Skip to main content

Komponen Komunikasi Data: Pengertian, Manfaat dan Tujuan Komunikasi Data

Komponen Komunikasi Data - Dalam kehidupan sehari-hari, kita pastinya selalu melakukan komunikasi. Bahkan di era digital sekarang ini, komunikasi data semakin intens dilakukan dengan jaringan internet. Tapi apa sih komunikasi data itu? Hari ini kita akan membahas beberapa hal seperti komponen komunikasi data, pengertian, manfaat dan tujuan komunikasi data.

Sekedar informasi aja, kita belajar komunikasi data ini bertujuan untuk mengetahui cara sebuah data terkirim menggunakan perangkat komunikasi melalui media transmisi. Tapi, siapa yang peduli selain mereka yang sekolah di SMK TKJ dan anak TI atau yang suka sama jaringan Internet, bahwa dalam melakukan komunikasi di media sosial yang sudah secepat sekarang ternyata memiliki banyak komponen-komponen dan proses yang harus dilalui untuk data bisa terkirim dan sampai ke penerima informasi.


Apa itu Komunikasi Data?


Komunikasi data adalah suatu cara komunikasi (pengiriman dan penerimaan) data sehingga terjadi pertukaran informasi menggunakan perangkat komunikasi melalui media transmisi. Namun dalam konsepnya, ada model komunikasi data dimana pengirim dan penerima data dilakukan secara bergantian ada juga yang dapat dilakukan secara bersamaan.

Inti dari komunikasi data adalah bagaimana pengirim informasi dapat menyampaikan pesan yang dikirim ke tujuan dengan aman dan lengkap melalui media transmisi yang digunakan.

Adapun media transmisi bisa melalui gelombang, cahaya, kabel dan lain sebagainya. Jenis-jenis media transmisi akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Yang tidak kalah penting dalam komunikasi data adalah protokol komunikasi. Tanpa protokol, perangkat tidak dapat melakukan komunikasi.

Protokol adalah aturan-aturan dalam komunikasi data agar dapat berkomunikasi.

Konsep protokol dan standar komunikasi data setidaknya meliputi tiga hal utama ini:
  1. Apa yang akan dikomunikasikan?
  2. Kapan data dikomunikasikan?
  3. Bagaimana data dikomunikasikan?

Komponen Komunikasi Data


Komponen Komunikasi Data: Pengertian, Manfaat dan Tujuan Komunikasi Data
Komponen Komunikasi Data: Pengertian, Manfaat dan Tujuan Komunikasi Data

Setidaknya ada 5 komponen utama yang terlibat dalam komunikasi data. Elemen-elemen tersebut meiliki fungsi dan cara kerja tersendiri.

1. Sumber (Source)


Sumber adalah perangkat yang berfungsi untuk membangkitkan data yang akan ditransmisikan.

Perangkat sumber menerima data dari input
dan bertugas mengirimkan informasi berupa gambar, audio, atau video yang telah diubah sebelumnya agar dapat dikenali oleh sistem. Contoh perangkat sumber adalah telpon.

2. Transmitter


Apa fungsi dari Transmitter?

Data-data tersebut diubah oleh transmitter menjadi sinyal analog agar dapat ditransmisikan melalui media transmisi. Contoh transmitter adalah modem yang berfungsi untuk mendemodulasikan data menjadi sinyal analog.

3. Media Transmisi


Media transmisi dalam komunikasi data adalah jalur yang akan dilalui untuk mengirimkan data

Secara umum ada dua jenis media transmisi, yaitu media transmisi terpandu dan media transmisi tidak terpandu.

Media transmisi terpandu adalah media transmisi yang menggunakan media kabel sedangkan media transmisi tidak terpandu tanpa menggunakan kabel atau biasa juga disebut wireless.

Selengkapnya bisa dilihat di Pengertian media transmisi dan jenis-jenisnya

4. Receiver (Penerima)


Receiver adalah perangkat yang akan menerima sinyal dari media transmisi dan memprosesnya menuju ke tujuan. Perangkat receiver dalam komunikasi data seperti telpon dan komputer.

5. Tujuan (Destination)


Informasi yang sama akan diolah menjadi data yang sama seperti data yang dikirim agar dapat dibaca oleh penerima pesan. Software aplikasi merupakan komponen komunikasi data yang terakhir ini yang berfungsi untuk menerjemahkan atau sebagai jembatan yang mengbungkan informasi agar dapat dibaca oleh penerima pesan.

Begitulah alur dari komunikasi data. Saat ini, komunikasi data semakin cepat dengan memiliki akurasi yang sangat tinggi dan dapat dilakukan secara jarak jauh.

Tujuan komunikasi data


Secara umum, komunikasi data memiliki tujuan dan manfaat sebagai berikut.
  1. Mengefisienkan pengiriman data dalam jumlah besar
  2. Hemat biaya dan waktu
  3. Meminimalisir kesalahan dan memiliki akurasi yang tinggi
  4. Memungkinkan komunikasi jarak jauh
  5. Mempercepat pengiriman dan penyebarluasan informasi 
Lihat juga 8 Komponen sistem operasi komputer

Demikianlah artikel tentang komponen komunikasi data lengkap dengan tujuan dan pengertian komunikasi data. Semoga bermanfaat!

  May 24, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close