Skip to main content

Adsense Ditolak? Kenali Jenis Penolakan dan Patuhi Kebijakan Adsense

Adsense Ditolak? Kenali Jenis Penolakan dan Patuhi Kebijakan Adsense - Saya belajar blogging dan mulai belajar cara daftar adsense blogger 2017 yang lalu. Jika dibandingkan tahun-tahun 2018, tahun 2017 memang sulit diterima adsense untuk pemula, terlebih karena saya menggunakan subdomain gratisan blogspot.

Adsense Ditolak? Kenali Jenis Penolakan dan Patuhi Kebijakan Adsense
Adsense Ditolak? Kenali Jenis Penolakan dan Patuhi Kebijakan Adsense

Saat itu, banyak tersiar berita kebijakan adsense yang mengatakan umur blog minimal untuk daftar adsense harus 6 bulan. Karena memang pada dashboard blogger tidak terdapat menu penghasilan (earning) untuk daftar adsense.

Tapi itu sama sekali tidak benar. Hanya dengan mengubah bahasa blog dari Indonesia ke Inggris, maka tab penghasilan di blogger akan muncul. Meskipun blog masih berumur kurang dari 6 bulan. Saat itu, saya diterima adsense menggunakan blogspot pada umur blog lebih dari 3 bulan. Sebuah akun adsense hosted tanpa ditolak sekalipun langsung diterima. Review diterima adsense kurang lebih 2 Minggu setelah daftar waktu itu.

Adsense ditolak?


Itu sedikit pengalaman saya terjun ke dunia Google Adsense. Namun karena blog yang susah dapat visitor, saya mulai mengalihkan perhatian ke ternak adsense.

Sejak tahu tentang ternak adsense, jika dihitung-hitung tidak kurang dari seribu penolakan yang saya terima, baik itu satu akun atau pun ratusan akun adsense. Sebagian besar email saat ini ada yang memang sudah diarsipkan karena susah untuk diterima adsense.

Dari penolakan tersebut, kita bisa tahu kalau masih ada hal yang menjadi penyebab blog ditolak google adsense. Intinya, blog yang didaftarkan masih belum memenuhi kebijakan adsense.

Pengalaman ditolak adsense dari dulu sampai sekarang 2019 ini masih saya alami. Seperti kata pepatah, experience is the best teacher, saya juga banyak belajar dari alasan ditolak adsense tersebut.

Dari sana, saya bisa mengetahui penyebab blog diterima dan apakah ada kemungkinan akun yang ditolak tersebut untuk bisa diterima jika didaftar ulang.

Macam-macam penolakan adsense dan cara mengatasinya


Salah satu yang paling menyedihkan saat daftar adsense adalah ketika menerima inbox GA di gmail "Situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan". Karena itu, saya akan berbagi pengalaman ditolak adsense agar bisa lebih diminimalisiri.

Langsung saja, berikut beberapa jenis penolakan adsense dan cara mudah mengatasinya.

1. Situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan (Navigasi bermasalah)


Warning! Kami menemukan beberapa pelanggaran kebijakan di situs Anda, yang berarti situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan.

Perilaku Situs: Navigasi

Seperti yang dinyatakan dalam kebijakan Program kami, situs atau aplikasi yang menampilkan iklan Google harus memberikan informasi yang penting dan bermanfaat bagi pengguna. Pengguna harus dapat menjelajahi seluruh situs atau aplikasi dengan mudah untuk menemukan produk, barang, atau layanan yang dijanjikan.

Contoh navigasi yang menipu mencakup, namun tidak terbatas pada:

  • Klaim palsu tentang konten unduhan atau streaming
  • Menautkan ke konten yang tidak ada
  • Mengarahkan pengguna ke laman web yang tidak relevan dan/atau menyesatkan
  • Teks pada halaman tidak terkait dengan topik dan/atau model bisnis situs.

Cara mengatasi penolakan adsense jenis navigasi adalah memperbaiki navigasi pada header blog. Pastikan tidak ada link broken di header. Jangan juga ada tag a href yang kosong dan masih menggunakan tanda "#".

