Skip to main content

Lupa Password Gmail Sendiri? Segera Lakukan Pemulihan Akun Email

Lupa Password Gmail - Dulu pernah mengalami masalah dengan email pemulihan saya sendiri. Waktu itu lupa kata sandi Facebook sementara email pemulihannya di Gmail juga lupa. Saya bingung dan mencoba cari di Google dan ternyata lupa password Gmail itu mudah di-recovery.

Lupa Password Gmail Sendiri? Segera Lakukan Pemulihan Akun Email
Lupa Password Gmail Sendiri? Segera Lakukan Pemulihan Akun Email

Persoalan lupa password akun Gmail, Facebook, Instagram atau pun lainnya adalah persoalan yang biasa. Namun bisa berakibat fatal kalau sebelumnya kita tidak melakukan pengamanan lanjutan Gmail. Ya, seperti kita ketahui bahwa hampir setiap akun media sosial atau pun lainnya selalu terhubung dengan email utama kita, yaitu Gmail. Jika lupa password Gmail sendiri maka kita bisa was-was.

Cara Mengatasi Lupa Password Gmail Android


Memulihkan email yang lupa password di android sangatlah mudah. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Cara ini dilakukan jika kita memiliki email pemulihan atau nomor telepon pemulihan.
  2. Kita langsung saja masuk ke halaman login Gmail dan klik lupa sandi  

     Lupa password Gmail android
    Lupa password Gmail android
  3. Di kotak yang tersedia, kita masukkan alamat email yang ingin direset password-nya.
  4. Setelah itu kita cek pesan yang berisi nomor kode verifikasi untuk membuat akun Gmail baru.
  5. Sampai tahap ini, kamu sudah bisa membuat password Gmail baru.
Tapi bagaimana jika kita tidak memiliki akun Gmail pemulihan atau nomor hp untuk mendapatkan kode verifikasi? Ada sebagian memang yang pernah mengalami masalah lupa password email dan nomor teleponnya sudah hilang. Jangan khawatir, kamu bisa melakukan cara terahkhir, yaitu pemulihan akun Gmail.

Lihat juga Cara melihat password Gmail sendiri di Android

Bagaimana Cara Mengatasi Lupa Password Gmail Tanpa Nomor Hp?


Lupa password Gmail dan nomor hp sudah tidak aktif?

Salah satu cara mengatasi lupa password email adalah dengan menggunakan metode pemulihan akun Gmail. Atau lebih dikenal dengan istilah recovery Gmail. Google sendiri sebagai pemilik Gmail memberikan fitur recovery ini sebagai salah satu langkah pemulihan akun email Gmail yang lupa password.

Dulu, melakukan recovery Gmail ini memiliki bug. Banyak yang menggunakannya untuk hack akun Gmail orang lain. Saat ini sistem Google semakin kuat sehingga pemulihan akun dengan recovery Gmail ini hanya untuk digunakan di akun sendiri yang lupa password.

Langkah Pemulihan Akun Lupa Password Gmail


Langsung saja, berikut langkah-langkah pemulihan akun Gmail yang lupa password menggunakan fitur Google recovery.
  1. Langkah pertama masuk ke situs Google accounts recovery
  2. Langkah kedua masukkan alamat email yang lupa password 

  3.  Alamat email yang lupa password
    Alamat email yang lupa password
  4. Anda akan diminta memasukkan password terakhir yang Anda ingat.

  5.  Coba ingat password Gmail terakhir
    Coba ingat password Gmail terakhir
  6. Jika Anda benar-benar lupa ingatan mengenai password Gmail Anda, maka Anda bisa klik coba cara lain. Karena nomor hp konfirmasi juga hilang atau tidak aktif, maka Anda harus klik "Saya tidak memiliki ponsel". 

  7.  Cara mengatasi lupa password Gmail yang nomor hp sudah tidak aktif
    Cara mengatasi lupa password Gmail yang nomor hp sudah tidak aktif
  8. Jawab pertanyaan Google untuk memulihkan akun Gmail Anda. Pertanyaannya adalah "Kapan Anda membuat akun Google ini?" Silahkan masukkan bulan dan tahun pembuatan alamat email Anda. 

  9.  Pertanyaan keamanan Google Recovery
    Pertanyaan keamanan Google Recovery
  10. Sampai di sini, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email pemulihan Anda untuk bisa ganti password. Saya memasukkan alamat email aktif saya untuk menerima kode pemulihan akun yang lupa password.  

  11.  Masukkan email pemulihan
    Masukkan email pemulihan
  12. Cek email pemulihan dan masukkan kode yang diterima di email tersebut di form pemulihan Google yang terakhir. 

  13.  Cek kode email pemulihan untuk membuat password Gmail baru
    Cek kode email pemulihan untuk membuat password Gmail baru
  14. Jika kamu beruntung maka kamu bisa mengakses kembali Gmail yang lupa password dengan membuat password baru. Namun jika tidak, maka kamu tidak akan bisa mengganti password dengan menu Google Recovery ini.
Penyebabnya bisa jadi karena akun pemulihan Anda tidak pernah terhubung dengan akun Gmail yang lupa password atau pun kamu lupa kapan membuat akun Gmail tersebut. Tentu ini bukan kesalahan Google karena fitur Google recovery ini sering dijadikan sarana untuk menghack akun Gmail orang lain.

Karena itu, jika pemulihan akun Gmail sulit dilakukan, maka tidak banyak yang bisa kita lakukan selain mencari nomor hp yang terkait dengan Gmail tersebut.

Lihat juga Cara membuat Gmail baru di PC Tanpa Verifikasi Telepon

Tips Mencegah Lupa Password Gmail


Menyimpan username dan password otomatis di browser juga menjadi salah satu langkah mencegah lupa password akun Gmail. Hanya saja, cara ini juga cukup beresiko jika ada yang iseng pinjam hp dan mengintip password akun kita.

Karena itu, cara mengamankan akun Gmail yang paling baik sebenarnya adalah dengna memasang email pemulihan dan nomor telepon utama yang aktif sebagai pemulihan jika suatu hari nanti lupa password.

Saya melakukan cara pemulihan yang pertama di atas, yaitu menggunakan fitur lupa kata sandi di halaman login Gmail untuk mengatasi lupa password gmail android atau pun di PC. Ya, hanya menerima kode verifikasi di hp kita sudah bisa mengubah akun password Gmail yang lupa tanpa kendala.

Karena itu, mulai sekarang, Anda harus setting Gmail pemulihan Anda dengan:
  • Selalu menggunakan email pemulian
  • Selalu mengaktifkan nomor telpon pemulihan
Selain itu, agar tidak mudah lupa password Gmail, pastikan untuk selalu gunakan password yang mudah diingat tapi tidak mudah ditebak.

Jangan sampai kejadian lupa password Gmail sendiri ini terulang lagi agar tidak ribet ya. Terlebih jika kamu tidak mengaktifkan fitur Google recovery, akun Gmail-mu bisa-bisa tidak akan pernah diakses lagi.


Demikianlah cara mengatasi lupa password Gmail dan langkah-langkah pemulihan akun Gmail dengan Google Recovery. Semoga bermanfaat.
  May 03, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close