Skip to main content

Sinopsis Novel Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

Sinopsis Novel Laskar Pelangi - Bisa dikatakan, Laskar Pelangi adalah salah satu novel pertama yang membuat saya gemar membaca novel. Hampir satu bulan lebih saya menyelesaikan membaca novel Laskar Pelangi kala 2017 lalu. Bagi kamu yang suka novel juga, sudah dipastikan kamu pernah mendengar nama Laskar Pelangi ini.

Sinopsis Novel Laskar Pelangi (Andrea Hirata)
Sinopsis Novel Laskar Pelangi (Andrea Hirata)

Hari ini, saya akan berbagi ringkasan cerita Novel Laskar Pelangi dalam sebuah sinopsis singkat. Novel Laskar Pelangi merupakan salah satu tetralogi (4 Seri) karya Andrea Hirata. Laskar Pelangi adalah yang pertama kemudian dilanjutkan dengan novel Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov.

Apa yang menarik dari Laskar Pelangi? Tentu banyak sekali. Hal ini dibuktikan dengan kesuksesan novel Laskar Pelangi menjadi salah satu buku sastra best seller terbaik sepanjang sejarah sastra Indonesia.

Selain diterbitkan ke dalam berbagai bahasa, novel ini juga telah diadaptasi ke dalam film berjudul sama, yaitu Laskar Pelangi. Kesuksesan novel Laskar Pelangi juga diikuti oleh seri kedua yang berjudul Sang Pemimpi.

Judul : Laskar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Penerbit : Bentang Pustaka
Kota Terbit : Yogyakarta
TahunTerbit : 2005
Tebal Buku : 529 halaman

Sinopsis Novel Laskar Pelangi


Novel Laskar Pelangi mengisahkan kehidupan anak-anak di salah satu sekolah Muhammadiyah di pulau Belitong, provinsi Bangka Belitung.

Awal cerita di mulai dari kegelisahan di sekolah Muhammadiyah yang terancam tertutup karena kekurangan 1 murid baru. Mereka butuh 10 murid baru tapi sampai pagi itu, hanya ada 9 orang murid baru.

Kegelisahan bukan hanya nampak di raut wajah orang tua, murid baru tapi juga terlebih di muka ibu Muslimah Hafsari dan juga bapak Harfan Effendy Noor.

Ibu Mus, begitulah panggilan untuk ibu guru muda yang menjadi wali kelas dari Laskar Pelangi nantinya. Sedangkan pak Harfan adalah kepala sekolah dari Sekolah Muhammadiyah.

Pak Harfan yang sudah bersiap-siap untuk pidato penutupan sekolah di hari pertama siswa penerimaan siswa baru. Namun sebelum pidato, muncullah seorang anak yang memiliki keterbelakangan mental bernama Harun.

Akhirnya, sekolah SD Muhammadiyah tidak jadi ditutup karena kuota 10 murid baru sudah terpenuhi.

Para siswa baru tersebut adalah Mahar, Ikal, Lintang, Harun, Syahdan, A Kiong, Trapani, Borek, Kucai dan satu-satunya wanita namanya Sahara.

Sejak itu, perjalanan Laskar Pelangi pun di mulai.

Sekolah di hari pertama memperkenalkan sosok setiap murid baru. Setelah itu dilanjutkan gambaran sekolah mereka yang sudah sangat memprihatinkan.

Bangunan yang sudah hampir roboh, alas tanah dan kursi seadanya, dan hampir serba seadanya.

Bukan hanya itu, guru-guru yang ada pun harus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka. Ya, paling tidak sedikit beras dari orang tua murid yang juga hidup dalam kemiskinan.

Ibu Mus menjahit pakaian dan Pak Harfan yang mengelola sebidang tanah.

Namun kondisi sekolah dan keadaan penghuninya yang sangat memprihatinkan tersebut bukan alasan bagi mereka untuk tidak belajar.

Pak Harfan dan Ibu Mus bisa dikatakan adalah sosok guru yang luar biasa. Bahkan gelar pahlawan tanpa tanda jasa sangat pantas disandang oleh pengajar-pengajar yang tidak mengharapkan imbalan ini, selain dari mengubah keadaan anak-anak didiknya.

