Skip to main content

5 Cara Menghapus CD RW Khusus Profesional Bisa Tanpa Aplikasi Nero

Cara Menghapus CD RW - Setahu saya, tipe CD dan DVD yang umum digunakan adalah CD/DVD-RW dan CD-DVD-R. Apa sih bedanya? Sekilas kita akan mengatakan bahwa satu tidak memiliki huruf W. Dan itu benar sekali. Tapi ternyata, itu ada artinya lho. Banyak yang hanya membeli CD tanpa tahu jenisnya. Alhasil, ketika salah burning CD, sudah tidak tahu cara menghapus isi file CD tersebut.

5 Cara Menghapus CD RW Khusus Profesional Bisa Tanpa Aplikasi Nero
5 Cara Menghapus CD RW Khusus Profesional Bisa Tanpa Aplikasi Nero

Dulu saya sering mengalami masalah dengan CD/DVD R dan RW. Saat baru belajar Install Windows 7, awalnya saya pakai Flashdisk Thosiba 16 GB sebagai media bootable. Namun setelah untuk kedua kalinya memakai flashdisk Thosiba tersebut, flashdisk error dan tidak terbaca. Sudah format berulang kali, tetap saja.

Karena itulah, saya lebih suka menggunakan CD/DVD untuk install laptop. Alasannya lebih murah. Dan bukan hanya untuk keperluan itu saja kita menggunakan CD/DVD. Ada banyak fungsi CD/DVD, seperti menyimpan file arsip, menyimpan video atau film atau software tertentu, sebagai media untuk kumpul tugas, meskipun ya harus diakui bahwa CD dan DVD juga sudah mulai ditinggalkan sejak adanya flashdisk.

Tapi tidak apa-apalah membahas CD/DVD ini.

Apa sih kepanjangan dari CD?

CD adalah kepanjangan dari Compact Disc, sebuah piringan yang digunakan untuk menyimpan file. Ketika burning CD/DVD, sinar laser akan menembus dan menulisi CD/DVD tersebut agar bisa menampung file. Suatu cara kerja yang benar-benar hebat. Tak heran jika penemuan Compact Disc ini menjadi penemuan yang membahagiakan bahkan sampai hari ini.

Cara Menghapus CD RW dan DVD RW


CD/DVD-RW memang bisa dihapus dan diisi file berulang kali layaknya sebuah flashdisk. Hanya saja, proses burning berulang-ulang tersebut akan membuat CD/DVD lebih rentan rusak dan mengalami daya kerja yang menurun.

Hal ini saya temukan saat pertama membuat DVD Bootable Windows 7. Saat masih fresh, saya gunakan untuk install laptop Thosiba Aspire 4732z, laptop jadul saya itu dan lancar jaya. Tidak sampai 10 menit, proses install Windows 7 selesai.

Begitupun saat install laptop yang kedua kali dengan DVD yang sama. Namun setelah yang ketiga kalinya, install windows 7 dengan bootable DVD yang sama tersebut sudah tidak bisa digunakan.

Setelah saya perhatikan, ternyata DVD tersebut sudah mulai retak. Ya itu sangat biasa terjadi di DVD. Ketika burning CD/DVD dengan Nero atau pun aplikasi burning CD lainnya, ketika keluar dari DVD Room, CD/DVD yang baru selesai mandi itu akan terasa panas bak dilebur tapi tidak terluka. Nanti ketika digunakan berulang kali atau diburning berulan kali, baru deh ketahuan goresan-goresan tersebut muncul ke permukaan pelangi CD/DVD.

Tipe CD R dan CD RW


Oke, secara langsung aja, CD dan DVD adalah dua media penyimpanan yang terlihat serupa tapi tak sama. CD kapasitasnya sangat kecil sementara DVD kapasitasnya bisa sampai 4 GB.

Umumnya CD hanya untuk file berukuran kecil sedangkan DVD umumnya digunakan untuk mengumpulkan tugas proyek yang lebih besar. Saya sendiri sering menggunakan DVD untuk membuat bootable DVD atau pun untuk diisi file video.

Ok, setelah tahu tentang CD dan DVD, kita lanjut bahas tentang R dan RW-nya.

CD-R adalah CD yang khusus digunakan satu kali penulisan. Sesuai namanya, R (Read only), kita hanya bisa burning CD-R berulang kali. Katanya sih gitu dan beberapa percobaan saya coba memang benar.

