Skip to main content

Cara Mengatasi Sertifikat SSL HTTPS Gagal Diproses

Cara mengatasi sertifikat SSL HTTPS gagal diproses - Situs-situs besar seperti situs perbankan seperti internet banking BRI dan juga website toko online besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan lain-lain merupakan contoh website yang menggunakan HTTPS dan SSL. Nah, bagi kamu yang pemilik domain suatu situs juga bisa mendapatkan sertifikat SSL gratis. Hanya saja, kadang sertifikat SSL tidak valid dan error. Hal ini juga saya alami ketika membuat subdomain di blogspot dari domain blog utama.
Cara Mengatasi Sertifikat SSL HTTPS Gagal Diproses
Cara Mengatasi Sertifikat SSL HTTPS Gagal Diproses 

Masalahnya itu seperti koneksi SSL tidak bisa diaktifkan dengan pesan "Sertifikat SSL HTTPS gagal diproses. Jadi, saya tidak bisa mengaktifkan sambungan SSL ke subdomain tersebut sehingga secara otomatis situs blog tersebut tidak dapat diakses karena tidak terjangkau. Bagaimana cara mengatasi SSL error yang tidak valid ini sehingga HTTPS tidak bisa aktif? Check it out!

Apa itu HTTPS?


HTTPS adalah kepanjangan dari hypertext transfer protocol secure, yaitu suatu protokol komunikasi dalam internet. Seperti yang kita ketahui bahwa situs dengan protokol HTTPS adalah sambungan yang paling aman dan menjaga keamaan pengakses situs tersebut.

Selain HTTPS ada juga protokol HTTP. Perbedaan kedua protokol ini terletak pada HTTP yang tidak menggunakan SSL sementara HTTPS menggunakan SSL.

Apa itu SSL? SSL adalah kepanjangan dari Secure Socket Layer yang berfungsi untuk melindungi website dari serangan hacker yang tidak bertanggung jawab dengan cara membuat suatu jalur terenkripsi antara website dan web browser.

Lihat juga Penghasilan Youtuber Vs Blogger, Akankah Blogger Akan Punah?

Cara Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis


Saat order domain, biasanya sudah terdapat biaya tersendiri yang sepaket untuk mengaktifkan SSL ini. Hanya saja, sebagian Blogger tidak mencentang bagian SSL ini karena dianggap tidak penting. Padahal, jika dilihat dari harga SSL yang sangat murah, maka tidak masalah untuk mengaktifkannya sepaket ketika membeli domain website.

Memang ada cara mendapatkakn sertifikat SSL gratis. Hanya saja, konfigurasinya sedikit lebih sulit. Dan parahnya lagi, kadang-kadang sertifikat SSL seperti ini tidak valid dan error. Akibatnya, website tidak bisa diakses dan menyebabkan trafik blog menurun.

Baca juga Cara Mendapatkan Uang dari Google Setiap Hari Sampai $100

Cara Mengatasi Sertifikat SSL HTTPS Gagal Diproses 


Saya pun pernah mengalami sertifikat SSL situs bermasalah ketika membuat subdomain blogspot di Namecheap. HTTPS tidak bisa diaktifkan sehingga situs yang menggunakan subdomain ini tidak dapat dijangkau. Ada pesan pada menu pengaturan Blogger seperti berikut:

"Sertifikat SSL HTTPS gagal diproses karena data tantangan tidak terlihat melalui internet publik.
Periksa penyiapan DNS Anda. Operasi akan dicoba ulang sebentar lagi."
 Cara mengatasi https tidak bisa aktif di blogspot custom domain
Cara mengatasi https tidak bisa aktif di blogspot custom domain
Bagaimana cara mengatasi sertifikat keamanan situs bermasalah? Sebenarnya ini hanyalah masalah sepeleh. Saya tidak menambahkan CNAME Record di settingan host Namecheap domain utama yang diperintahkan dari platform Blogger. Lebih tepatnya, host dari Blogger ketika custom domain berbeda dengan yang saya masukkan di CNAME Record ketika custom subdomain ini.

Untuk mengatasinya, langsung cocokkan aja dengan apa yang ada di Platform Blogger dengan yang ada di registar Namecheap di domain yang akan dibuatkan subdomain tersebut.

Di settingan blog subdomain Blogger
Di settingan domain utama di Namecheap
Selengkapnya untuk mengatasi masalah ini lihat dalam Cara membuat subdomain blogspot di Namecheap Tanpa Hosting terbaru 2019.

Masalah "Sertifikat SSL HTTPS gagal diproses karena data tantangan tidak terlihat melalui internet publik. Periksa penyiapan DNS Anda. Operasi akan dicoba ulang sebentar lagi" berhasil diselesaikan dengan cara di atas. Tunggu saja sampai HTTPS aktif karena memang tidak bisa langsung aktif.

Lihat juga Les Private Online Cara Diterima Adsense

Demikianlah masalah SSL error dan HTTPS tidak bisa aktif di settingan subdomain blogger dengan pesal sertifikat SSL HTTPS gagal diproses yang menyebabkan subdomain situs tidak dapat dijangkau. Semoga berhasil dan terima kasih sudah berkunjung.
  April 16, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close