Skip to main content

Cara Agar Lolos Tes Buta Warna (Contoh tes buta warna dan jawabannya)

Cara Agar Lolos Tes Buta Warna - Beberapa perusahaan PT swasta, tidak menerima karyawan yang memiliki masalah kesehatan seperti buta warna. Hal yang sama juga diinstansi-instansi pemerintahan. Karena itulah, dilakukan tes kesehatan mata termasuk tes buta warna.

Seringkali banyak yang jatuh di tes buta warna. Tentu ini sangat memprihatinkan. Ada yang gagal ketika tes buta polisi dan militer padahal sudah bekerja keras untuk latihan fisik. Mengetahui hal ini, saya akan berbagi sedikit tips agar lolos tes buta warna dan pekerjaan yang bisa menjadi alternatif bagi kamu. Siapa tahu kamu bisa menghasilkan ratusan dolar tanpa perlu bekerja di perusahaan.


Apa itu buta warna?


Buta warna adalah salah satu kelainan pada mata yang umumnya tidak bisa melihat warna-warna tertentu seperti warna biru, merah, kuning, hingga hijau. Buta warna seperti ini disebut juga buta warna parsial. Tapi sebagian kecil penderita buta warna juga mengalami buta warna yang benar-benar total buta warna, hanya bisa melihat hitam dan putih (monokromasi).

Penyebab buta warna bisa karena penyakit tertentu. Namun yang umum ditemukan adalah faktor buta warna genetik atau faktor keturunan yang diakibatkan oleh rusaknya gen yang membentuk fotopigmen. Berita buruknya adalah kondisi buta warna jenis ini belum dapat disembuhkan.

Contoh tes buta warna dan jawabannya


Saat mengikuti tes kesehatan MCU, tidak sedikti peserta yang gagal akibat masalah buta warna. Kesalahan yang paling sering terjadi adalah karena tidak mengenal tanda-tanda buta warna yang dialaminya.

Karena itu, penting bagi setiap orang yang ingin mendaftar di instansi pemerintah seperti kepolisian atau pun karyawan di perusahaan swasta untuk belajar tes buta warna. Perlu diketahui bahwa ada beberapa tipe tes buta warna, seperti:

Tes Ishihara, yaitu tes buta warna yang paling sering digunakan. Saat menjalani tes buta warna, dokter akan menghadapkan ke calon karyawan beberapa gambar yang berisi angka, huruf, atau simbol tertentu yang dibangun dari titik-titik warna.

Selain tes Ishihara, tes buta warna lainnya adalah menyusun warna berdasarkan tingkat gradasi warna.

Saat ini banyak  game tes buta warna online yang bisa membantu kamu mengenali apakah kamu buta warna atau tidak. Sekali lagi, karena itu, sebelum mengikuti tes kesehatan, kamu harus belajar tes buta warna terlebih dahulu.

Berikut contoh tes buta warna dan jawabannya untuk mengetahui apakah kamu mengalami masalah kelainan penglihatan.

1. Sebutkan angka berapa saja yang ada di dalam gambar di bawah ini!

Cara Agar Lolos Tes Buta Warna (Contoh tes buta warna dan jawabannya)
Cara Agar Lolos Tes Buta Warna (Contoh tes buta warna dan jawabannya)


Jawaban dari baris satu kiri atas sampai baris dua kanan bawah menunjukkan angka:
25, 56, 6, 2, 45, 29.

2. Sebutkan gambar apa yang terpdapat dalam kota di bawah!

game online tes buta warna
Game online tes buta warna


Jawaban:
Kotak berwarna coklat dan lingkaran berwarna kuning

3. Angak berapa yang tertera di gambar berikut ini?

Contoh tes buta warna dan jawabannya
Contoh tes buta warna dan jawabannya


Jawaban: 7

4. Sebutkan angka yang terdapat dalam lingkaran di bawah ini! 

 Contoh tes buta warna online
Contoh tes buta warna online


Jawaban: 26

5. Sebutkan angka yang tertera di bawah ini!

 Cara mengetahui buta warna
Cara mengetahui buta warna


Jawaban: 42

Jika kamu tidak bisa membedakan warna-warna dalam titik-titik tersebut, maka kamu mengalami buta warna.

Lihat juga Penyebab Buta Warna Parsial: Jenis-jenis dan Pecegahan Buta Warna

Cara agar lolos tes buta warna


Jika kamu tidak bisa membedakan warna-warna pada tes buta warna online di atas, maka bisa dipastikan bahwa kamu menderita buta warna. Dan itu merupakan suatu kenyataan bahwa kesempatan kerja pada perusahaan tertentu termasuk menjadi polisi sudah hilang.

