Skip to main content

Cara Mereview Buku Lengkap Dengan Langkah-langkahnya

Cara Mereview Buku Lengkap Dengan Langkah-langkahnya - Suatu karya yang telah dipublikasikan pasti memiliki tanggapan dari khalayak ramai. Sama halnya dengan buku atau film yang populer, pasti akan mendapat banyak ulasan, kritikan dan saran dari pembaca atau penontonnya. Umumnya mereka akan menulis pendapat mereka tentang buku atau film tersebut dalam sebuah review.

Contoh Cara Mereview Buku Lengkap Dengan Langkah-langkahnya
Contoh Cara Mereview Buku Lengkap Dengan Langkah-langkahnya

Pasti kamu juga pernah membaca review mengenai suatu karya sastra bukan? Ya, dengan membaca review suatu buku, kita akan mendapatkan informasi mengenai buku yang akan dibaca. Bisa jadi kita semakin tertarik untuk membeli dan membaca buku tersebut atau pun malah mengurungkan niat. Tapi umumnya, review suatu buku akan membuat kita semakin penasaran dengan isi buku tersebut.

Apa itu mereview buku?


Mereview buku adalah suatu kegiatan menulis kembali pengalaman dari membaca suatu buku dan memberikan tanggapan, gagasan dan opini sendiri tanpa keluar dari tema pokok buku yang direview.

Mereview berasal bahasa Inggirs "Review" yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai tinjauan atau resensi atau menimbang.

Istilah review atau resensi juga identik dengan resume (Summary) atau ikhtisar atau ringkasan. Tapi sebenarnya kedua kata ini, yakni review dan resume jauh berbeda.

Resume bisa diartikan menulis kembali ringkasan poin-poin penting dari suatu buku. Ya, resume hanya meringkas poin penting. Berbeda dengan review yang artinya kita mengulas isi dan juga memberikan opini pribadi mengenai suatu karya.

Mereview tidak terbatas pada karya ilmiah seperti buku dan jurnal tetapi bisa juga review tentang produk seperti mobil, barang elektronik maupun review tentang film.

Mereview buku bukanlah menulis isi dari buku secara keseluruhan tapi lebih kepada menimbang dan menilai dari sudut pandang yang berbeda, jika dibutuhkan.

Menjadi Pereview


Menjadi pereview (Reviewer) adalah salah satu pekerjaan yang menyenangkan. Umumnya, pereview profesional juga dibayar untuk mereview suatu produk. Tapi jika hubungannya dengan karya sastra, orang cenderung mereview dari sudut pandang pribadi berdasarkan pendapat sendiri.

So, dalam mereview kita bisa memasukkan opini pribadi terhadap buku yang direview. Tentu dengan alasan yang logis dan masuk akal.

Tugas dari reviewer (Orang yang mereview) adalah bagaimana ia dapat memberikan nilai plus/mines terhadap sebuah karya. Tapi umumnya, mereka mengambil hal-hal penting yang bisa dipelajari dari dalamnya.

Kemampuan reviewer paling tidak mampu bercerita dengan baik dan menarik. Bagaimana pereview bisa menganalisis dan menggambarkan isi buku secara menarik agar reviewnya dapat dibaca sampai tuntas. Karena itu, tugas berat bagi pereview adalah bagaimana ia dapat menyajikan hasil ulasannya.

Syarat mereview buku


Dalam mereview buku, beberapa hal yang wajib ditulis adalah identitas buku yang meliputi:
  • Judul buku
  • Penulis
  • Penerbit
  • ISBN
  • Tahun terbit
  • Jumlah halaman
  • Harga
  • Kategori buku

Bagaimana cara mereview buku?


Ada banyak contoh-contoh review buku yang bisa kamu pelajari terlebih dahulu, baik itu buku pelajaran, novel, dan lainnya. Namun agar kamu bisa mereview buku yang dibaca dengan cepat dan menarik, kamu sebaiknya simak cara mereview buku di bawah ini.

Langkah-langkah mereview buku

1. Mulai dari cover


Pertama-tama dalam mereview buku sebenarnya bukanlah membaca buku. Tapi kamu bisa mulai dari cover buku. Misalnya bagaimana ilustrasi sampulnya, ketebalan buku, kertas yang digunakan dan lain-lain.

2. Latar belakang buku


Ceritakan secara singkat tentang penulis buku dan kisah-kisah menarinya. Tak lupa juga kamu perlu memberikan informasi tentang penulis buku dan prestasi penulis itu sendiri.

3. Membaca seluruh isi buku


Sebelum mereview suatu buku, kamu tentu harus membaca buku secara keseluruhan. Bagaimana mungkin kamu dapat menilai buku hanya dari sampulnya? Bagaimana kamu bisa mengatakan sebuah produk bagus tanpa menggunakannya?

