Skip to main content

Penyebab Transfer Uang Tidak Masuk Karena Gagal Transfer

Penyebab Transfer uang tidak masuk karena gagal transfer antar bank. Kamu pernah gak, ngalamin transfer uang ke rekening bank lain tapi gagal? Ceritanya gini nih, saya rencana mau belanja di Aliexpress menggunakan rekening BRI via Internet Banking BRI ke rekening Bank Permata (013). Setelah saya transfer dan saldo berkurang, tapi status pembayaran di Aliexpress tetap awaiting payment. Kok bisa, saya sudah transfer uang tapi pihak Aliexpress seakan-akan tidak menerima pembayaran yang saya lakukan?
Penyebab Transfer Uang Tidak Masuk Karena Gagal Transfer
Penyebab Transfer Uang Tidak Masuk Karena Gagal Transfer

Cek dan ricek lagi, ternyata penyebab uang tidak masuk ke rekening Aliexpress Bank Permata karena transfer gagal. Tapi kenapa bisa saldo rekening BRI terdebet? Bukankah seharusnya gagal transfer tidak membuat saldo berkurang?

Nah itu dia masalahnya. Ternyata penyebab transfer uang tidak masuk adalah jaringan yang lagi bermasalah. Begitulah saat saya menghubungi Customer Service BRI.

Untuk kamu yang mengalami kejadian yang sama, tidak perlu khawatir, berikut kronologis dan cara mengatasi penyebab transfer uang tidak masuk tapi saldo berkurang di rekening BRI.

Penyebab Transfer Uang tidak Masuk


Pagi itu, saya transfer ke bank lain, Bank Permata untuk pembelian produk di Aliexpress. Harganya gak mahal-mahal amat sih, saya hanya ingin mencoba belanja produk dari China.

Setelah saya transfer menggunakan internet banking BRI seperti biasanya dan sukses masuk. Di situ juga sudah ada bukti kalau transfer sukses. Hal ini diperkuat dengan adanya SMS Banking notifikasi dan saldo berkurang.

Saya lihat di Aliexpress, kok masih awaiting payment. Saya jadi bingung karena customer service Aliexpress cukup ribet.

Saya cek mutasi rekening di internet banking BRI, di Menu Rekening Informasi dan Mutasi, memang ada transfer sukses ke rekening Aliexpress tersebut.
Penyebab transfer uang tidak masuk
Penyebab transfer uang tidak masuk
Tapi tanpa sengaja, ketika saya cek mutasi rekening di menu IB BRI Manajemen Pengguna, Catatan Aktivitas, di situ ada informasi kalau transfer gagal.
 Transfer Gagal Tapi Saldo Berkurang BRI
Transfer Gagal Tapi Saldo Berkurang BRI
Saya pun mengambil kesimpulan kalau ternyata ini bukan masalah di Aliexpress, tapi di BRI. Langsung saja, saya menghubungi customer service BRI via internet banking.

Ternyata Customer Service BRI sangat ramah. Hanya dalam beberapa menit, pesan saya dibalas. Bahkan sepertinya aktif 24 jam, karena saya kirim pesan ke IB BRI pada pukul 21.00 langsung dibalas beberapa menit kemudian.

Berikut kurang lebih percakapan saya dengan Customer Service BRI via Internet Banking tentang penyebab transfer uang tidak masuk.

Saya:

Malam. Tadi siang, saya beli produk di Aliexpress menggunakan metode pembayaran bank transfer langsung. Tapi status payment masih awaiting di Aliexpress. Apakah ada solusi refund atau bagaimana?

Terima kasih.

Customer Service BRI:

Selamat malam Bapak Soksimon,

Mohon maaf atas kendala yang Bapak alami, apakah yang Bapak maksudkan melakukan transaksi transfer ke Bank Permata? Mohon maaf, saat ini sedang terjadi proses pemeliharaan jaringan khusus untuk transfer ke jaringan prima.

Apabila transaksi transfer yang dilakukan sudah mengurangi saldo rekening mohon kesediaan Bapak menunggu, silakan konfirmasi kepada pihak penerima dana sesuai dengan transaksi yang dilakukan untuk melakukan pengecekan mutasi rekening secara berkala.

Jika dalam 1x24 jam dana belum diterima, silakan Bapak menghubungi kami kembali akan kami bantu pembuatan laporan.

Jaga kerahasiaan User ID, m-Token dan Password Internet Banking yang Bapak miliki dan tidak menginformasikan ke pihak manapun.

Terima kasih

Salam,
Customer Service Bank BRI

Saya:

Oh. Iya saya tunggu 24 jam. Saya juga sudah konfirmasi ke Aliexpress tapi dari keterangan, mereka belum menerima dana masuk. Terima kasih atas responnya. Besok saya hubungi lagi.

