Skip to main content

Perbedaan Youtube dan Youtube Go Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Perbedaan Youtube dan Youtube Go serta kelebihan dan kekurangan Youtube Go dibanding aplikasi Youtube biasa. Bagi kamu pecinta video Youtube dan suka streaming, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang bernama Youtube Go. Aplikasi yang dipercaya bisa menghemat kuota internet saat streaming video Youtube. Tapi apa sih kelebihan dan kekurangan Youtube Go dari Youtube biasa?
Perbedaan Youtube dan Youtube Go Serta Kelebihan dan Kekurangannya
Perbedaan Youtube dan Youtube Go Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Namun sebelum melihat perbedaan Youtube dan Youtube Go serta kelebihan dan kekurangan Youtube Go, terlebih dahulu kita lihat pengertian Youtube Go terlebih dahulu.

Apa itu Youtube Go?


Youtube Go adalah aplikasi terbaru dari Youtube yang diluncurkan oleh Google pada akhir 2017 silam.

Sekedar informasi aja, Youtube Go sudah tersedia di 130 negara. Bisa dikatakan, aplikasi beta dari Youtube ini juga menyasar pengguna smartphone di negara-negara yang memiliki jaringan internet yang masih lemah.

Tentu saja aplikasi Youtube Go ini memiliki banyak kelebihan jika dibandingkan dengan aplikasi Youtube biasa.

Selengkapnya di Cara Menggunakan Youtube Go Nonton Youtube Tanpa Kuota

Kelebihan Youtube Go

1. Ukuran aplikasi kecil


Kelebihan Youtube Go yang pertama adalah sangat ringan. Ukuran aplikasi yang hanya sebesar 8.01 MB ini membuat Youtube Go populer untuk smartphone spesifikasi rendah.

Aplikasi yang dirilis pada 28 November 2017 ini telah didownload lebih dari 100 juta kali dengan rating positif di Google Playstore 4.3 bintang dari 1 juta ulasan. Youtube Go termasuk salah satu aplikasi populer di Google Playstore sejak dirilis sampai hari ini.

2. Hemat Kuota Internet


Manfaat Youtube Go yang utama adalah hemat kuota saat nonton video streaming di Youtube. Jadi, pengguna aplikasi bisa menyimpan dan menonton video sesuai dengan keinginan dan kebutuhannya.

3. Cocok untuk HP Spesifikasi Rendah


Jika hari ini Android Jelly Bean (Versi 4.2.1) bisa dikatakan android versi lawas, tapi Youtube Go tetap memberikan kenyamanan untuk pengguna android versi ini.

Youtube Go bisa digunakan dan kompatibel dengan smartphone spesifikasi rendah. So, bagi kamu yang RAM ponselnya standar, gak usah khawatir untuk streaming Youtube.

4. Pratinjau Sebelum Download


Kelebihan lain dari Youtube Go adalah bisa pratinjau video sebelum download. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mendownload video yang benar-benar bagus. Bukan video yang hanya menarik di bagian judul saja.

Lihat juga Cara mengatasi Playstore tidak bisa download (Tertunda)

5. Mendownload Video Ukuran Standar


Nah untuk ponsel yang media penyimpanannya pas-pasan, kita bisa mendownload video sesuai dengan ukuran yang tepat.

Saat download video di Youtube Go, kita dihadapkan dengan 3 tingkatan kualitas video, yaitu:
  • Basic quality (Video kualitas standar)
  • Standart quality (Video kualitas sedang)
  • High quality (Video kualitas terbaik)

6. Video Bisa Dibagikan


Jika di aplikasi Youtube biasa video bisa ditonton secara offline namun tidak bisa dibagikan, berbeda dengan Youtube Go yang memungkinkan sharing video tanpa perlu menggunakan koneksi internet.

Cukup klik tombol share yang tersedia, maka video bisa mendarat di smartphone lain.

