Skip to main content

Pengalaman Belanja di Aliexpress Pertama Kali

Pengalaman Belanja di Aliexpress yang buruk? Bukan karena barang tidak sampai atau tidak sesuai dengan di gambar, tapi karena awaiting payment padahal sudah dibayar. Saya tidak mengatakan hari ini sial. Hanya saja, saya lagi kurang beruntung dan dapat banyak pelajaran. Sudah sejak lama saya ngidam beli barang dari luar negeri. Baca update terbaru di bawah, pengalaman belanja di Aliexpress!

Pengalaman Belanja di Aliexpress Pertama Kali
Pengalaman Belanja di Aliexpress Pertama Kali

Dulu saya ingin beli langsung dari toko online seperti Amazon atau Ebay. Namun pada kesempatan ini, saya tertarik dengan salah satu online shop China, Aliexpress yang cukup terpercaya dan terkenal dengan produknya yang murah. Karena itu, saya akan berbagi pengalaman pertama belanja di Aliexpress.

Saya mencoba pengalaman belanja barang dari luar negeri hanya iseng aja. Saat ini saya sedang butuh flashdisk namun tidak mendesak. Karena itu, saya coba pengalaman baru membeli barang dari luar negeri lewat salah satu online shop internasional yang terbukti aman dan terpercaya.

Saya baca beberapa referensi toko online internasional, saya memutuskan untuk mengalami sensasi belanja dari luar negeri bersama Aliexpress.

Apa itu Aliexpress?


Aliexpress adalah salah satu online shop terpercaya dan terpopuler yang biasa digunakan, termasuk oleh online shopper's Indonesia.

Aliexpress ini masih di bawah naungan Alibaba Group. Itu lho, perusahaan yang didirikan Jack Ma yang mengantarkannya menjadi salah satu pengusaha sukses di dunia.

Alasan Membeli di Aliexpress

Mengapa toko online China? Dulu China identik dengan barang murahan. Tapi tidak Sekarang, karena sudah banyak produk dari China yang cukup berkualitas.

Mengapa Aliexpress dan bukan Alibaba atau Taobao?

Alasan membeli di Aliexpress ada banyak, terlebih seperti saya yang baru pertama belanja online di luar negeri.

Salah satunya adalah Aliexpress menyediakan metode pembayaran lewat DOKU Wallet dan Bank Transfer lokal. Cocoklah untuk pemula yang uang jajannya masih pas-pasan untuk punya kartu kredit.

Selain itu, saat pertama daftar, kita juga akan dapat kupon. Biasanya sampai 3$. Namun sayang, saya tidak dapat. Padahal ada notifikasi bonus tersebut.

Tapi tujuan saya hari ini bukan untuk dapat bonus kupon belanja. Tujuannya adalah untuk mendapatkan pengalaman baru belanja di Aliexpress menggunakan bank transfer (Wire Transfer) plus barang yang saya butuhkan.

Artikel Terbaru: Cara belanja di Aliexpress Menggunakan ATM BRI

Pengalaman Belanja di Aliexpress


Saya langsung menuju ke situs belanja Aliexpress tanpa belajar cara kerjanya terlebih dahulu. Selain modal tahu kalau ada metode pembayaran via DOKU Wallet dan Bank Transfer lokal.

Saya langsung memasukkan produk yang ingin dibeli, yaitu flashdisk Sandisk 32 Gb. Cari-cari sampai dapat toko online yang tepat untuk belanja di Aliexpress, saya langsung menuju menu Pay untuk melakukan pembayaran.

Saya langsung disambut dengan proses pembayaran seperti alamat dan lain-lain. Menariknya, di bagian state/provinci, tidak ada Sulawesi Selatan. Tapi saya nekat menggunakan nama alamat other kemudian menuliskan alamat lengkap secara manual di form yang tersedia.

Sampai pada menu payment (Pembayaran) yang dihadapkan dengan form untuk mengisi identitas kartu kredit. Namun saya klik Cancel yang memunculkan menu pembayaran lainnya, yaitu DOKU Wallet.

Setelah klik lagi, saya tidak memiliki DOKU Wallet. Karena saya ingin cepat-cepat, saya menggunakan bank transfer rekening bank lokal (Wire Transfer).

Nah, karena saya terbiasa menggunakan internet banking BRI, langsung saja saya login dan mencoba membayar tagihan yang sudah di depan mata.

Sebelumnya, metode pembayaran ke Bank Permata sudah beberapa kali saya lakukan saat bermain fb ads. Saya pikir okelah, semuanya pasti sama.

Saya masuk ke website internet banking BRI. transfer bank, isi identitas dan jumlah yang tagihan persis dengan tagihan yang tertera di gambar.

 Bukti Pembayaran Transfer Bank ke Aliexpress
Bukti Pembayaran Transfer Bank ke Aliexpress

Namun sebelum saya klik kirim di internet banking, saya sudah klik di pembayaran Aliexpress Back To Merchant.

Transfer sudah tidak bisa dihindarkan. Harap-harap cemas, ternyata pembayaran saya belum diterima. Status order masih awaiting payment yang artinya menunggu pembayaran.

 Pengalaman belanja di Aliexpress Awaiting Payment
Pengalaman belanja di Aliexpress Awaiting Payment

Kok saya sudah bayar tapi katanya belum dibayar? Apakah Aliexpress penipu?

Saya bingung tanya sana-sini di Google tidak ada jawaban. Saya kemudian menghubungi Customer Service Aliexpress. Namun sialnya, sepertinya kita dilayani oleh robot.

Sampai detik tulisan ini dibuat, belum ada perubahan awating payment di menu my order. Saya tunggu konfirmasi di email juga tidak ada sama sekali.

