebih interaktif.

Kelemahan Half duplex adalah terjadi antrian dalam bertukar informasi yang hanya bisa dilakukan secara bergantian.

Sedangkan metode simplex lain lagi. Hanya bisa digunakan untuk menerima informasi sehingga kelemahan simplex sangat jelas, penerima informasi tidak bisa mengirim informasi. Namun simplex memiliki kelebihan sebagai media hiburan seperti tv dan radio yang media transmisinya hanya berjalan pada satu arah.

Dalam metode simplex, pengirim dan penerima memiliki tugas yang tetap. Pengirim hanya bertugas mengirim data ke penerima dan penerima hanya bertugas menerima informasi yang dikirim.

Lihat juga Sistem operasi open source Linux

Demikianlah artikel tentang pengertian sistem telekomunikasi data dan metode komunikasi data simplex, half duplex dan full duplex. Semoga bermanfaat!
  May 25, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close