Pengalaman Belanja di Tokopedia 100% Aman Tanpa Penipuan

Pengalaman Belanja di Tokopedia 100% Aman Tanpa Penipuan

Pengalaman belanja di Tokopedia 100% aman dan barang cepat sampai serta tanpa penipuan . Kamu sudah pernah belanja di Tokopedia? Sebelum artikel tentang pengalaman belanja online ini dibuat, sudah ada beberapa testimoni belanja di toko online seperti Tokopedia. Ada pengalaman buruk belanja di Tokopedia ada juga yang aman dan proses pengiriman cepat.
Pengalaman Belanja di Tokopedia 100% Aman Tanpa Penipuan
Pengalaman Belanja di Tokopedia 100% Aman Tanpa Penipuan

Hari ini, saya akan berbagi cara belanja di Tokopedia aman dan tips belanja online agar tidak tertipu dan memiliki pengalaman belanja di Tokopedia yang tidak buruk.

Apa itu Tokopedia?


Tokopedia adalah salah satu toko online terpopuler di Indonesia. Sebagai salah satu e-commerce ternama di Indonesia, Tokopedia hadir dengan berbagai kelebihan. 

Ada banyak keuntungan belanja di Tokopedia, seperti penipuan yang mudah dicegah, tersedia banyak metode pembayaran (Contohnya pembayaran melalui Alfamart, Indomaret, Transfer Bank melalui IB, SMS, ATM) dan berbagai kelebihan Tokopedia lainnya. 


Apakah Belanja di Tokopedia Aman?


Belanja di Tokopedia sangat aman dan nyaman. Sebenarnya untuk masalah penipuan di Tokopedia, bukan dilakukan oleh pihak Tokopedia, tapi biasanya oleh pihak penjual di marketplace.

Tokopedia hanya sebagai perantara antara penjual dan pembeli dengan sistem rekber. Yaitu, jika barang yang dibeli sudah sampai ke tangan pembeli, maka dana akan diteruskan ke rekening penjual.

Aman atau tidaknya tertantung toko tempat Anda membeli produk. Pastikan kamu benar-benar mengetahui barang yang kamu mau beli.

Karena ada saja seller yang menjual barang palsu di Tokopedia. Pastikan selektif dalam membeli produk secara online, terlebih produk elektronik.

Jenis-jenis penipuan di Tokopedia yang biasa dilakukan oleh penjual adalah menjual barang yang tidak original dan mengatakan bahwa ini original, mengajak buyer transaksi di luar Tokopedia sehingga tertipu, dan lain-lain.

Tokopedia sebagai pihak penengah pastinya memberikan pelayanan terbaik bagi buyer dan seller-nya. Reputasi Tokopedia sebagai toko online terbaik di Indonesia dipertaruhkan oleh kualitas pelayanan mereka kepada para penggunanya.

Karena itu, setiap penipuan di Tokopedia, selalu mendapat perhatian khusus oleh Customer Service Tokopedia. Jadi, tidak perlu ragu dan khawatir belanja online di Tokopedia.

Hal yang sama juga berlaku di toko online lainnya seperti Shopee, Lazada, Bukalapak dan berbagai toko online lainnya, baik lokal maupun tempat online shop internasional. Yang perlu diperhatikan adalah penjualnya!


Cara Belanja di Tokopedia


Sebelumnya saya ingin belanja di Aliexpress, salah satu toko online murah untuk mencari barang dari China. Namun karena jaringan PRIMA masih bermasalah, maka saya memutuskan untuk belanja online di Tokopedia aja.

Kenapa bukan Bukalapak, Blibli, atau OLX? 

Tidak ada alasan yang spesifik saya memilih Tokopedia kali ini. Hanya karena barang ini lebih murah dan juga cara bayar yang lebih mudah, maka situs toko online yang identik dengan warna hijau ini menjadi pilihan saya pada kesempatan ini.

Untuk cara belanja di Tokopedia sangat mudah. Cukup kunjungi situs Tokopedia dan cari barang yang kamu butuhkan di kotak pencarian.

Pilih toko terbaik untuk membeli produk/barang yang kamu butuhkan. 