Pak Harfan dan Ibu Mus mengajarkan banyak hal baru dan luar biasa bagi mereka. Menanamkan sikap optimis dan percaya diri yang membuat berani bercita-cita dan mimpi setinggi langit dan tak terbatas.

Namun yang terpenting dari ajaran kedua guru tersebut bukanlah tentang ambisi dan cita-cita. Tetapi tentang menghargai dan menjadikan pendidikan sebagai salah satu hal penting dalam kehidupan.

Ketulusan dari kedua guru yang menginspirasi Laskar Pelangi ini dibalas dengan semangat belajar yang tinggi dari murid-muridnya. Bahkan salah satu dari mereka, yaitu Lintang harus mengayuh sepeda pergi dan pulang sekolah sejauh 80 km dengan berbagai rintangan dan bahaya.

Nah, gelar Laskar Pelangi sendiri diberikan oleh Ibu Mus, karena kegemaran mereka melihat Pelangi.

Keadaan sekolah Muhammadiyah dan penduduk di Pulau Belitong sangat terbalik dengan kenyataan di mana pulau ini termasuk pulau yang kaya akan timah di Indonesia.

Bisa dikatakan, kekayaan alam tersebut hanya dinikmati oleh segelintir orang saja. Kalangan staf PN dan Sekolah PN. Kesenjangan ekonomi pun tidak bisa dihindarkan antara kalangan elit PN dan juga kalangan dari penduduk. Ada tembok pemisah yang disebut Gedong.

Pembahasan selanjutnya mengenai Sekolah PN yang selalu mendominasi setiap event-event yang diadakan. Hampir semua gelar selalu mereka bawa pulang.

Tentu saja, kualitas pendidikan dan sarana prasarana yang didukung penuh oleh PN menjadi keunggulan tersendiri dari sekolah ini.

Selama bertahun-tahun, sekolah Muhammadiyah hanya bisa menjadi penonton karena tidak berani berkompetisi. Sampai anggota Laskar Pelangi terjun dan membuat keajaiban.

Mahar sang seniman yang sukses memikat penonton dari pertunjukkan karnaval ala Afrika dan kemenangan sekolah Muhammadiyah dalam cerdas cermat sekaligus ajang debat antara Lintang dan guru ternama PN menjadi cerita tersendiri yang menarik tentang kreatifitas dan keberanian.

Padahal, ketika baru berangkat untuk cerdas cermat, saya pun menduga kalau Lintang dan kawan-kawannya "Mati kutu" dan tidak memiliki daya untuk berkata sedikit pun. Namun di luar dugaan, Lintang bisa mengendalikan keadaan dan menjawab setiap pertanyaan bak sang ahli yang akan tercatat di buku sejarah jika ia hidup di zaman filsuf Yunani zaman dulu.

Namun sayang sekali. Kejeniusan Lintang harus terhenti di Sekolah Muhammadiyah. Suatu pagi, Laskar Pelangi dan Ibu Mus tidak kuasa menahan tangis ketika menerima surat dari Lintang yang sudah tidak bisa melanjutkan sekolah karena harus membiayai keluarganya setelah ayahnya meninggal dunia.

Kisah miris menyayat hati ini benar-benar memilukan. Tidak semua yang diinginkan tercapai dan kepintaran bukan jaminan untuk sukses di masa depan yang penuh rahasia.

Ini tentang Florina atau akrab disapa Flo

Flo adalah murid sekolah PN yang kaya raya. Ia seorang gadis tapi lebih suka dianggap laki-laki. Tomboy dan berjiwa petualangan menjadikan Flo anak yang liar dan susah diatur.

Ayahnya yang frustasi membawanya ke Sekolah PN karena sudah tidak mau sekolah di PN.

Bergabungnya Flo menjadi anggota Laskar Pelangi yang terakhir membawa cerita terbaru tersendiri.

Bertemu dengan Mahar dan membuat organisasi rahasia yang bergerak menyelidiki setiap kejadian-kejadian dan cerita mistis.

Sampai suatu hari, tingkah laku dari dua anggota Laskar Pelangi ini berujung pada tindakan keras dari Ibu Mus yang tidak ingin kedua muridnya jatuh ke dalam dunia hitam.

