Skip to main content

Cara Belanja di Aliexpress Menggunakan ATM BRI

Cara belanja di Aliexpress dengan transfer bank lokal tanpa kartu kredit - Berbeda dengan belanja di toko online Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli yang bisa menggunakan bank transfer, pembayaran di toko online internasional cukup rumit. Kalau tidak memiliki kartu kredit, western union, atau Paypal maka kesempatan untuk belanja online dari luar negeri sudah tertutup.

Cara Belanja di Aliexpress Menggunakan ATM BRI
Cara Belanja di Aliexpress Menggunakan ATM BRI

Namun lain halnya dengan Aliexpress Online shop dari China yang satu ini memang sudah go internasional. Karena itulah, tidak salah jika banyak orang Indonesia yang senang belanja di Aliexpress. Selain murah, juga menyediakan metode pembayaran lewat bank transfer atau Doku Wallet.

Sekilas tentang Aliexpress


Aliexpress adalah toko online internasional yang berasal dari China, masih di bawah Alibaba Group. Bedanya dengan Alibaba yang lebih dikenal sebagai toko online untuk beli barang grosir, Aliexpress bisa untuk beli barang satuan atau eceran untuk penggunaan sendiri. 

Seperti yang saya katakan di atas, belanja di Aliexpress lebih bagus karena mudah dalam pembayaran. Selain itu, sistem toko onlinenya juga seperti toko-toko online di Indonesia dari segi tampilan.

Beberapa toko online yang juga menjadi langganan belanja online luar negeri seperti Amazon, Banggood, Alibaba, Ebay dan lain sebagainya. Bisa dikatakan e-commerce inilah yang paling populer untuk belanja online dari luar negeri.

Metode Pembayaran di Aliexpress


Alasan saya belanja di Aliexpress karena metode pembayaran yang memudahkan pembeli dari Indonesia. Kita bisa belanja tanpa kartu kredit atau pun akun Paypal karena membeli di Aliexpress bisa melalui pembayaran transfer bank (Wire transfer), Doku wallet, Alfamart dan Indomaret.

Untuk lebih jelasnya, berikut metode pembayaran lengkap di Aliexpress yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis rekening atau walllet-mu bagi kamu yang tinggal di Indonesia.
  • Credit card
  • Doku Wallet
  • ATM Transfer : ATM PRIMA, ATM BERSAMA
  • Internet Banking : IB BRI, BNI, MANDIRI
  • Mini market : Alfamart, Alfamidi, Lawson, Indomaret
Dalam artikel ini, saya mencoba belanja di Aliexpress menggunakan rekening bank lokal melalui pembayaran interent banking BRI.

Agar tidak salah paham dengan Aliexpress, kamu bisa membaca Pengalaman Belanja di Aliexpress Permata Kali yang gagal karena tidak bisa transfer.