Sebelum belanja, sebaiknya kamu juga chat penjualnya terlebih dahulu. Seperti kasus saya kali ini, saya chat seller terlebih dahulu untuk memastikan produknya ready atau tidak.

Ternyata warna yang saya inginkan tidak tersedia (Stok kosong). Seller memberikan tawaran dengan memilih yang tersedia. 

Jadi, pastikan untuk cek ketersediaan produk dengan chat penjualnya langsung sebelum membeli.

Nah, jika barang tersedia, langsung order saja. Di sini kamu akan mengisi alamat tempat tinggal kamu yang sekaligus menjadi tujuan pengiriman order produk.

Pastikan untuk mengisi alamat dengan lengkap, secara khusus nomor hp aktif karena nomor inilah yang dihubungi oleh pihak pengirim nantinya (JNE, J&T). 

Seperti pengalaman saya belanja di Tokopedia yang pertama, saya dihubungi oleh pihak JNE karena ternyata desa saya tidak masuk kategori pengiriman barang melalui JNE. Karena itu, saya harus menjemput produk yang saya beli di desa tetangga yang lebih dekat.

Untuk metode pembayaran di Tokopedia memiliki banyak pilihan. Bisa bayar melalui Alfamart, Indomaret, Transfer Bank, dan lain-lain.

Dalam membayar produk, pastikan produk yang kamu bayar sesuai dengan harga tagihan yang diberikan. Karena kode ini menjadi penanda khusus tagihan kamu. 

Setelah melakukan pembayaran, maka pihak penjual akan mengirim produk ke lokasi tujuan (Alamat Anda). 

Estimasi harga dan ongkir produk yang saya beli:
  • 1 unit Flashdisk sandisk 32 GB OTG 3.0 Mb
  • harga produk Rp92.000
  • Ongkir dari Jakarta ke Sulawesi Selatan Rp56.000.
  • Biaya asuransi Rp370

Total harga yang harus saya bayar sekitar Rp149.000
 Belanja aman di Tokopedia
Belanja aman di Tokopedia 
Setelah barang dikirim, butuh waktu untuk sampai ke alamat Anda. Dari kasus saya, saya beli produk tersebut pada hari Sabtu, tanggal April 2019.

Namun karena jasa pengiriman tidak beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu, maka proses pengiriman barang baru dilakukan setelah Senin, 8 April 2019.

Barang yang dikirim dari Jakarta ke Sulawesi Selatan tersebut akhirnya tiba pada hari Kamis, 11 April 2019, sekitar 4 hari saja.

Ada hal penting yang perlu kamu perhatikan pada saat produk sedang dikirim dan sesudah barang diterima.

Ketentuan dari Tokopedia:

Jika dalam waktu 2 hari Anda tidak melakukan konfirmasi, pesanan akan otomatis kami anggap selesai dan uang pembayaran akan kami teruskan kepada penjual.

Jika ingin melakukan komplain terhadap pesanan ini, mohon tidak membuang kemasan produk tersebut, karena dapat digunakan sebagai bukti dari komplain Anda.

Saya kira aturan dari Tokopedia di atas cukup jelas. Jangan sampai kamu membuang bukti-bukti yang bisa menjadi pendukung kamu saat ajukan retur atau komplain produk.

Kalau produk tidak sampai, kamu bisa mengkonfirmasi lagi ke seller. Jangan sampai stok sedang habis karena itu tidak kunjung ada pengiriman.
 Konfirmasi pesanan diterima di Tokopedia
Konfirmasi pesanan diterima di Tokopedia 
Jika produk benar-benar sudah sesuai dengan yang di order, kamu sudah bisa mengkonfirmasi pesanan diterima. 

Untuk kualitas produk yang saya beli, menurut saya sudah cukup bagus dan sesuai harga. Saya coba pakai flashdisk tersebut di hp dan juga di laptop, device terdeteksi dengan cepat. 

