Skip to main content

4 Bahaya Menggunakan VPN Gratis dan Cara Aman Pakai VPN

Bahaya Menggunakan VPN Gratis dan Cara Aman Pakai VPN - Akhir-akhir ini akses terhadap WhatsApp, Facebook, Instagram dan media-media sosial lainnya dibatasi oleh pemerintah. Hal ini menyebabkan sulitnya mengakses media-media sosial tersebut sehingga banyak pengguna media sosial yang beralih ke VPN. Bagi yang sudah tahu tentang VPN pasti tahulah resikonya.

Namun yang menjadi masalah adalah banyak yang menggunakan VPN tanpa mengetahui bahayanya. Hanya karena mau mencegah Facebook dan WhatsApp dibatasi, banyak yang langsung menggunakan VPN gratisan tanpa tahu sebab akibatnya. Tapi sebelum membahas tentang bahaya menggunakan VPN, terlebih dahulu kita lihat pengertian VPN.

Apa Itu VPN?


Apa itu VPN?
Apa itu VPN?

VPN (Virtual Private Network) bukanlah hal yang baru lagi. Secara sederhana, cara kerja VPN adalah dengan mengizinkan pengguna VPN untuk mengakses internet yang adalah jaringan public secara private (Rahasia). Sebenarnya banyak fungsi dan manfaat VPN sendiri yang juga biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan besar untuk mengamankan koneksi jaringannya.

Sebenarnya ini sudah digunakan sejak lama oleh user-user tertentu, seperti mereka yang suka nuyul Admob (Google Adsense Mobile). Selain itu, banyak yang juga menggunakan VPN untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah.

Jadi, orang yang menggunakan VPN seolah-olah tidak mengakses internet dari dalam wilayah yang diblokir tersebut. Jadi, IP-nya akan terdaftar di layanan VPN tempat mereka terkoneksi. Dan VPN ini umumnya disediakan oleh server VPN luar negeri.

Karena itulah, jika kasus pembatasan akses WhatsApp, Facebook dan Instagram oleh pemerintah hanya terjadi di Indonesia untuk menangkal hoax, menggunakan VPN bisa mencegah pembatasan tersebut.

Tapi bagi pengguna VPN awam, terlebih VPN gratis dan bukan premium, rentan terkena dengan berbagai masalah. Bukan hal yang baru lagi jika bahaya menggunakan VPN gratis itu cukup besar resikonya.

Lihat juga Cara mengunci folder di laptop 100% aman

Bahaya Menggunakan VPN Gratis


Langsung saja, berikut beberapa bahaya menggunakan VPN gratis yang perlu kamu ketahui!

1. Tidak ada jaminan keamanan data


4 Bahaya Menggunakan VPN Gratis dan Cara Aman Pakai VPN
4 Bahaya Menggunakan VPN Gratis dan Cara Aman Pakai VPN

Menggunakan VPN artinya mengizinkan server VPN untuk mengakses IP address kita dan tak menutup kemungkinan mengakses perangkat mobile atau pun PC yang digunakan.

Karena itulah, menggunakan VPN sangat rentan terhadap pencurian data dan informasi karena VPN server mengetahui semua yang kita akses. Mereka memantau aktivitas online pengguna VPN.

2. VPN sering mengandung malware berbahaya


Salah satu bahaya menggunakan VPN gratis adalah terserang virus dan malware yang berbahaya. Malware adalah program berbahaya yang memiliki fungsi dan tujuan tertentu. Tidak sulit bagi hacker untuk menyisipkan malware ke perangkat yang terhubung dengan VPN gratis jika mereka mau.

So, aplikasi-aplikasi VPN yang beredar tidak menutup kemungkinan juga mengandung malware yang berbahaya bagi perangkat dan keamanan data pengguna di dalamnya.

3. Man In The Middle Attack


Apai itu Man In The Middle Attack? Dari namanya saja, kita bisa mengetahui bahwa orang yang berada di tengah-tengah antara pengirim informasi dan penerima informasi. Hal ini juga sering dilakukan oleh hacker dalam menjembatani antara pengirim dan penerima informasi untuk mendapatkan tujuannya.

Dan dalam kegiatan transaksi, serangan man in the middle ini sangat berbahaya. Bagi pengguna VPN gratis, bahaya yang satu ini juga harus diwaspadai.

4. Mencuri bandwidht dan serangan Adware


Banyak sumber yang mengatakan bahwa VPN gratis bisa mencuri bandwidth kemudian menjualnya kembali. Selain itu, ketika kita menggunakan VPN gratis maka umumnya akan banyak iklan yang menyerang komputer PC atau smartphone kita.

Meskipun adware terkadang tidak berbahaya, tapi cukup mengganggu penggunanya saat dihadapkan dengan iklan-iklan yang muncul tiba-tiba yang tidak sesuai dengan minat. Hanya saja, kita harus tetap waspada terhadap adware karena bisa saja mengandung malware atau program perusak berbahaya lainnya.

Ya, itulah sedikit bahaya menggunakan VPN gratis di hp dan PC yang perlu diwaspadai. Meskipun keuntungan menggunakan VPN cukup banyak seperti halnya bisa mencegah blokir situs atau pun mengatasi batasan akses media sosial yang diblokir sekarang ini, namun tetap waspadai bahaya menggunakan VPN gratis.

Karena tidak lucu aja jika hanya karena ingin mengakses Facebook pakai VPN dengan keuntungan melihat status-status saja, hp atau PC malah terserang malware yang berbahaya untuk keamanan data dan informasi kita.

Apakah ada cara aman pakai VPN? 


Di dunia internet yang meskipun memiliki hukum, tidak ada yang benar-benar aman. Banyak serangan hacker (cracker), penipuan online, carding, phising, dan lain-lain yang tidak bisa diungkap atau pun karena korban tidak tahu harus melapor kemana.

Karena itu, jika Anda menggunakan VPN, pastikan Anda tidak melakukan transaksi perbankan seperti Internet banking atau pun lainnya. Itu adalah salah satu cara aman pakai VPN. Jangan gunakan melakukan transaksi karena cukup rentan pencurian informasi. Bahkan data-data medsos pun rentan diketahui jika diakses menggunakan VPN.

Selain itu, kamu bisa saja mencoba menggunakan VPN berbayar atau premium yang pastinya lebih aman dari VPN gratisan. Namun tentu saja, harga VPN berbayar juga mahal.

Banyak juga yang pakai VPN malah lemot dan mengeluh. Ya iyalah, namanya juga gratisan dan banyak orang yang menggunakannya.

Lihat juga Cara menyembunyikan file di laptop dengan password tanpa software

Demikianlah artikel seputar bahaya menggunakan VPN gratis dan cara aman pakai VPN. Semoga bermanfaat!
  May 24, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close