Skip to main content

Penyebab dan Cara Mengatasi Domain Blog Diblokir Facebook

Cara Mengatasi Domain Blog Diblokir Facebook (Share Pengalaman) - Apakah domain kamu sedang ditandai spam oleh Facebook? Jika ya, bukan hanya kamu saja. Saya dan beberapa teman-teman Blogger juga pernah mengalami masalah seperti ini. Terus, bagaimana cara mengatasi domain blog diblokir Facebook?

Penyebab dan Cara Mengatasi Domain Blog Diblokir Facebook
Penyebab dan Cara Mengatasi Domain Blog Diblokir Facebook

Berdasarkan pengalaman spamming di Facebook, sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat link URL blog yang kita share dianggap spam. Salah satunya adalah frekuensi share artikel ke berbagai grup Facebook yang tidak sesuai dengan niche artikel.

Untuk lebih jelasnya, berikut penyebab dan cara mengatasi domain blog diblokir Facebook berdasarkan pengalaman pribadi.

Penyebab Domain Diblokir Facebook


Ada yang bilang penyebab blog diblokir oleh Facebook karena terindikasi URL berbahaya. Dan itu benar namun jarang terjadi. Salah satu contoh URL yang paling mudah dihapus oleh Facebook ketika ditulis adalah URL web phising. Kalau tidak percaya coba saja. Meskipun menggunakan pemendek URL, biasanya Facebook tetap bisa mendeteksi URL berbahaya sebuah website.

Sementara untuk domain yang diblokir Facebook berupa blog biasa, sama sekali bukan karena disebabkan link Anda berbahaya. Namun umumnya disebabkan oleh tindakan spam.

1. Share artikel menggunakan Facebook baru


Kegiatan spamming di Facebook bagi sebagian orang, termasuk saya dulu adalah hal yang memalukan. Karena itu, untuk mengatasi rasa malu tersebut, banyak dari blogger yang menggunakan akun Facebook baru.

Tak heran jika blog yang dishare menggunakan akun Facebook baru tersebut akan cepat ditandai sebagai akun spam yang berakibat pada penolakan Facebook terhadap URL blog kita.

2. Share artikel terlalu padat


Salah satu kesalahan dalam mencari pengunjung blog adalah dengan melakukan teknik marketing yang kurang tepat. Dan hal ini banyak dibahas dalam blog-blog para master blogger tentang cara promosi konten di sosial media yang baik dan benar.

Banyak blogger yang langsung share artikelnya secara membabi buta dalam satu kesempatan satu waktu. Karena itulah, hal ini tidak akan membuat kita bingung jika Facebook menandai URL blog kita sebagai blog yang tidak layak untuk dishare.

3. Dilaporkan pengguna Facebook


Sebenarnya hal ini sangat wajar dan seringkali admin grup Facebook yang melakukan tindakan ini. Tujuan mereka tidak lain adalah untuk menegaskan bahwa grup mereka tidak untuk promosi atau spamming.

Biasanya admin Facebook kesal karena blogger banyak yang share artikel yang tidak berhubungan dengan grup dan sangat tidak relevan. Karena itulah, mereka melaporkan situs kita kepada Facebook atas dasar tindakan spamming.

Akibat-akibat dari domain yang diblokir Facebook yang pernah saya temui adalah link tersebut sama sekali tidak bisa dishare di Facebook. Ketika dishare maka akan secara otomatis terhapus dengan sendirinya.

Bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Domain Blog Diblokir Facebook (Share Pengalaman)


Cara mengatasi blog yang diblokir oleh FB ada yang mengajukan banding ke Facebook. Namun hal itu cukup menyita waktu jika dibuatkan tutorial yang kadang tidak ditanggapi Facebook. Karena itu, masalah tidak bisa posting link di Facebook akan terjawab oleh waktu.

Dari pengalaman saya sendiri, blog diblokir Facebook tidaklah lama. Tergantung seberapa besar kesalahan kamu. Perlu diingat, bahwa ketika blokir dibuka kembali oleh Facebook, jangan langsung spam artikel kembali.

Biasanya blokir Facebook yang kedua jauh lebih lama waktunya dibandingkan dengan yagn pertama. Satu lagi, bagi kamu yang suka mencari pengunjung blog dari Facebook, ada baiknya kamu menggunakan akun Facebook yang real.

Sekali lagi, banding akibat domain blog diblokir Facebook mungkin saja dapat mempercepat masa pinalti domain blog oleh Facebook. Namun meskipun Anda tidak mengajukan banding, pasti blog akan diterima oleh Facebook kembali.

Begitulah saya mengatasi domain blog diblokir FB, tidak banding dan tidak melakukan apa-apa. Lebih baik perbaiki kualitas artikel dan share hanya artikel-artikel yang terbaik untuk mendapatkan pengunjung organik yang jauh lebih alami dan aman untuk blog dan adsense.

Sekedar informasi aja, banyak teman-teman blogger yang promosi blognya di grup Blogger Indonesia atau pun grup-grup seputar blogger lainnya. Jika topik tentang blog tidak masalah, tapi kalau topiknya bukan topik blogging, percayalah promosi yang Anda lakukan sangat tidak efektif.

Terlebih, jika share artikel di grup Blogger Indonesia di Facebook, blog sangat rentan terkena AGC atau pun jingling yang menyebabkan banned adsense. Kok melebar gini ya pembahasannya?

Ok, sekian dari saya tentang cara mengatasi domain blog diblokir Facebook berdasarkan pengalaman. Tunggu sampai waktu menjawabnya. Dalam pada itu, berusahalah membangun blog sebaik mungkin dari pada trafik cepat namun tidak efektif untuk jangka panjang.

Lihat juga Cara cepat ternak adsense cepat full approve kurang 1 bulan

Demikianlah cara mengatasi domain blog diblokir Facevook berdasarkan pengalaman pribadi. Semoga bermanfaat!
  May 27, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close