Banyak tips dan trik lolos tes buta warna. Ada yang melalui cara menghafal buku Ishihara dan trik-trik tertentu. Namun ini sangat jarang berhasil.

Menghafal tes buta warna seperti tes Ishihara hanya bisa membantu penderita buta warna mengenali pola-pola tertentu saja dan menghafalnya. Dan ini sama sekali tidak bisa menyembuhkan buta warna. Namun hanya merupakan salah satu usaha untuk mencegah kegagalan saat mengikuti tes buta warna.

Menariknya, ada juga yang berhasil melewati tes buta warna. Tapi itu hanya berlaku di perusahaan-perusahaan yang tidak terlalu ketat dalam melakukan tes kesehatan. Sementara untuk perusahaan ketat, cukup sulit untuk melewati tes ini hanya dengan menghafal gambar tes buta warna.

Jika perusahaan tempat kamu melamar memang tidak terlalu ketat dalam tes buta warna, kamu bisa datang lebih awal dan mencoba melihat tes-tes buta warna dan menghafalnya saat peserta lain sedang mengikuti tes. Intinya adalah kamu harus belajar terlebih dahulu dan banyak bertanya kepada mereka yang telah lulus tes buta warna tentang huruf atau angka yang tertera di tes tersebut.

Pengobatan buta warna secara alami


Sejauh ini, banyak juga yang memperhatikan masalah buta warna. Beberapa menghadirkan kacamata buta warna. Meskipun sampai hari ini juga belum ada yang benar-benar bisa mengatasi tes buta warna.

Sayang sekali, masalah kesehatan buta warna belum ada obatnya. Dan bahkan sebagian besar orang pesimis untuk mendaftar di perusahaan karena masalah tes buta warna. Terlebih karena dikatakan bahwa buta warna adalah kelainan mata yang tidak bisa disembuhkan.

Mengetahui hal ini, ada baiknya kamu  mencoba alternatif pekerjaan lainnya. Ketahuilah, menderita buta warna bukanlah akhir dari hidup. Di beberapa negara seperti Inggris, buta warna tidak dianggap sebagai disabilitas sehingga penderita buta warna diperlakukan sama dengan orang yang memiliki penglihatan normal.

Pekerjaan-pekerjaan lain yang bisa kamu tekuni sangat banyak. Terlebih di era digital hari ini, kamu bisa mendapatkan uang dari mana saja. Menjadi blogger, penulis lepas, desaigner grafis, bahkan sampai berpenghasilan jutaan rupiah dari jual beli font. Iya, bayangkan saja, hanya dengan membuat font huruf A sampai Z kamu bisa mendapatkan untung jutaan rupiah.

Masih banyak pekerjaan lain yang tidak membutuhkan tes buta warna. Banyak yang sukses berkarier meskipun menderita buta warna. Silahkan cek di Google sendiri.

Ketahuilah, normal tidaknya sesuatu itu terlihat dari mayoritas dan banyaknya populasi. Seandainya yang banyak adalah penderita penyakit tertentu, maka yang dianggap tidak normal adaah yang sehat. Itu adalah motivasi terbaik yang pernah saya dapatkan untuk mengharga setiap perbedaan.

Bagi kamu yang memiliki kekurangan, jadikan kekurangan itu sebagai hal yang istimewa dan buat orang lain iri. Bayangkan saja hebatnya dirimu ketika kamu bisa membuat orang lain iri terhadap kekuranganmu. Bagaimana dengan kelebihanmu?

Kesimpulannya kamu bisa mencoba cara agar lolos tes buta warna jika kemungkinan tersebut ada. Seperti tes kesehatan yang tidak terlalu ketat. Contohnya menghafal tes buta warna.

Tapi jika memang tidak memungkinkan, ada baiknya kamu mencari pekerjaan lainnya dan kreatif untuk membangun bisnis sendiri. Mulai dari pekerjaan online kalau sulit dapat lapangan pekerjaan.

Banyak pekerjaan bisnis online yang bisa dicoba. Seperti menjadi blogger, programmer, menjual jasa, desain grafis, dan lain-lain.

Lihat juga Cara efektif melindungi mata dengan kacamata anti radiasi

Itulah sedikit tips Cara Agar Lolos Tes Buta Warna. Sebelum mengikuti tes kesehatan MCU, ada baiknya kamu belajar tes buta warna untuk mengenali apakah kamu mengalami kelainan pada mata.

  May 20, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close