Customer Service BRI:

Selamat malam Bapak Soksimon,

Dengan senang hati Bapak Soksimon, apabila memiliki pertanyaan atau keluhan, silakan dapat menghubungi kembali. Selamat beristirahat dan sehat selalu.

Terima kasih

Salam,
Customer Service Bank BRI

Setelah menunggu 24 jam, besoknya saya langsung menghubungi pihak BRI kembali.

Saya:

Selamat Pagi. Seperti keluhan yang kemarin, saya sudah menunggu 24 jam. Transaksi gagal namun saldo terpotong.

Mohon di konfirmasi lagi lebih lanjut. Terima kasih.

Customer Service BRI:

Selamat pagi Bapak Soksimon,

Mohon maaf atas kendala yang Bapak alami. Mohon kesediaan Bapak melengkapi format laporan dibawah ini, guna tindaklanjut pembuatan laporan:

Ke Bank :
Nomor rekening : ?
Pemilik rekening : ?
Sebesar : Rp. ?
Sebanyak : ? kali
Yang gagal trx ke    : _
Tanggal : ?
Pukul : ?
Melalui : SMS Banking, IB, terminal ATM BRI atau Bank lain (serta lokasinya)
Keterangan/Respon :

Terima kasih

Salam,
Customer Service Bank BRI

Saya:

Laporan Transfer Gagal dan Saldo Berkurang

Ke Bank : BANK PERMATA
Nomor rekening : 8965019507452164
Pemilik rekening : ALIEXPRESS USER
Sebesar : Rp. 138.386,00
Sebanyak : 1 kali
Yang gagal trx ke : 1
Tanggal : Kamis, 04 April 2019
Pukul : 08:51:35
Melalui : Internet Banking
Keterangan/Respon : Transfer Status Gagal. Tapi yang menjadi masalah adalah saldo berkurang.

Demikian laporan saya, atas kerjasamanya saya ucapkan terima kasih. Mohon respon secepatnya untuk kenyamanan nasabah dalam bertransaksi. Terima kasih.

Customer Service BRI:

Selamat sore Bapak Soksimon,

Bapak tidak perlu khawatir. Setelah kami lakukan pengecekan, transaksi transfer yang Bapak lakukan dengan nominal Rp. 138.386 dinyatakan gagal dan dana telah dikembalikan ke rekening hari ini pada tanggal 5 April 2019 nominal Rp. 144.886 (dikembalikan beserta biaya transfer antar Bank Rp. 6.500).

Silakan Bapak melakukan pengecekan detail (keterangan) transaksi  melalui Internet Banking versi Browser...

Terima kasih

Salam,
Customer Service Bank BRI

Itulah percakapan saya dengan Customer Service BRI. Memang percakapan dengan pegawai bank selalu... :D

Salah satu kelebihan internet banking BRI adalah bisa menghubungi Customer Service dengan mudah dan cepat dengan pelayanan nasabah yang maksimal.

Selengkapnya dalam Cara Daftar Internet Banking BRI dan Kelebihannya

Dari informasi di atas, saya jadi tahu kalau sedang ada gangguan jaringan untuk transfer ke bank lain melalui jaringan PRIMA.

Besok pagi, setelah 24 jam, saya hubungi kembali pihak Bank BRI yang langsung dibalas dengan pengembalian saldo seperti semula sebelum terdebet. Tidak dikurangi sepeser pun, termasuk biaya transfer antar bank sebesar Rp6.500 juga dikembalikan ke saldo yang berkurang sebelumnya.
Uang dikembalikan setela Gagal Transfer Saldo Terdebet
Gagal Transfer Saldo Terdebet, Uang dikembalikan
Ternyata penyebab transfer uang tidak masuk karena gagal transfer antar bank. Meskipun sebelumnya ada notifikasi kalau transfer berhasil, ternyata tidak menutup kemungkinan gagal transfer. Sebelum men-judge pihak penerima transfer uang, lebih baik cek lagi, bisa jadi memang uang tidak masuk karena gagal transfer.

Menurut beberapa informasi, meskipun tidak menghubungi customer service, uang tetap akan otomatis dikembalikan. Tapi untuk kecepatan proses dan keamanan, lebih baik segera dikonfirmasi ke pihak bank, terlebih jika saldo yang berkurang cukup besar.

Ternyata, setelah baca-baca di Google, bukan hanya Bank BRI yang mengalami masalah seperti gagal transfer tapi saldo terdebet ini. Bank BNI dan bank Mandiri pun pernah dikeluhkan oleh nasabah karena kesalahan dalam transfer gagal namun saldo berkurang.

Lihat juga Saldo Terdebet Tapi Uang Tidak Keluar dari ATM

Demikianlah penyebab transfer uang tidak masuk karena gagal transfer antar bank. Saldo yang sebelumnya terdebet dan berkurang, akhirnya dikembalikan penuh dari pihak bank BRI.
  April 06, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close