Skip to main content

Rumus Melodi Gitar Akustik Untuk Pemula

Belajar rumus melodi gitar paling mudah dan cepat untuk pemula. Salah satu teknik bermain gitar akustik yang paling beda dari yang lain adalah bermain fingerstyle. Namun, untuk bisa bermain fingerstyle yang lancar dan bersih seperti Sung Ha Jung, kita harus belajar dari yang paling dasar terlebih dahulu, yaitu tentang rumus melodi gitar.
Rumus Melodi Gitar Akustik Untuk Pemula
Rumus Melodi Gitar Akustik Untuk Pemula

Bagaimana mencari melodi gitar sebuah lagu? Itu adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pemula yang baru belajar gitar. Biasanya hanya ada dua jawaban, yaitu feeling dan menggunakan rumus melodi gitar.

Masalah Rumus Melodi Gitar untuk Pemula


Setelah jawaban tersebut, biasanya pemula memiliki dilema antara menggunakan feeling atau rumus melodi gitar. Bagaimana dengan kamu?

1. Ada yang bilang feeling-nya masih belum dapat mencari melodi gitar suatu lagu sendiri.

2. Ada yang bilang belajar teori melodi gitar itu sangat susah. Apalagi jika sudah dikatakan rumus, seperti Matematika aja.

Tidak ada pilihan dan Anda harus memilih salah satunya. Untuk pemula, sangat disarankan untuk belajar rumus melodi gitar akustik.

Rumus di sini bisa dikatakan jalur melodi yang terdapat pada setiap fret gitar. Tidak perlu khawatir, saya sudah memetakannya dengan sangat sederhana khusus seperti pemula seperti saya.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar gitar melodi? Saya dulu pertama kali belajar nada dasar dan scale tanpa tahu apa tujuannya. Setelah melihat salah satu video Youtube, saya mengerti cara penggunaan dan penerapan scale mayor dan minor pada fret gitar untuk bermain melodi.

Kira-kira butuh waktu satu bulan untuk belajar melodi gitar dasar dan butuh waktu lama untuk bisa mempercepat permainan melodi pada semua fret gitar. Saya kasih kunci bermain melodi gitar, yaitu cukup ketahui nada-nada do re mi pada gitar.

Kamu cukup membaca artikel belajar rumus melodi gitar selama 3 menit dan kemudian praktikkan pada gitar kamu.

1. Belajar Melodi Gitar Akustik untuk Pemula


Apakah belajar melodi gitar dan mengiringi lagu dengan gitar itu sulit?

Bagi pemula ini akan sangat sulit. Tapi orang bijak mengatakan, bahwa jika Anda punya alasan yang cukup kuat maka Anda akan menemukan jalan.

Pada tutorial ini, kamu akan belajar tentang dasar dari semua rumus dan jalur melodi pada gitar.

Selengkapnya lihat di cara belajar melodi gitar akustik dasar

2. Jalur Melodi Gitar


Jika di tahap awal tadi kamu hanya belajar yang paling dasar, di sini kamu benar-benar akan merasakan petualangan belajar melodi gitar.

Akan ada materi yang disebut dengan scale atau tangga nada mayor dan minor dan cara memainkannya pada fret gitar.

Tidak perlu takut, di artikel ini terdapat banyak gambar kunci melodi gitar untuk scale diatonik mayor, yaitu scale paling dasar dan mudah dipelajari oleh pemula sekalipun.

Dengan scale diatonik ini, kamu akan menemukan banyak jalur melodi gitar namun rumusnya tetap sama. Maksud saya, semua jarak nada pada fret gitar telah ditentukan oleh rumus scale itu sendiri.

Bisa dikatakan ini adalah kunci gitar melodi. Jika tidak sanggup di sini, kamu akan kesulitan dalam bermain gitar melodi.

Untuk memudahkan pemula untuk belajar, scale ini dibagi ke dalam bentuk-bentuk melodi gitar dasar yang menunjukkan nada-nada do re mi pada fret gitar.

Selengkapnya di belajar kunci melodi gitar

3. Cara belajar melodi gitar


Pada tutorial sebelumnya, kita telah belajar tentang nada-nada doremi pada fret gitar, tapi hanya sampai fret 4.

Sebenarnya kita sudah bisa memainkan banyak lagu dengan melodi gitar pada tutorial tersebut. Caranya cukup belajar solmisasi atau melihat not angka pada sebuah lagu menerapkannya pada nada do re mi fret gitar.

Namun, untuk memperdalam ilmu belajar melodi gitar, kita harus menguasai teknik bermain melodi gitar sampai 12 fret gitar.