Penolakan jenis navigasi bermasalah adalah penolakan adsense yang cukup memuaskan. Karena penolakan ini mudah diatasi dan kemungkinan besar adsense tertarik dengan blog kita.


Kami menemukan beberapa pelanggaran kebijakan di situs Anda, yang berarti situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan.

Lihat juga Bongkar rahasia cara ternak adsense terbaru 2019

2. Inventaris berharga sedang dibuat


Inventaris berharga: Sedang dibuat

Seperti yang dinyatakan dalam Kebijakan program, kami mungkin tidak menampilkan iklan Google pada halaman atau aplikasi yang navigasi atau interaksi dengan kontennya sengaja dibuat sulit atau mengesalkan. Ini mencakup halaman atau aplikasi yang masih dalam proses pembuatan, tidak berfungsi, atau mengarahkan ke pesan error.

Untuk informasi selengkapnya, tinjau Kebijakan program.

Penyebab adsense ditolak jenis yang satu ini biasanya karena situs masih tergolong baru. Salah satu cara mengatasi inventaris berharga sedang dibuat adalah dengan mendaftarkan blog ke Google Webmaster Tools.

Jika adsense ditolak dengan peringatan inventaris berharga sedang dibuat juga masih memiliki peluang untuk diterima. Hanya saja, kita harus benar-benar mempersiapkan blog terlebih dahulu.

3. Inventaris berharga tidak ada konten


Hampir sama dengan jenis penolakan adsense yang sebelumnya. Biasanya ini disebabkan oleh blog yang terang-terangan ternak adsense dan copy-paste artikel dari blog lain.

Inventaris berharga tidak ada konten juga bisa disebabkan karena blog masih baru dan belum terindeks Google search engine. Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat artikel original sendiri. Dalam ternak adsense, membuat konten original adalah hal yang buang-buang waktu.

Karena itu, saya biasanya mengambil status di media sosial yang benar-benar real karena itu lebih diharga adsense dan bisa diterima adsense. Tetap tulis sumber artikel untuk menghargai pembuat status ya.

Lihat juga Les private online ternak adsense cepat full approve (TERJAMIN)

4. Inventaris berharga: Konten salinan


Kami menemukan beberapa pelanggaran kebijakan di situs Anda, yang berarti situs Anda belum siap untuk menampilkan iklan.

Inventaris berharga: Konten salinan

Seperti yang dinyatakan dalam Kebijakan program, kami mungkin tidak menampilkan iklan Google pada halaman atau aplikasi yang tidak memberikan manfaat atau hanya sedikit manfaat dan/atau yang berisi iklan berlebihan bagi pengguna. Ini mencakup halaman atau aplikasi yang berisi penyalinan atau penulisan ulang konten dari sumber lain tanpa memberikan nilai tambah.

Lihat pedoman kualitas webmaster Google tentang konten dengan sedikit atau tanpa nilai tambah untuk informasi selengkapnya.

Untuk informasi selengkapnya, tinjau referensi berikut:

  • Tips kebijakan untuk membuat situs berkualitas tinggi (bagian 1)
  • Tips kebijakan untuk membuat situs berkualitas tinggi (bagian 2)
  • Pedoman kualitas webmaster
  • Kebijakan Program AdSense

Jenis penolakan yang satu ini cukup populer saya temui sebagai peternak adsense pemula. Blog yang memang ditujukan bukan untuk mendulang visitor ternyata juga tetap diindeks oleh Google. Akibatnya, jika tulisan artikel tersebut di copy paste, maka sudah pasti mesin canggih seperti Google bisa mendeteksinya,

Untuk adsense yang ditolak karena konten salinan, kamu juga bisa sedikit berpuas. Penolakan adsense jenis ini bisa diatasi dengan sering-sering daftar adsense meskipun ditolak. Dan pastinya, sebaiknya posting artikel original yang belum pernah dipublikasikan di website sebelumnya.

Lihat juga Tutorial fb ads to adsense 2019

5. Cara mengatasi akun adsense yang terkait dengan akun lain


Untuk jenis penolakan adsense yang satu ini, saya sudah angkat tangan. Biasanya ini terjadi karena Google Adsense mendeteksi adanya akun adsense terkait lainnya dari pengguna yang sama.

Kok bisa?