Saldo di rekening berkurang, notifikasi debet SMS Banking masuk tapi status order masih awaiting payment.

Ya sudahlah. Mungkin belum rezeki saya untuk dapat paket dari luar negeri. Terlebih, ini sepertinya kesalahan saya saat melakukan transfer via rekening bank lokal yang tidak sesuai prosedur.

Namun bukan berarti saya menyerah. Nanti pasti saya akan coba lagi belanja di Aliexpress ini sampai benar-benar sukses, sampai Pak POS datang ke rumah. Namun setelah uang cukup lagi untuk belanja online :)

Update Terbaru Pengalaman Belanja di Aliexpress


Sehari setelah kejadian beli barang di Aliexpress yang gagal, ternyata saya salah paham. Hari ini saya konfirmasi kalau ternyata bukan sistem Aliexpress yang error tapi ternyata transfer kemarin gagal. Tak sengaja cek mutasi rekening di internet banking BRI, ketemu deh, kalau ternyata transfer ke Aliexpress gagal.

 Transfer Wire Tranfer BRI ke Aliexpress Gagal
Transfer Wire Tranfer BRI ke Aliexpress Gagal
\Berdasarkan bukti mutasi rekening di atas, saya beranikan diri untuk menghubungi Customer Service BRI via internet banking. Saya tulis seperti di bawah ini:

Malam. Tadi siang, saya beli produk di Aliexpress menggunakan metode pembayaran bank transfer langsung. Tapi status payment masih awaiting di Aliexpress. Apakah ada solusi refund atau bagaimana?

Terima kasih. 

Haya beberapa menit, pesan saya tersebut langsung dibalas oleh Customer Service BRI.

Selamat malam Bapak Soksimon,

Mohon maaf atas kendala yang Bapak alami, apakah yang Bapak maksudkan melakukan transaksi transfer ke Bank Permata? Mohon maaf, saat ini sedang terjadi proses pemeliharaan jaringan khusus untuk transfer ke jaringan prima. 

Apabila transaksi transfer yang dilakukan sudah mengurangi saldo rekening mohon kesediaan Bapak menunggu, silakan konfirmasi kepada pihak penerima dana sesuai dengan transaksi yang dilakukan untuk melakukan pengecekan mutasi rekening secara berkala. 

Jika dalam 1x24 jam dana belum diterima, silakan Bapak menghubungi kami kembali akan kami bantu pembuatan laporan.

Jaga kerahasiaan User ID, m-Token dan Password Internet Banking yang Bapak miliki dan tidak menginformasikan ke pihak manapun.

Terima kasih

Salam,

Customer Service Bank BRI

Ternyata kemarin BRI sedang mengalami gangguan jaringan sehingga transfer gagal. Hari ini dibayar tuntas oleh BRI dengan mengembalikan saldo secara penuh ke saldo rekening saya. Terima kasih BRI dan mohon maaf kepada Aliexpress. Lanjut belanja di Aliexpress.

Kelebihan Belanja di Aliexpress


Yang saya suka dari toko online China yang satu ini adalah cara belanja di Aliexpress mudah dan gak ribet.

Banyak metode pembayaran yang tersedia. Jadi, meskipun tidak memiliki kartu kredit, kita tetap bisa belanja di Aliexpress. Bahkan yang tidak memiliki rekening bank Indonesia juga bisa melakukan pembayaran di Alfamart.

Sekedar informasi aja, salah satu cara belanja dari luar negeri tanpa kartu kredit adalah menggunakan kartu kredit virtual BNI (BNI Virtual Card Number).

Untuk harga produk juga jauh lebih murah dari beberapa online shop lainnya, termasuk di Indonesia.

Untuk masalah ongkir, tidak perlu khawatir. Kita bisa menyesuaikan antara budget dan kebutuhan yang mendesak. Kita yang belanja bebas memilih free shipping untuk yang gratis ongkir namun barang lama sampai atau juga menggunakan DHL dan lainnya agar produk lebih cepat sampai.

Kekurangan Belanja di Aliexpress


Tentu saja kita akan dikenakan bea pajak jika membeli barang dari luar negeri. Namun biasanya hanya berlaku untuk barang yang harganya mahal yang dikenakan bea pajak.

Kekurangan lain saat belajar di Aliexpress adalah customer service-nya yang pelayanannya tidak terlalu baik. Entah hanya saya yang dilayani robot atau hanya perasaan saya itu robot. Tapi setiap ketik pesan selalu dengan fitur autotext yang kemudian langsung di balas tanpa basa-basi.

Kekurangan lainnya ketika belanja produk dari luar negeri adalah lama pengiriman. Jika menggunakan toko online Indonesia, minimal untuk sampai di kampung saya yang pelosok biasanya 5 hari, sepertinya kalau dari luar negeri akan lebih dari 2 Minggu. Hal ini juga sudah beberapa saya alami ketika pak POS datang menyampaikan PIN Adsense ke rumah yang baru sampai setelah 21 hari.

Dari beberapa pengalaman teman-teman yang sukses belanja di Aliexpress, ada yang barangnya datang dalam waktu 15 hari, 3 Minggu dan 1 bulan. Seperti yang saya katakan di atas, jika memilih free shipping maka akan lama proses pengirimannya.

Lihat juga Rekomendasi Situs Belanja Online Internasional Murah dan Aman

Itulah pengalaman belanja di Aliexpress saya yang pertama yang hasilnya buruk. Jangankan barang tidak sampai atau tidak sesuai, ini memang seolah-olah belum dibayar. Di kesempatan yang akan datang, saya akan buat pengalaman terbaru belanja di Aliexpress part 2. Doakan semoga sukses.
  April 04, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close