Setelah ini, kamu akan bisa menari-menari di atas fret gitar untuk memainkan melodi lagu dengan gitar.

Ada jalur khusus yang menghubungkan setiap bentuk melodi gitar. Jadi, intinya scale diatonik mayor sebelumnya yang dipecah ke dalam beberapa bentuk melodi akan digabungkan sampai membentuk jalur melodi gitar yang menunjukkan semua nada do re mi pada gitar.

Selengkapnya di cara belajar gitar melodi sampai fret tertinggi

4. Senam Jari Gitar


Senam jari pada gitar adalah salah satu hal wajib bagi gitaris, bukan hanya pemula tapi para profesional pun melakukan senam jari ini.

Senam jari bertujuan untuk melenturkan jari-jari tangan untuk pemula dan juga untuk mempercepat dan menjaga kecepatan bermain gitar melodi untuk profesional.

Di sini kita akan belajar senam jari yang bisa membuat jari-jari dengan leluasa dan lentur bermain di atas nada-nada do re mi pada gitar.

Terus, hubungannya dengan belajar melodi gitar?

Tanpa kecepatan (speed), permainan melodi gitar tidak akan bisa sempurna. Terlebih saat mengiringi lagu yang notebenenya cepat.

Jika Anda memiliki kecepatan bermain melodi gitar, maka nada-nada do re mi pada fretboard seperti menyala di mata Anda. So, tidak akan kesulitan juga dalam memilih nada-nada yang selanjutnya.

Tips dalam senam jari gitar adalah idak perlu dipaksakan. Cukup latihan terus menerus dan biarkan semuanya mengalir dengan sendirinya.

Dengan belajar melodi gitar setiap hari, jari-jari tangan Anda akan terbiasa sehingga semuanya berubah menjadi lebih mudah.

Selengkapnya dalam teknik senam jari gitar

Di artikel itu juga kamu akan mendapatkan beberapa pengetahuan tentang scale dan nada-nada pada fret gitar.

5. Mengiringi lagu dengan melodi gitar

 Belajar rumus melodi gitar dasar untuk pemula
Belajar rumus melodi gitar dasar untuk pemula - Pixabay 
Semua scale dan tangga nada dasar yang dipelajari sebelumnya akan tetap sama jika tidak segera dipratikkan dalam sebuah lagu.

Tak terasa, Anda sudah sampai di sini. Kita akan langsung belajar mengiringi sebuah lagu dengan melodi gitar.

Di sini sudah terdapat buku tangga nada gitar untuk mengiringi salah satu lagu yang dikenal oleh semua orang, yaitu lagu Gaby Tinggal Kenangan.

Jadi, bisa dipastikan, setelah belajar tutorial melodi gitar di sini, kamu akan bisa mengiringi paling tidak satu lagu sebagai referensi untuk mencari melodi gitar sendiri.

Langsung saja, berikut cara belajar melodi gitar akustik untuk pemula langsung mengiringi lagu pertama menggunakan melodi gitar.

Bisa dikatakan lagu Tinggal Kenangan adalah contoh melodi gitar sederhana yang dikhususkan untuk pemula. Hampir semua pemula ketika belajar melodi gitar akan menggunakan lagu melodi gitar ini.

Selain nada yang berulang-ulang dan jalur melodi mudah, kita juga sudah tidak asing dengan solmisasinya. So, kita tidak perlu belajar solmisasi lebih lama untuk bisa menghafal nada lagu ini.

Bagaimana? Kamu sudah siap belajar rumus melodi gitar dasar?

Jika orang lain bisa, masa kamu tidak? Itu adalah kata-kata motivasi agar kamu semangat belajar gitar.

Dalam belajar scale di atas, pastikan kamu sudah mengenal tentang CAGES SYSTEM dan kunci gitar gantung. Karena semua itu berawal dari sana.

Dan lagi, untuk memudahkan kamu belajar melodi gitar, pastikan kamu menghafal semua nada-nada pada fret gitar di mulai dari open string atau saat senar dibunyikan tanpa ditekan.

Belajar rumus melodi gitar untuk pemula itu sama seperti belajar mengenal abjad pada pelajaran SD. Karena kamu sudah melewati pelajaran tersebut maka bukan hal yang sulit untuk belajar melodi gitar akustik ini.

Untuk bisa menghafal nada-nada do re mi pada gitar, kita membutuhkan scale diatonik mayor yang terbukti mudah dan cocok untuk pemula.

Lihat juga Cara Menggenjreng Gitar Akustik Untuk Pemula

Demikianlah cara belajar melodi gitar dasar dengan rumus melodi gitar akustik untuk pemula. Semoga bermanfaat.
  April 04, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close