Skip to main content

4 Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Root Explorer

Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Root Explorer - Sebagai pengguna smartphone android, baik itu dari vendor Samsung, Vivo, Oppo, Xiaomi pasti pernah kesal dengan banyaknya aplikasi bawaan/pabrikan yang menyita memori internal. Mau dihapus tapi gak bisa.

4 Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Root Explorer
4 Cara Uninstall Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root dan Root Explorer

Jangan putus asa. Meskipun vendor hp android tidak memberikan pilihan ke kamu untuk menghapus aplikasi bawaan mereka, kamu bisa kok menyelinap dan menghapus aplikasi tersebut. Sesuai dengan judul di atas, kita akan belajar tutorial cara uninstall aplikasi bawaan android tanpa root dan jika menggunakan Root Explorer, artinya hp kamu harus di root.

Ok! Mari kita bagi tiga. Yang pertama adalah mengenal lebih jauh tentang aplikasi bawaan, kedua menghapus aplikasi bawaan android tanpa root dan yang ketiga adalah menghapus aplikasi android bawaan yang telah di root.

Apa itu aplikasi bawaan android?


Aplikasi bawaan android adalah aplikasi yang ditanam oleh vendor hp itu sendiri. Sebenarnya ada dua jenis, yaitu file sistem yang memang mengatur kinerja hp android dan yang kedua adalah aplikasi vendor hp untuk mempromosikan produknya.

Ya iyalah, bahkan kadang kita tidak menyadari kalau aplikasi "bloatware", sebutan untuk aplikasi bawaan hp adalah untuk keperluan vendor dalam bisnis. Tapi tidak peduli tentang itu, kita akan menghapus aplikasi bawaan hp android karena telah mengambil bagian dalam memori internal hp.

Bagi yang memiliki ponsel dengan kapasitas memori internal yang besar dan RAM yang memadai, mereka cenderung tidak peduli. Tapi bagi pemilik hp android RAM kecil dan memori internal yang kecil, maka menghapus aplikasi bawaan adalah hal yang ditunggu-tunggu.

Lihat juga Cara mempercepat kinerja hp android yang lemot 100% ampuh

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Tanpa Root


Ada beberapa cara menghapus aplikasi bawaan android kok yang bisa dilakukan tanpa perlu nge-root hp android yang bisa berakibat fatal.

1. Menggunakan fitur Uninstall pada aplikasi secara langsung


Tanpa rooting, kita bisa menghapus aplikasi bawaan di hp android dengan cara yang paling mudah, yaitu uninstall aplikasi seperti biasanya. Pada tampilan aplikasi di menu hp, kamu bisa klik dan tahan aplikasi yang akan dihapus kemudian klik uninstall.

Ingat! Cara ini hanya berfungsi untuk menghapus aplikasi bawaan yang disuntik oleh konter tempat membeli hp dan bukan aplikasi bawaan dari vendor pabrikan hp. Untuk aplikasi bawaan pabrikan hp, kita tidak bisa menghapusnya dengan mudah.

Salah satu cara mengatasi aplikasi bawaan yang mengganggu dan tidak bisa dihapus adalah dengan menghapusnya dari menu tampilan depan aplikasi dan menghentikan paksa aplikasi. Proses disable aplikasi bawaan ini tidak berbahaya pada sistem android selama aplikasi tersebut bukan aplikasi sistem utama.

 Uninstall aplikasi bawaan hp tanpa root
Uninstall aplikasi bawaan hp tanpa root

Untuk menghentikan aplikasi bawaan secara paksa, kita bisa masuk ke menu pengaturan hp dan mencari aplikasi yang akan di-disable dan kemudian mengklik "Paksa Berhenti". Pilihan lainnya adalah "Nonaktifkan" aplikasi yang bisa berujung pada kesalahan sistem jika aplikasi yang dinonaktifkan adalah aplikasi yang penting.

Lihat juga 6 Cara mengatasi Playstore download tertunda dan tidak bisa download

2. Menghapus aplikasi bawaan dengan CCleaner


 Menghapus aplikasi bawaan android dengan ccleaner
Menghapus aplikasi bawaan android dengan ccleaner

Aplikasi CCleaner adalah aplikasi favorit saya di PC yang sangat handal dalam membersihkan file cache dan sampah di memori yang membebani kinerja RAM. Ternyata apliasi CCleaner versi android juga memiliki fungsi yang sama.

Bahkan tidak hanya itu, CCleaner android yang bisa didapatkan secara gratis di android juga bisa digunakan untuk menghapus bloatware android dengan mudah dan cepat.