Cara Belanja di Aliexpress Menggunakan ATM BRI 

  1. Pertama-tama, kamu kunjungi situs belanja Aliexpress dengan cara klik tombol di bawah ini.
  2. Kedua, kamu cari produk yang akan dibeli. Di sini saya coba mencari bluetooth earphone yang paling murah sebagai percobaan. Pilih color product (warna), quantity (jumlah), dan klik buy now.
  3.  Belanja di Aliexpress
    Belanja di Aliexpress
  4. Ketiga, kamu akan diarahkan ke shipping information untuk mengisi alamat lengkap kamu. Pastikan isi dengan baik agar pengiriman barang bisa sampai di rumah dengan selamat.
  5.  Mengisi alamat pengiriman di Aliexpress
    Mengisi alamat pengiriman di Aliexpress
  6. Keempat, pada payment methods, silahkan pilih other payment methods, kemudian klik confirm.
  7. Kelima, isi order review product (bisa diisi catatan untuk seller toko). Pada kotak pesan yang tersedia, saya menulis pesan untuk mengganti alamat provinsi saya dari other menjadi Sulawesi Selatan. Ya, karena memang tidak tersedia pilihan provinsi Sulawesi Selatan di toko online Aliexpress. Jadi, isi other aja di shipping information, kemudian chat khusus pembeli setiap order produk agar barang yang sampai bisa tepat ke tempat tinggal kita.
  8.  Order review untuk memberitahukan alamat ke seller
    Order review untuk memberitahukan alamat ke seller
  9. Keenam, pada order summary, kamu bisa memilih coupon yang tersedia. Biasanya kita akan mendapatkan kode kupon $1 jika pembelian di atas $100, tergantung toko itu sendiri. Karena jumlah tagihan saya hanya sebesar $3.66, maka jangan harap ada coupon code. Langsung klik order now. Oh ya, pada gambar di bawah ini masih status place order karena saya lupa konfirmasi metode pembayaran tadi. 
  10.  Order Now Aliexpress
    Order Now
  11. Ketujuh kita akan diarahkan ke metode pembayaran Aliexpress. Kamu bisa bayar Aliexpress lewat Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Doku Wallet atau ATM Transfer. Namun pada kesempatan belanja ini, saya menggunakan internet banking BRI. Jadi, di pay with card or other payment methods, pilih Doku kemudian klik Pay Now
  12.  Metode pembayaran doku di aliexpress
    Metode pembayaran doku di aliexpress
  13. Langkah kedelapan kamu juga tidak perlu daftar Doku jika mau belanja menggunakan ATM Transfer atau internet banking. Jadi, di dalam metode pembayaran Doku, pada payment method, pilih icon yang terletak di tengah yang merupakan metode pembayan Aliexpress via ATM Transfer atau internet banking. Transfernya nanti ke Bank Permata ya. Di sini terlihat jelas harga total yang harus kamu bayar dalam bentuk rupiah dan invoice number. Langsung klik saja Get Payment Code
  14.  Metode pembayaran Aliexpress bank transfer
    Metode pembayaran Aliexpress bank transfer
  15. Langkah ke sembilan, kamu akan dihadapkan lagi ke tagihan dan cara bayarnya menggunakan internet banking atau bank tranfer via ATM.  
  16.  Transfer ATM BRI ke Aliexpress Bank Permata
    Transfer ATM BRI ke Aliexpress Bank Permata
     Cara belanja di Aliexpress menggunakan ATM BRI Internet Banking
    Cara belanja di Aliexpress menggunakan ATM BRI Internet Banking
  17. Langkah terakhir adalah melakukan pembayaran via internet banking BRI. Login ke halaman https://ib.bri.co.id/ib-bri. Setelah itu, lakukan pembayaran dengan mengisi rekening tujuan ke Bank Permata dan jumlah tagihan. Ingat, payment code dan amount (jumlah tagihan) harus sesuai dengan yang tertera di menu tagihan Aliexpress agar bisa terkonfirmasi status pembayaran selesai. Jika tida, maka statusnya akan selalu awaiting payment yang artinya belum dibayar. 
  18.  Transfer BRI ke Bank Permata
    Transfer BRI ke Bank Permata
Berikut adalah tampilan pembayaran sukses di internet banking BRI ke Aliexpress.

 Belanja di Aliexpress via Internet Banking BRI Sukses
Belanja di Aliexpress via Internet Banking BRI Sukses

Kembali ke dashboard Aliexpress dan lihat kalau order list - order detail sudah berubah dari place order ke pay success. Di sini kamu tinggal menunggu seller untuk mengonfirmasi pembayaran kamu untuk kemudian berubah lagi ke status shipment yang artinya barang sudah dikirim.

 Menunggu konfirmasi seller untuk mengirim produk yang dibeli
Menunggu konfirmasi seller untuk mengirim produk yang dibeli

Berikut adalah tampilan my orders Aliexpress. Sebelum dibayar statusnya Awaiting Payment dan setelah dibayar akan berubah menjad Awaiting Shipment. Jika dalam 10  hari seller tidak mengonfirmasi, maka secara otomatis pesanan kamu akan gagal.

