Skip to main content

Berpikir Kreatif Adalah: Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Berpikir Kreatif

Berpikir Kreatif Adalah: Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Berpikir Kreatif - Berpikir kreatif adalah indikator penting menuju kesuksesan. Tak sedikit pengusaha sukses yang lahir dari ide-ide kreatif yang bahkan bagi sebagian orang lain dianggap cukup gila. Tapi apa sih berpikir kreatif itu dan manfaatnya?

Berpikir Kreatif Adalah: Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Berpikir Kreatif
Berpikir Kreatif Adalah: Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Berpikir Kreatif

Good qustion! Karena hari ini kita akan membahas tentang berpikir kreatif, ciri-ciri dan manfaat berpikir kreatif dan tak ketinggalan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.


Definisi Pengertian Berpikir Kreatif


Apa itu berpikir kreatif?

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kreatuf adalah memiliki daya cipta atau memiliki kemampuan untuk menciptakan. Sedangkan berpikir sendiri bisa diterjemahkan sebagai kemampuan menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan baik-baik sebelum mengambil keputusan.

Jadi, pengertian berpikir kreatif adalah kemampuan berpikir dengan akal budi yang beriorientasi pada daya cipta. Berpikir kreatif juga diartikan sebagai sebuah metode berpikir dengan cara yang berbeda. Maksudnya, bisa melihat dari sudut pandang mana saja.

Manfaat berpikir kreatif


Tanpa kreativitas, semua aktivitas akan terasa sangat membosankan. Tak heran jika di lingkungan kerja atau seperti di sekolah dan kampus, ada beberapa guru dan dosen yang menjadi panutan karena dianggap kreatif.

Manfaat berpikir kreatif sangat banyak. Di bidang bisnis, perusahaan selalu mewajibkan karyawannya untuk mengetahui pentingnya berpikir kreatif dalam kewirausahaan. Tentu ini sangat bermanfaat bagi perusahaan tersebut agar dapat bersaing dan tidak tertinggal.

Dengan berpikir kreatif, seorang kreator bisa memandang masalah dari berbagai sudut pandang sehingga bisa menemukan akar permasalahn dan menyelesaikan masalah.

Ciri-ciri berpikir kreatif


Ada banyak indikator seseorang bisa dikatakan memiliki kemampuan berpikir kreatif. Tidak hanya sekedar menyelesaikan suatu masalah dan menganggapnya sebagai kebetulan. Kemampuan berpikir kreatif adalah bagian dari analitis matematis.

Adapun ciri-ciri berpikir kreatif adalah:

  1. Berwawasan luas dan memiliki segudang ide unik 
  2. Ide bukan sembarang ide tapi sebuah ide yang dirumuskan secara logis
  3. Terbuka dan bisa melihat dari berbagai sudut pandang
  4. Orang yang kreatif tidak pernah menyerah karena tekanan
  5. Suka menganalisa dari sesuatu yang sederhana sampai yang rumit..

Cara berpikir kreatif 


Berpikir kreatif dan inovatif tidak selalu harus memiliki algoritma yang runtut dari A sampai Z. Berpikir kreatif juga tidak muncul dari kepintaran. Tapi berpikir kreatif lebih sering hadir dari hal-hal yang sederhana.

Kemampuan melihat peluang adalah salah satu contoh berpikir kreatif. Dan memang tidak mudah untuk mlihat sebuah peluang dan mencari keuntungan dari dalamnya.

Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, tak sedikit yang melakukan riset, trial and error, untuk memastikan bahwa tidak ada kesalahan dalam metode yang akan diterapkan.

Beberapa tips mengembangkan kemampuan berpikir kreatif yang selalu berhasil diterapkan oleh sebagian besar orang adalah dengan selalu mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri. Selain itu, rajin membaca dan bersosialisasi adalah salah satu cara mendapatkan kemampuan berpikir yang semakin kreatif.

Contoh berpikir kreatif 


Contoh berpikir kreatif adalah saat kamu bisa membuat semuanya lebih sederhana namun tujuan tetap tercapai. Misalnya mengambil rute terpendek untuk hitung-hitungan ekonomi yang meliputi waktu dan cost.

Atau pun berpikir kreatif dan inovatif untuk menciptakan suatu produk atau pun suatu perubahan. Ya seperti itulah berpikir kreatif. Tapi tidak selamanya berpikir kreatif harus selalu hadir dengan inovasi baru.

Kadang berpikir kreatif datang dari ide-ide cemerlang yang telah ada sebelumnya dan dimodifikasi atau dikembangkan sesuai dengan konteks yang kita hadapi. Berpikir kreatif dapat membuat kreator menemukan metode pemcecahan masalah yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Lihat juga Pengertian Berpikir Kritis Adalah...

Demikianlah Cara Berpikir Kreatif Adalah: Pengertian, Ciri-ciri dan Manfaat Berpikir Kreatif. Semoga bermanfaat!
  May 21, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close