Cara uninstall aplikasi bawaan android tanpa root dengan CCleaner:

  1. Download CCleaner APK di Google Playstore
  2. Buka aplikasi CCleaner
  3. Pilih Option atau tanda strip tiga di pojok kiri atas
  4. Masuk ke menu App Manager
  5. Untuk menghapus aplikasi bawaan, masuk ke menu System
  6. Pilih aplikasi yang akan dihapus
  7. Klik uninstall dan pada jendela pop up "Do you want to uninstall this app?" pilih OK
  8. Secara otomatis aplikasi sudah terhapus permanen
Ingat untuk tidak menghapus aplikasi bawaan android yang memiliki fungsi berkaitan dengan kinerja hp android. Karena menghapus aplikasi sistem bisa berakibat pada gagalnya sistem kinerja hp.

Ok, kita akan masuk ke bagian yang ketiga, yaitu uninstall aplikasi bawaan android root.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android Setelah di Root


Hp android yang telah di root memang memiliki banyak keunggulan dan kelebihan. Mendapat akses ke file system membuat pengguna hp android root bisa memodifikasi hpnya dengan mudah. Ya, selain resiko root yang gagal yang berakibat pada gagal booting.

Tapi, bagi kamu yang memang mau root hp android dengan segala resikonya untuk tujuan menghapus aplikasi bawaan agar memori internal lebih besar, maka kamu bisa menggunakan aplikasi untuk menghapus aplikasi bawaan android di bawah ini.

1. Uninstall aplikasi bawaan dengan System App Remover


Uninstall aplikasi bawaan dengan System App Remover
Uninstall aplikasi bawaan dengan System App Remover

System App Remover adalah aplikasi khusus yang hanya berfungsi pada hp android yang telah root. Sesuai dengan namaya, aplikasi ini dirancang khusus untuk menghapus aplikasi sistem bawaan android.

Cara hapus aplikasi bawaan android dengan System App Remover:

  1. Download aplikasi System App Remover APK di Google Playstore
  2. Izinkan akses root dengan mengklik Grant
  3. Cari aplikasi bawaan yang akan dihapus
  4. Klik uninstall kemudian klik yes
  5. Aplikasi android bawaan sukses dihapus.


2. Cara menghapus aplikasi bawaan android dengan Root Explorer


Cara menghapus aplikasi bawaan android dengan Root Explorer
Cara menghapus aplikasi bawaan android dengan Root Explorer

Root Explorer adalah aplikasi android root yang wajib dimiliki. Aplikasi ini bekerja layaknya file manager seperti mengedit dan menghapus file. Tapi hebatnya, file sistem yang tidak terlihat di file manager bawaan hp pun bisa dimodif sesuai dengan keinginan, termasuk uninstall aplikasi yang tidak bisa terhapus.

Untuk menghapus aplikasi android bawaan dengan Root Explorer juga sangat mudah. Syaratnya hp android harus telah di root.

Cara menghapus aplikasi bawaan android dengan Root Explorer:

  1. Download Root Explorer APK di Android
  2. Masuk ke folder system dan pilih app.
  3. Cari aplikasi bawaan yang akan dihapus
  4. Pastikan ubah status pengaturan Root Explorer dari R/O (Read Only) menjadi R/W (Read and Write)
  5. Pilih aplikasi yang akan dihapus
  6. Klik delete untuk menghapus aplikasi dari sistem android.
Selain Root Explorer, kamu juga bsia mencoba aplikasi penghapus aplikasi bawaan di android dengan menggunakan aplikasi Es Explorer, Titanium Backup dan Link2SD. Tapi kamu cukup pakai Root Explorer jika hanya untuk menghapus aplikasi bawaan.

Sekedar informasi aja, Titanium Backup adalah aplikasi android root terbaik untuk backup file dan juga Link2SD adalah aplikasi untuk memindahkan aplikasi yang terinstall ke memori eksternal.

Tips terakhir, selalu pastikan aplikasi bawaan yang dihapus di hp android bukanlah aplikasi bloatware yang bekerja untuk sistem. Jika menghapus aplikasi tersebut, kemungkinan besar kamu harus software android ulang jika tidak bisa download secara tersendiri.

Jika bermain dengan sistem operasi android dan hp gagal booting, maka tidak perlu khawatir. Cari aja jasa service hp terdekat dan mereka akan melakukan software ulang. Saya pernah mengalami gagal booting android karena salah dalam melakukan hard reset android.

Setelah ditangani beberapa jam oleh jasa service, android kembali hidup seperti keadaan baru pertama beli. Seluruh aplikasi tambahan yang saya install hilang dan aplikasi bawaan kembali muncul.

Lihat juga 19 Cara menghemat baterai android agar tidak boros

Demikianlah cara uninstall aplikasi bawaan android tanpa root dan Root Explorer. Semoga bermanfaat!
  May 11, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close