Tapi kamu bisa lihat artikel menarik lainnya di Cara burning CD-R berulang kali yang sudah terisi file

CD-RW adalah CD yang bisa diburning berulang kali seperti flashdisk. Sesuai dengan namanya RW (Rewriteable), tipe CD/DVD-RW memang bisa diburning berulang kali.

Pilih mana antara CD-R dan CD-RW.

Bagi kamu yang baru pertama kali burning CD, sebaiknya pilih yang CD-RW. Soalnya kalau salah isi file atau proses burning gagal, kamu bisa mengulangi burning tanpa perlu beli CD baru laig.

Meskipun CD-R lebih murah, namun akan sama saja bahkan lebih expensive lagi dari CD-RW yang mahal jika harus beli CD-R dua kali. Secara bedanya hanya Rp2.000 saja. Di toko komputer langganan saya dulu. Harga CD-R itu Rp3.000 dan sedangkan harga DVD-RW itu Rp5.000.

Bagaimana cara memasukkan file ke CD/DVD RW tanpa Aplikasi Nero?

Bisa dengan langsung copy aja file yang akan dimasukkan ke dalam CD/DVD RW tanpa perlu pakai aplikasi Nero. Seperti memindahkan file dari satu drive ke drive lainnya.

Ok, masuk inti postingan, cara menghapus CD RW yang sudah terisi.

1. Cara menghapus file dalam CD RW langsung

  1. Masukkan CD RW ke CD Room di laptop
  2. Masuk ke my computer
  3. Buka drive CD RW
  4. Cari file yagn akan dihapus.
  5. Hapus aja seperti biasanya menghapus file pada umumnya.
Jadi, kamu bisa memilih file yang akan kamu hapus. Kalau cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa coba cara yang kedua berikut ini.

2. Cara delete CD RW di my Computer

  1. Masukkan CD RW yang akan dihapus filenya ke dalam CD Room
  2. Masuk ke File Explorer/My Computer
  3. Cari CD RW
  4. Klik kanan drive CD-RW
  5. Pilih Erase this CD-RW atau Delete
  6. Pada tampilan CD Writing Wizard, ikuti saja petunjuknya dengan klik "Next"
  7. Tunggu proses penghapusan isi CD
Dengan cara ini, semua file akan terhapus di CD RW. Namun biasanya penyimpanannya pada properties masih ada yang terpakai.

3. Cara format CD RW tanpa aplikasi

  1. Masukkan CD/DVD RW ke DVD Room laptop
  2. Masuk ke My Computer
  3. Klik kanan pada drive CD/DVD RW
  4. Pilih Format
  5. Klik Format Now
  6. Tunggu proses penghapusan isi file CD/RW
Cara hapus file di CD RW dengan langkah ketiga ini akan menghapus seluruh isi CD/DVD tanpa tersisa.

4. Cara hapus file CD R-W dengan Nero

  1. Download Nero versi 8, atau terserah yang penting Nero
  2. Install dan buka aplikasi Nero
  3. Klik Extras
  4. Pilih CD/DVD RW yang akan dihapus
  5. Klik Erase CD
  6. Pada jendela dialog Option: Select the erase method to be used, pilih quick-erase rewriteabledisc
  7. Klik Erase 
  8. Tunggu proses penghapusan CD/DVD RW

5. Cara menghapus CD RW Khusus Profesional

  1. Cara yang terakhir ini kamu tidak perlu masukkan CD/DVD RW ke CD Room
  2. Langsung siapkan alat-alatnya berupa korek dan bensin
  3. Hindari keramaian dan lap CD/DVD dengan Bensin
  4. Nyalakan api untuk membakar CD/DVD RW 
  5. Buang sampah plastik CD/DVD pada tempatnya
Cara yang terakhir ini khusus untuk profesional dan jangan ditiru. Di film-film, cara ini digunakan untuk menghapus bukti rekaman tanpa ampun. Kan tahu sendiri, kalau CD/DVD RW yang sudah dihapus itu bisa di-recovery oleh profesional dan tutorialnya banyak kok di Google. Coba aja ketik "Cara mengembalikan file yang terhapus di CD". Pasti nemu.

Lihat juga Cara membuat CD/DVD autorun saat dimasukkan ke laptop

Sampai di sini saja dulu postingan saya tentang 5 cara menghapus CD RW dan DVD RW khusus profesional bisa tanpa aplikasi Nero. Semoga bermanfaat!
  May 19, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close