Tidak perlu khawatir, karena kita bisa refund. Umumnya seller tidak konfirmasi jika barang yang dibeli stoknya sedang kosong. Karena itu, sebelum beli, kamu juga bisa chat seller untuk mengonfirmasi barang tersebut ready atau tidak.

 Awaiting Shipment di Aliexpress
Awaiting Shipment di Aliexpress

Itulah cara belanja di Aliexpress dengan transfer bank mudah dan cepat tanpa rumit sama sekali. Saya mencoba mencari pengalaman aja untuk beli produk dari luar negeri. Ternyata, untuk ongkos kirim jauh lebih murah belanja dari luar negeri karena tersedia fasilitas free shipping. Hanya saja, kita akan menunggu barang sampai kurang lebih 20 hari sampai 40 hari.

Dari beberapa pengalaman teman-teman yang belanja di Aliexpress, meskipun status free shipping, kadang mereka mendapat tagihan tambahan dari kurir jasa pengiriman ketika sampai di rumah. But not at all ya. Jika barang yang harganya tidak sampai Rp60.000 di atas, sepertinya tidak akan mendapat tagihan tambahan. Toh, barang impor yang kena pajak dan bea cukai adalah barang yang harganya di atas $75 atau sekitar Rp1.100.000.


Belanja online luar negeri bebas pajak


Apakah belanja di Aliexpress kena pajak? Bagaimana sistem pajak Aliexpress?

Sistem pajak di Indonesia yang setahu saya berlaku bagi semua barang impor dari luar negeri melalui toko online seperti Aliexpress dan lain-lain hanya dibebankan pada produk yang total harganya $75. Sementara untuk yang kurang dari $75, umumnya tidak akan ada tambahan biaya lagi dari pihak bea cukai.

Dulu pajak impor barang dari luar negeri berada pada angka $100 namun sekarang diturunkan lagi menjadi $75 dengan tujuan untuk mendukung usaha-usaha dalam negeri.

Sebaiknya kamu pelajari lagi tentang masalah pajak impor barang dari luar negeri dan peraturannya. So, kamu tidak perlu main kucing-kucingan dengan bea cukai hanya untuk sembunyi dari pajak. Jadilah warga negara yang taat pajak untuk kemajuan bersama. Kalau bukan kita siapa lagi yang mau mulai!

Lihat juga Pengalaman Belanja di Tokopedia Aman dan Barang Cepat Sampai.

Tips Aman Belanja di Aliexpress


Apakah Aliexpress penipu? Tentu tidak. Aliexpress adalah toko online terpercaya. Yang penipu biasanya adalah seller yang ada di dalamnya. Biasanya banyak oknum-oknum nakal yang sengaja berjualan namun produknya tidak berkualitas. Karena itu, selalu perhatikan bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas barang. Asal tidak tertipu aja.

Untuk menghindari penipuan belanja di Aliexpress, ada baiknya kamu melihat feedback dari pembeli lain. Jangan sampai kamu tertipu. Kan sulit juga kalau mau refund barang yang sudah dikirim dari China ke Indonesia. So, pastikan cari barang yang bagus dari seller terpercaya yang salah satunya bisa dilihat dari feedback pembeli.

Cara mudah melihat feedback positif adalah dengan melihat status order suatu produk dan bintang yang didapatkan. Semakin laris suatu produk dan semakin tinggi bintangnya makan bisa dikatakan barang tersebut bisa aman untuk dibeli dan terhindar dari penipuan.

Selain itu, jangan lupa untuk perhatikan lamanya si seller bergabung. Semakin lama bergabung misalnya 2 tahun maka kemungkinan seller tersebut benar-benar niat menjual dan berbisnis secara bersih tanpa tipu-tipu.

Lihat juga 7 Situs online shop internasional terbaik dan terpercaya

Demikianlah cara belanja di Aliexpress menggunakan ATM BRI via interent banking. Selanjutnya, kita akan membahas review belanja di Aliexpress, ketika barangnya sudah sampai :D. Semoga.
  May 02, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close