7. Cocok untuk Streaming Video di Daerah


Masih banyak negara dan daerah yang terbatas dalam jaringan internet bisa menikmati video-video terbaik di Youtube

Namun dengan kehadiran Youtube Go, daerah terpencil dengan koneksi internet yang masih tidak stabil bisa menikmati streaming video saat ini.

Kekurangan Youtube Go


Namun dari banyak kelebihan Youtube Go, tidak bisa dipungkiri bahwa ada kekurangan dari aplikasi streaming dan download video Youtube yang satu ini.

1. Tidak Tersedia Kolom Komentar


Perbedaan youtube dan youtube go yang pertama adalah tidak tersedia kolom komentar. Bagi kamu yang suka memberikan masukan pada Youtuber sepertinya harus mengurungkan niat ini saat menggunakan Youtube Go.

2. Tidak bisa klik profil


Kekurangan Youtube Go juga adalah tidak bisa klik profil Youtuber yang videonya sedang ditonton. Untuk melihat video dari suatu channel, kita harus melakukan pencarian manual melalui kotak pencarian yang tersedia.

3. Kualitas Video Rendah


Youtube Go yang ditujukan untuk daerah yang memiliki koneksi internet lemah memang berbanding lurus dengan kualitas video yang rendah.

Resolusi video yang rendah tersebut mengakibatkan efek buram saat tonton video. Tapi kita tetap bisa memilih video kualitas terbaik, tapi masalahnya kuota internet akan cepat terkuras dan kapasitas video juga akan lebih besar.

4. Tidak Bisa Upload Video


Bagi Youtuber, sepertinya Youtube Go bukan aplikasi yang tepat. Tentu, karena untuk mengupload video, mereka harus menggunakan Youtube Web atau pun aplikasi biasa.

Youtube Go hanya ditujukan untuk streaming dan download video, tidak untuk upload video.

5. Tidak Ada FItur Trending Video


Video apa yang sedang viral dan top hari ini? Ini pun tidak bisa dinikmati di Youtube Go. Karena itu, menurut saya, saat ini aplikasi Youtube Go ditujukan untuk orang-orang yang juga sudah tahu apa yang akan mereka tonton, bukan hanya iseng berkunjung ke Youtube untuk melihat video-video yang terpajang.

Itulah perbedaan Youtube dan Youtube Go dalam hal kelebihan dan kekurangan Youtube Go dengan aplikasi Youtube standar.

Aplikasi Youtube Go ini banyak digunakan untuk streaming video karena terbukti ramah kuota internet.

Untuk cara menggunakan Youtube Go juga mudah dan prosesnya lebih cepat. Cukup download Youtube Go di Playstore, kita sudah bisa menikmati video. Untuk android yang sering hang karena spesifikasi rendah, Youtube Go bisa menjadi pilihan terbaik untuk streaming.

Selengkapnya di Cara download video di Youtube tanpa aplikasi

Apakah Youtube Go bisa nonton video Youtube tanpa mengurangi kuota?

Kalau itu sih, Youtube Go tidak bisa. Aplikasi Youtube Go hanya memungkinkan pengguna untuk memilih kualitas video sehingga bisa memanajemen kualitas video dan kuota internet.

Untuk cara nonton Youtube tanpa mengurangi kuota, saya punya tips. Caranya menggunakan wifi warkop atau kampus. Jadi, download video menggunakan wifi gratis setelah itu tonton di manapun dan kapanpun.

Jadi, saya tidak pernah cari aplikasi streaming hemat kuota tapi menggunakan cara cerdas seperti itu :) Misalnya menggunakan wifi untuk download video Youtube atau pun download video saat kuota sudah sekarat karena besok sudah tamat.

Terakhir, jangan tanya cara menggunakan Youtube Go. Langsung download aja dan ikuti panduan penggunaannya.

Lihat juga Aplikasi Download Video Youtube di Android Terbaik

Demikianlah artikel tentang perbedaan Youtube dan Youtube Go, kelebihan dan kekurangan Youtube Go dibanding aplikasi Youtube standar. Terima kasih datang ke blog sederhana ini.

  April 05, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close