Skip to main content

Cara Agar Kamera Android Terang dan Jernih Seperti DSLR

Cara Agar Kamera Android Terang dan Jernih Seperti DSLR - Smartphone android sudah menjadi teman sehari-hari yang memiliki banyak fungsi. Salah satunya memotret. Namun sayang, sering kali hasil foto kamera hp terlihat buram dan tidak jernih. Terus bagaimana agar kamera android bisa terang?

Cara Agar Kamera Android Terang dan Jernih Seperti DSLR
Cara Agar Kamera Android Terang dan Jernih Seperti DSLR

Sebelum lebih jauh mengetahui cara membuat kamera android terang dan jernih, terlebih dahulu kita mengetahui penyebab hasil foto menggunakan kamera hp lebih buram.

Penyebab Hasil Kamera Hp Android Buram


Ada beberapa penyebab hp kamera hasil fotonya buram. Seperti beberapa alasan berikut ini!

1. Spesifikasi kamera rendah


Tidak ada hp yang terlalu murah dan tidak ada hp yang terlalu mahal. Semuanya sesuai dengan harga dan kualitas. Mengharapkan hasil jepretan bagus dari kamera 3 megapixel sangatlah sulit.

Jika masalah foto buram hasil kamera bawaan ponsel, maka tidak terbantahkan lagi kalau kita hanya memiliki satu rencana terbaik, yaitu cara upgrade kamera hp android. Lebih sederhana kalau dikatakan ganti hp lama menjadi hp baru dengan spesifikasi kamera yang lebih baik seperti di atas 10 Megapixsel.

2. Fitur kamera handphone yang kurang memadai


Cara supaya kamera hp terang yang kadang disepelehkan adalah pengaturan kamera itu sendiri. Bisa saja kurangnya pemahaman tentang efek-efek kamera di hp sehingga hasil foto terlihat lebih buram dan jelek.

Karena itu, penting untuk mengatur mode kamera seperti efek HDR atau pengaturan ISO. Namun sayang, tidak semua hp android memiliki pengaturan HDR dan ISO.

Lihat juga Pengaturan kamera hp Samsung J2 Prime Unmirror

3. Lensa kamera kotor


Penyebab kamera hp buram juga biasanya disebabkan oleh baret/lecet di sekitar lensa kamera. Biasanya ini terjadi karena keteledoran pengguna ponsel yang meletakkan hp dengan sembarangan.

Padahal, jika bagian pada kamera ini yang lecet, maka akan sulit untuk menghasilkan foto yang jernih. Untuk membersihkan lensa kamera yang kotor bisa menggunakan pasta gigi secukupnyna dan selalu lap menggunakan tisu yang lebih halus dan bersih.

4. Salah dalam memotret


Orang selalu bilang, kamera DSLR semahal dan sebagus apa pun tidak akan banyak berarti di tangan fotografer yang baru belajar. Hasilnya akan jauh dari kata sempurna jika kita salah dalam mengambil gambar. Misalnya kesalahan dalam memotret di mana object yang difoto membelakangi cahaya.

Setelah tahu kelemahan-kelemahan dalam memotret menggunakan kamera android di atas, saatnya untuk mengetahui cara setting dan menggunakan kamera hp agar jernih.

Lihat juga Cara setting kamera hp android agar jernih seperti DSLR.

Cara Agar Kamera Android Terang dan Jernih Seperti DSLR


Langsung saja, berikut cara supaya kamera hp android menghasilkan foto yang terang dan jernih seperti di DSLR.

1. Meningkatkan resolusi kamera


Pengaturan kamera yang paling sederhana yang sering dilupakan adalah mengatur resolusi kamera hp. Ya, resolusi kamera ini bisa diatur langsung di settingan kamera hp.

Namun yang perlu diketahui, semakin tinggi resolusi kamera, semakin cerah dan bersih juga hasil jepretannya. Namun kekurangannya adalah hasil foto juga akan memiliki ukuran foto yang lebih besar.

2. Setting ISO


Pengaturan ISO adalah hal yang penting dalam memotret terlebih jika menggunakan kamera DSLR. Uniknya, hampir semua vendor hp android terbaru saat ini menyematkan fitur ISO pada ponsel buatannya. Silahkan setting ISO kamera hp sesuai dengan kebutuhan dan kondisi object yang difoto.

3. Atur HDR (High Dynamic Range)


Selain fitur ISO, fitur lainnya dari kamera ponsel juga biasanya sudah dilengkapi oleh HDR. HDR ini cocok digunakan ketika cahaya melimpah dan dalam kondisi object diam tidak bergerak.

4. Hindari zoom object


Melakukan zoom object akan membuat foto hasil kamera hp tidak maksimal. Malah terkadang hasil foto menjadi buram dan pecah.

Karena itu, lebih baik mendekat ke lokasi obejct dari pada melakukan zoom in. Terlebih jika hp kamera yang digunakan juga pas-pasan.

5. Ambil gambar dari posisi yang tepat


Kok hasilnya terang ya? Kok bisa gelap ya? Biasanya selain disebabkan oleh spesifikasi hp yang rendah, juga kesalahan yang dilakukan oleh fotografer.

Karena itu perhatikan tips-tips menjadi fotografer pemula seperti tidak memotret object yang membelakangi cahaya. Idealnya sebuah foto hasil kamera adalah ketika object yang difoto mendapat cahaya secukupnya dari arah depan.

So, pastikan object menghadapi cahaya ketika difoto. Itu sama artinya kamera membelakangi cahaya.

Lihat juga 9 Aplikasi android wajib untuk mahasiswa

6. Gunakan tongsis


Tidak sedikit hasil foto menggunakan kamera android yang buram. Biasanya ini terjadi karena sulitnya tangan untuk tidak membuat kamera bergerak ketika memotret.

Untuk mengatasi masalah ini, bisa dengan menggunakan tongsis yang jauh lebih aman dari gerakan dan getaran tangan. Atau kalau tidak mau ribet, letakkan hp di posisi yang tepat dan gunakan timer untuk mengambil gambar dalam waktu tertentu.

7. Menggunakan aplikasi kamera jernih


Jika cara setting kamera hp supaya bagis tidak berhasil, maka kita bisa menggunakan aplikasi kamera jernih di android. Ya, ada banyak aplikasi kamera cantik dan terang di hp android yang bisa kamu coba.

Selain itu, setiap foto yang dijepret terutama menggunakan hp kamera harus tetap dipoles sedemikian rupa agar hasil foto lebih bagus. Kamu bisa mencoba aplikasi-aplikasi edit foto terbaik.

Lihar juga 15 Aplikasi edit foto kekinian di android

Demikianlah artikel tentang Cara Agar Kamera Android Terang dan Jernih Seperti DSLR. Semoga bermanfaat!
  May 09, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close