Namun, teguran dan ancaman tidak ikut ujian semester malah membuat keduanya menjadi lebih gila. Pencarian jawaban praktis untuk mengubah nilai merah pada kertas ulangan pun di mulai.

Misi organisasi rahasia ini kali ini cukup berbahaya. Bertemu dengan Tuk Bayan Tula. Seorang sakti mandraguna yang ilmunya sudah tak terbantahkan lagi di kalangan pecinta dunia mistis seperti Flo dan Mahar.

Perjalanan menemui Tuk Bayan Tula di mulai dan berakhir dengan sebuah kesimpulan. Untuk bisa mengubah nilai ujian jawabannya hanya, BELAJAR!

Singkat cerita, Laskar Pelangi kembali dengan keadaan mereka dan pekerjaan mereka sekarang masing-masing. Ada banyak kisah menarik di sini.

Keadaan Trapani yang memprihatinkan. Kasih dan sayang terhadap ibu membuatnya ketergantungan.

Selain itu, kisah antara Sahara dan A Kiong yang akhirnya menjadi pasangan suami isteri di kemudian hari.

Ada banyak kisah menarik yang tidak dapat dibahas dalam sinopsis singkat ini. Seperti kisah cinta Ikal (Tokoh aku) dengan seorang gadis Tiongkok bernama A Ling yang menjadi penjaga toko kelontong. Dan banyak kisah menarik lainnya.

Semua orang Indonesia, terlebih kamu yang sedang berjuang meraih cita-citamu dengan keadaan yang tidak serba tidak menguntungkan, wajib baca novel Laskar Pelangi.

Ada banyak pelajaran dan manfaat di dalamnya yang tidak akan bisa dijelaskan jika tidak dibaca sendiri.

Amanat Novel Laskar Pelangi

  1. Jangan takut untuk bermimpi dan menciptakan karya-karya yang luar biasa hebat. Keadaan boleh tidak mendukung dan kondisi ekonomi lemah, namun tidak menjadi alasan untuk tidak memiliki cita-cita dan harapan.
  2. Selalu menjadi orang-orang optimis yang tidak mengenal sifat pesimisme.
  3. Tidak semua keingininan, harapan, dan cita-cita akan tercapai. Tapi hidup harus selalu disyukuri. Ada banyak kejutan dalam kehidupan, jadi bersiaplah. Tidak ada cara lain selain selalu memberikan yang terbaik.
  4. Menjadi seorang pendidik/guru adalah sebuah dedikasi dan tanggung jawab yang besar.
  5. Tidak mudah menyerah dengan keadaan dan terus berjuang.

Kelebihan dan Kekurangan Novel Laskar Pelangi


Kelemahan novel Laskar Pelangi yang paling utama adalah penggunaan kata-kata ilmiah yang terlalu padat sehingga mengganggu imajinasi pembaca.

Keunggulan novel Laskar Pelangi adalah mengajarkan tentang berani bermimpi dan bertindak dan tidak ada yang lebih indah dari persahabatan. Ada banyak cerita dan kisah yang akan selalu dikenang dengan sahabat-sahabat yang setia kawan.

Ada banyak nilai-nilai moral dan sosial yang bisa dipetik dari Novel Laskar Pelangi karya Andrea Hirata ini.

Dan yang tidak kalah penting adalah literasi dan gaya bahasa penulis novel Laskar Pelangi, Andrea Hirata. Keren pokoknya. Bisa membuat pembaca hanyut dalam setiap cerita dan petualangan. Bisa melihat kondisi sekolah PN dan sekolah Laskar Pelangi dengan jelas. Cara penulis dalam menggambarkan watak dan tokoh setiap karaketer sangat bagus.

Selengkapnya di Sinopsis Novel Laskar Pelangi Per Bab 1-34 Lengkap

Kesimpulannya, selalu ada cerita menarik di balik sebuah kisah yang luar biasa. Novel Laskar Pelangi menjadi novel best seller sejak di rilis karena bisa mengangkat tema sosial yang benar-benar Indonesia. Ada yang bilang Indonesia original taste, Indonesia banget.

Sumber gambar Montasefilm

Lihat juga Sinopsis Novel 5 cm Karya Donny Dhirgantoro

Demikianlah resensi dan sinopsis novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata. Semoga bermanfaat.
  April 01, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close