 Pengalaman belanja online di Tokopedia
Pengalaman belanja online di Tokopedia
Salah satu yang membuat saya kagum saat beli online adalah barang yang diterima sangat bagus. Mulai dari segi packing barang yang aman dari kerusakan saat diterima sampai pada cara pengemasan yang menarik dengan segel yang sulit dibuka.
pengalaman buruk belanja di tokopedia
Belanja di Tokopedia
Berikut tampilan produk ketika packing produk sudah dilepas. Saya tidak terlalu perhatikan apakah produk ini Original tapi dari segi transfer file sangat cepat. Semoga awet. Saya pikir ini bukan termasuk produk palsu di Tokopedia. Selain sellernya sangat ramah, juga proses pengiriman sangat cepat.

 Keuntungan Belanja di Tokopedia
Keuntungan Belanja di Tokopedia
Jadi, sejauh ini, toko di Tokopedia yang satu ini cukup recommendet untuk belanja online aman. Kualitas produk juga sangat memuaskan dan hampir semua feedback sangat positif untuk jenis Sandisk 32 GB otg ini.


Tips Belanja di Tokopedia dengan Aman

  1. Jangan transfer langsung dana ke rekening penjual. Pastikan hanya mentransfer dana ke rekening atas nama Tokopedia.
  2. Jangan konfirmasi penerimaan barang sebelum pesanan sampai agar bisa komplain jika barang tidak sesuai.
  3. Hati-hati dengan modus penipuan di Tokopedia yang dilakukan oleh seller-seller nakal. Jangan sampai kamu belanja barang-barang palsu dan bukan ORI.
  4. Sebelum membeli, pastikan cek reputasi toko di Tokopedia terlebih dahulu. Biasanya toko di Tokopedia yang aman adalah toko yang memiliki banyak permintaan produk dan juga feedback positif dari pembeli. Saya sih, suka lihat dari jumlah penjualan dan bintang yang diberikan ke toko tersebut.
  5. Selalu pelajari cara aman belanja online dan mengetahui modus dan ciri-ciri penipuan belanja online agar tidak tertipu. 


Itulah ulasan dan pengalaman belanja di Tokopedia dari saya. Dari pengalaman tersebut, saya akan mengulas kelebihan dan kekurangan belanja online di Tokopedia.

Kelebihan Belanja di Tokopedia

  1. Resiko penipuan di Tokopedia cukup kecil dan pada pengalaman belanja di Tokopedia yang pertama ini, saya sangat puas dan tidak memiliki kendala apapun.
  2. Metode dan cara bayar di Tokopedia sangat beragam. Bisa melalui Alfamart, Indomaret, Transfer Bank, dan lain-lain yang tentunya memudahkan pembeli dalam berbelanja online.
  3. Kode unik saat melakukan pembayaran di Tokopedia akan otomatis masuk ke saldo akun Tokopedia kita.
  4. Banyak promo dan diskon produk yang menarik. Terlebih untuk produk yang harganya di atas Rp200.000, akan ada banyak diskon dan voucher Tokopedia yang menguntungkan pembeli.

Kekurangan Belanja di Tokopedia


Seller slow respon, terutama saat pembelian dilakukan di hari off pengiriman seperti Sabtu dan Minggu
JNE dan J&T tidak sampai ke daerah-daerah tertentu. Tentu ini berbeda dengan POS yang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia. Namun yang menjadi masalah adalah tidak semua toko online di Tokopedia menyediakan pengiriman melalui POS.

Kelamahan belanja di Tokopedia di atas tidak selalu sama. Karena semua tergantung pada pribadi si seller.

Seperti yang saya katakan di bagian pertama tadi, kalau sudah banyak pengalaman buruk belanja di Tokopedia. Namun itu bukan menjadi alasan untuk tidak berbelanja online, seperti di Tokopedia.

Yang penting untuk diperhatikan saat belanja online adalah mengenal ciri-ciri penipuan dan modus penipuan. Trik yang saya gunakan dalam memilih seller berkualitas dan terpercaya adalah bintang dan juga feedback positif dari pembeli.


Demikianlah artikel review pengalaman belanja di Tokopedia aman dan jauh dari kata buruk. Semoga sukses dan terhindar dari penipuan belanja online.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!