Sama halnya dengan menulis review mengenai buku kita harus membaca buku tersebut terlebih dahulu. But, pastikan kamu mencatat pokok-pokok penting ketika membaca pada setiap babnya.

4. Mulai mereview buku


Setelah membaca buku, kamu bisa menulis review buku tersebut. Mulai review isi buku dari halaman pertama dan ungkapkan cara dan gaya penulis dalam menarik perhatian pembaca. Hal ini tentu akan membuat ulasan menjadi lebih baik dan menarik.

Ternyata dalam mereview buku juga terdapat teknik-teknik tersendiri. Dan salah satu teknik mereview buku yang paling populer adalah menggunakan metode fishbone.

Cara mereview buku dengan fishbone adalah dengan membangkitkan pertanyaan-pertanyaan mengenai isi buku dari sisi unsur intrinsik atau ekstrinsik jika buku tersebut termasuk karya sastra.

Pertanyaan-pertanyaan yang dapat dibangkitkan adalah pertanyaan yang menggunakan teknik 5W + 1H.

1. What?

Apa yang dibahas di dalam buku tersebut?

2. Who?

Siapa tokoh atau yang terlibat?

3. Where?

Di mana kejadian tersebut berlangsung?

4. When?

Kapan peristiwa tersebut terjadi?

5. Why?

Mengapa bisa terjadi?

6. How?

Bagaimana prosesnya?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut sangat membantu dalam mereview sebuah buku, baik itu karya sastra novel atau pun cerpen.

5. Menutup review dengan kesimpulan


Tulisan yang baik selalu diakhiri dengan kesimpulan. Karena itu, sebagai penutup, hasil review juga membutuhkan kesimpulan. Kesimpulan baiknya berasal dari isi review yang ditulis. Beberapa pereview juga memberikan masukan-masukan mengenai apa yang direviewnya.

6. Melakukan revisi sebelum hasil review dipublikasikan


Sebelum mempublikasikan hasil review, ada baiknya kamu melakukan revisi untuk menghindari typo (kesalahan pengetikan) atau pun memberikan diksi yang lebih pas. Setelah revisi, barulah sebuah review bisa diterbitkan.

Contoh Review Buku Novel


Agar memudahkan kamu dalam mereview buku, langsung saja melihat contoh review buku novel di bawah ini.

1. Identitas buku

Judul Buku : 5 cm
Nama Penulis : Donny Dhirgantoro
Penerbit : PT. Grasindo
Tahun Terbit : 2007
Jumlah Halaman : 381 Halaman
ISBN : 9797591514
Harga Buku : Rp60.000,00

2. Garis besar isi dari buku tersebut

Kamu bisa memulai dari menceritakan mengenai penulis novel tersebut (Biografi penulis). Latar belakang kehidupan penulis maupun karya-karya lainnya termasuk prestasi. Kamu juga bisa membandingkan novel lainnya dari penulis tersebut.

3. Sinopsis

Sinopsis adalah ikhtisar dari sebuah karya sastra. Biasanya sebuah novel yang diterbitkan jika dilengkapi dengan sinopsis. Mungkin hampir sama ya jika dibilang trailer pada sebuah film.

Di sini kamu akan menceritakan mengenai tokoh-tokoh dalam novel tersebut dan jalan ceritanya secara singkat. Seperti artinya, kamu hanya perlu menceritakan garis besarnya saja.

4. Isi review buku

Isi review buku berkaitan dengan pendapat kamu terhadap buku yang direview. Kamu bisa memasukkan opini-opini mengenai amanat, kelebihan dan kekurangan buku, dan lain sebagainya.

5. Kesimpulan dan penutup

Setelah itu, kita harus menutup review dengan kesimpulan dan saran yang terbaik. Bisa ditujukan ke pembaca buku atau pun kepada penulis buku.

Berikut beberapa review dan sinopsis buku dan novel dalam blog ini.
  1. Review Ladies Journey - Karya Lala Purwono
  2. Review Buku Mantra Karya Deddy Corbuzier
  3. Review Novel Dilan 1990 Karya Pidi Baiq
Sayangnya, saat menulis review buku dan beberapa novel dalam blog ini, saya belum terlalu paham tentang cara mereview buku. Hasilnya, baca sendiri :D

Tujuan mereview buku


Secara umum, kamu mereview buku bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca mengenai buku yang akan dibacanya. Tidak sedikit orang yang tidak jadi membaca buku karena sudah tahu isinya dari pereview.

Hal ini bisa terjadi karena penulis review menulis sinopsis secara lengkap dan mendetail tanpa menyertakan efek penasaran kepada pembaca review agar semakin tertarik membaca buku tersebut.

So, kemampuan pereview dalam mereview buku yang paling mendasar adalah bercerita, memasukkan opini dan menyajikannya dengan baik.

Demikianlah contoh cara mereview buku lengkap dengan langkah-langkahnya. Semoga bermanfaat.
  May 06, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close