Umumnya dialami oleh peternak adsense yang menggunakan nomor hp yang sama untuk daftar akun Google adsense. Jika penolakannya karena adsense terkain dengan akun lain, kita bisa mencoba menutup akun lain tersebut.

Namun dalam dunia ternak adsense, alasan yang satu ini cukup sulit diatasi. Saya sendiri lebih memilih membuang akun Google adsense yang ditolak karena terkait dengan akun lain.

Cara mengatasinya dengan membuat akun google adsense baru dengan identitas yang berbeda pula. Setidaknya nomor hp yang berbeda bisa mengatasi akun adsense yang terkait dengan akun lain.

Itulah beberapa jenis penolakan adsense dan cara daftar ulang adsense yang ditolak.

Intinya, alasan monetisasi ditolak pada sebuah blog karena belum memenuhi kebijakan adsense. Untuk itu, kita bisa daftar ulang adsense jika memang ada peluang untuk diterima adsense. Karena ada sebagian jenis penolakan adsense yang kecil kemungkinan untuk diterima meskipun didaftar ulang berkali-kali.

Pengalaman ditolak adsense


Seperti yang saya ungkapkan di awal tadi, sudah ribuan kali saya ditolak adsense. Dan beberapa peternak adsense juga ada yang lebih dari itu ditolak adsense.

Tidak ada cara lainnya untuk bisa diterima adsense kecuali dengan selalu daftar ulang adsense tidak peduli ditolak seperti apapun. Itu salah satu kuncinya, jangan pernah menyerah daftar adsense. Terlebih jika blog yang dibangun memang khusus untuk dimonestisasi, minimal 3 bulan sudah bisa diterima adsense jika dikelola dengan serius. Syaratnya gunakan domain TLD Com atau Net.

Namun di tahun 2019 ini, adsense yang ditolak juga ternyata berbahaya. Dulu saya pernah memiliki akun adsense yang saya pasang di blog resep masakan saya. Saya share di Facebook dan terkena jingling dan bom klik dari orang yang tak dikenal.

Akibatnya blog saya dibanned adsense dan adsensenya juga dinonaktifkan karena alasan invalid activity. Saya banding adsense ditolak.

Jika dulu saya hanya tahu adsense yang dibanned hanya yang sudah diterima dan menayangkan iklan, ternyata di tahun 2019 ini sebagian akun adsense saya yang belum diterima, masih dalam tahap review juga dibanned.

Ternyata daftar adsense secara berulang-ulang tanpa memperbaiki kualitas blog bisa mengakibatkan banned adsense meskipun belum pernah diterima.

Anda harus memperbaiki beberapa hal agar dapat menggunakan adsense di blog. Dan bagi kamu yang mau serius di dunia blogger, lebih baik bangun blog otoritas sendiri untuk mendapatkan penghasilan. Mungkin butuh waktu satu tahun tapi itu lebih baik dari pada ternak adsense.

Jika hari ini belum diterima adsense, patuhi kebijakan adsense dan daftar ulang. Banyak yang bertanya cara menghapus akun adsense yang ditolak. Tapi sebenarnya jika kamu tahu alasan penolakannya seperit navigasi sulit diakses, atau inventaris konten salinan, atau konten tidak tersedia, maka kemungkinan besar kamu masih bisa diterima dan tidak perlu menghapus akun adsense yang ditolak.

Jika penolakannya karena adsense terkait dengan akun lain, maka kamu bisa menggunakan email lain dan membuang akun tersebut. Atau pun penolakan tersebut sudah berulang kali karena menggunakan nomor hp yang sama, maka sebaiknya kamu daftar adsense menggunakan nomor hp yang berbeda.

Ya, itulah dunia blogging, ditolak adsense karena blog tidak sesuai keinginan adsense adalah hal yang biasa. Berbeda dengan monetisasi youtube ditolak yang lebih jelas alasannya, blog yang tidak memenuhi syarat memang lebih sulit dianalisis.


Karena itu, dengan mengetahui alasan adsense ditolak dan jenis-jenis penolakannya, kita dapat membuat blog yang sesuai dengan kebijakan adsense. Salam blogger pemula Indonesia!
  May 15, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close