Skip to main content

7 Cara Agar Lolos Copyright di Youtube

Cara Agar Lolos Copyright di Youtube - Pernah upload video di Youtube tapi bermasalah dengan pihak ketiga karena video yang kamu upload terkena pelanggaran copyright? Tak perlu panik karena bukan kamu saja yang pernah mengalami masalah kena hak cipta video atau lagu.

7 Cara Agar Lolos Copyright di Youtube
7 Cara Agar Lolos Copyright di Youtube 

Pihak ketiga seringkali mengklaim hak cipta video Youtube, baik dari segi lagu atau pun video. Dan memang itu sangat sering terjadi. Hal ini disebabkan oleh kemampuan Youtube dalam mendeteksi video-video yang melakukan pelanggaran hak cipta suatu karya.

Tentu ini menjadi tantangan tersendiri bagi Youtuber pemula. Terus bagaimana dan cara apa yang harus dilakukan agar bisa lolos copyright Youtube?

Cara Agar Lolos Copyright di Youtube


Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar lolos dan terhindar dari copyright di Youtube seperti:

1. Menggunakan lagu bebas hak cipta Youtube


Lagu dan audio memang termasuk salah satu karya yang sangat rentan terkena hak cipta. Jangankan digunakan pada video, seorang musisi yang menciptakan lagu pun terkadang harus berurusan dengan pihak pengklaim karena dianggap meniru musik dari suatu lagu.

Untuk menghindari copyright audio di Youtube, kamu bisa menggunakan lagu bebas hak cipta. Yups, ada banyak lagu yang tidak kena hak cipta yang bisa kamu gunakan secara gratis untuk keperluan video Youtube kamu sebelum diupload.

Lihat juga Aplikasi edit video terbaik di laptop untuk Youtuber

2. Meminta izin kepada pemilik hak cipta 


Cara mengatasi copyright lagu di youtube yang juga bisa kamu tempuh adalah dengan meminta izin kepada pemilik hak cipta. Hanya saja, biasanya kamu akan membayar sebongkah uang untuk menggunakan lagu-lagu yang memiliki hak cipta untuk dapat digunakan.

Silahkan pelajari cara meminta izin hak cipta lagu kepada pemilik hak ciptanya. Namun kalau kamu tidak mau cara ini, kamu bisa menempuh tips di bawah ini agar lolos copyright di Youtube sekalipun menggunakan lagi-lagu berhak cipta.

3. Mengubah pitch audio


Ada yang nyanyi dengan suara sendiri tapi tetap kena copyright. Kenapa bisa begitu? Tentu karena ini bukan karya original dan sangat mungkin karena lagu yang kamu nyanyikan persis dengan penyanyi aslinya atau lebih bagus suara kamu.

Jika pemilik hak cipta lagu iri, tentu mereka akan klaim lagu mereka. Just kidding! Memang hak mereka untuk mengklaim karya mereka.

Apakah ada cara menghilangkan hak cipta pada lagu? Jawabannya ada. Tapi bukan menghilangkan sih, karena jika kamu menghilangkan hak cipta pada lagu dan ingin menggunakannya dengan bebas ya, kamu harus beli lisensinya.

Tapi kalau kamu mau lolos copyright lagu di Youtube, salah satu cara unik yang bisa kamu coba adalah mengubah pitch audio. Ya, cara ini terkesan bagus untuk menghindari copyright Youtube. Hanya saja, kamu harus membuatnya semenarik mungkin agar penonton tidak merasa ada yang aneh dengan audionya. :D

Lihat juga Aplikasi edit video PC terbaik dan gratis cocok untuk Youtuber pemula

4. Menggunakan free royalty music


Cara yang paling mudah agar lolos copyright di Youtube adalah dengan menggunakan karya yang free royalty. Seperti menggunakan free royalty music di mana kamu bebas menggunakan audio tersebut untuk kebutuhan video kamu.

5. Menambahkan intro dan outro pada video reupload


Jika tadi fokus ke copyright Youtube, mari kita bahas lagi tentang video Youtube yang kena copyright. Beberapa cara edit video agar tidak kena hak cipta adalah dengan menambahkan intro (pembuka) dan outro (penutup) pada sebuah video.

Selain itu, kamu juga bisa menambah frame atau template video yang berbeda dan unik agar video yang kamu upload lolos copyright.

Biasanya Youtuber-youtuber menggunakan video re-upload yang diedit sedemikian rupa untuk bisa lolos copyright di Youtube. Hanya saja, cara ini tidak pernah benar-benar bisa membuat sebuah video jadi trending video.

6. Gunakan video License Creative Commons


Jika tidak mau terkena masalah copyright dan mau main aman, kamu bisa mencoba menggunakan video license creative commons.

Bagaiaman cara melihat video yang bebas hak cipta di Youtube? Kamu bisa melihat video-video yang menggunakan license creative commons dengan filter pencarian di kotak search pada website Youtube.

Namun agar bisa menghasilkan video yang bagus, tentu kamu harus sekreatif mungkin dalam mengeditnya.

7. Membuat video original


Cara upload lagu ke youtube tanpa kena hak cipta yang paling bagus dan direkomendasikan adalah dengan membuat video original. Bukan hanya video original yang bebas hak cipta dari segi video reupload tapi juga dari segi audionya.

Untuk lagu, kamu bisa gunakan yang free license atau beli lisensinya. Namun sebelumnya, pastikan video-video yang akan kamu upload memang benar-benar unik dan kreatif agar bisa dinikmati penontonnya.

Totalitas dalam membuat konten video Youtube yang original dan beda dari yang lain menjadi kunci sukses Youtuber. Salah satu yang patut dicontoh dari segi kreatifitas adalah channel Waton Guyon oleh Pak Ndul, yang sukses membuat video-video unik dan menduduki trending video di Youtube.

Lihat kunci sukses Pak Ndul, Youtuber unik Indonesia yang kreatif

Sekedar informasi tentang Claim conten ID: Jika salah satu video kamu terjaring razia hak cipta dan diklaim oleh pihak ketiga maka kamu tidak akan bisa menampilkan iklan di video tersebut. Sementara pihak pengklaim bisa memasang iklan di video tersebut sebagai pemilih hak cipta

Demikianlah cara agar lolos copyright di Youtube baik itu video reupload dan lagu bebas hak cipta. Semoga bermanfaat!
  May 04, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close