Skip to main content

Manfaat Youtube Go Nonton Video Hemat Kuota dan Kekurangannya

Manfaat Youtube Go untuk streaming video hemat kuota dan kekurangannya. Video Youtube merupakan teman bermain generasi milenials hari ini. Entah untuk tujuan bisnis atau hanya sebagai penikmat, Youtube adalah salah satu layanan internet terpopuler. Tentu ini karena video di Youtube memang banyak yang informatif dan menghibur serta kaya manfaat.
Manfaat Youtube Go Nonton Video Hemat Kuota dan Kekurangannya
Manfaat Youtube Go Nonton Video Hemat Kuota dan Kekurangannya

Sayangnya tidak semua pengguna internet dapat menikmati dan menonton video Youtube. Masih terdapat kekurangan-kekurangan saat nonton video online di Youtube. Seperti loading terus-menerus karena jaringan interent yang tidak stabil, ponsel android yang panas karena RAM terlalu kecil, atau pun yang paling banyak dikeluhkan adalah kuota internet mahal dan akan cepat terkuras saat streaming video Youtube.

Namun Anda tidak perlu risau. Akhir 2017 kemarin, Google sebagai perusahaan yang menaungi Youtube meluncurkan aplikasi Youtube terbaru bernama Youtube Go. Penasaran dengan kelebihannya dari pada aplikasi Youtube yang telah ada? Simak penjelasan tentang manfaat Youtube Go berikut ini.

Perbedaan Utama Aplikasi Youtube Biasa dengan Youtube Go


Yang menarik adalah aplikasi Youtube Go hadir bukan untuk menggantikan dominasi Youtube standar yang telah ada. Bahkan bukan juga untuk memperbaiki bug yang ada pada aplikasi Youtube standar ataupun menambah fitur terbaru pada aplikasi streaming terpopuler tersebut.

Terus, kenapa Youtube Go harus ada?

Saya ingin berasumsi kalau yang menikmati aplikasi Youtube standar adalah pengguna ponsel-ponsel berbasis android dan iOS kelas high end.

So, kehadiran Youtube Go untuk memberikan kesempatan akses Youtube kepada pengguna ponsel yang low end juga. Ya, karena Youtube Go hadir dengan ukuran aplikasi yang lebih ringan dibandingkan dengan aplikasi Youtube biasa.

Selain itu, Youtube Go juga menyasar pengguna internet dengan koneksi lemot yang tidak cocok untuk streaming video online. Tak ketinggalan, pengguna internet dengan kuota sedikit.

Lihat juga Cara Menggunakan Youtube Go Gratis Nonton Video Tanpa Kuota

Kelebihan dan kekurangan Youtube Go


Kelebihan

  1. Youtube Go adalah ukuran aplikasi jauh lebih ringan dibanding aplikasi Youtube standar. Ukurannya hanya sekitar 8,01 MB sehingga dapat beroperasi dengan lancar di smartphone android yang kecil RAM-nya.
  2. Masalah utama yang saya dan beberapa pengguna Youtube lainnya alami adalah kuota internet yang pas-pasan. Dengan menggunakan Youtube Go, kuota internet jauh lebih hemat dengan berbagai fasilitas yang disediakan. Termasuk download video Youtube dengan kualitas di bawah standar yang terbukti mampu menghemat kuota internet.

Kekurangan

  1. Aplikasi Youtube Go benar-benar hanya bermanfaat untuk yang suka nonton. Tidak ada interaksi yang bisa dilakukan selain memandang layar. berbeda dengan aplikasi Youtube biasa yang bisa tersedia kolom diskusi untuk mengkomentasi video. Terlebih lagi, kita juga tidak bisa melihat playlist suatu channel karena kita tidak bisa klik profil Youtuber.
  2. Jika memaksakan memutar video kualitas di bawah standar, kita akan menonton video yang kualitasnya jelek, seperti suara yang serak dan juga video yang buram. Semakin kecil resolusi video Youtube yang ditonton atau didownload memang semakin hemat kuota internet tapi dampaknya juga pada kualitas penayangan video.

Manfaat Youtube Go


Setelah melihat kelebihan Youtube Go dibanding Youtube, sekarang kita lihat manfaat dan tujuannya.

Seperti yang saya singgung di atas, kalau Youtube Go bukan hadir untuk menggantikan aplikasi Youtube yang telah lebih dulu digunakan, tapi untuk memanjakan pengguna layanan Youtube.

Dengan kehadiran Youtube Go, mereka yang tadinya tidak tertarik dengan Youtube karena hp android yang berspesifikasi rendah dan juga yang tidak memiliki banyak kuota, akhirnya merasakan manfaat Youtube Go sehingga mereka menjadi tertarik juga.

Bisa dikatakan, sebuah teknik marketing dari Youtube dan Google dalam meningkatkan pengguna layanan Youtube. Yang tadinya hanya terbatas di aplikasi Youtube standar yang lebih berat, sekarang pengguna ponsel yang belum install Youtube menginstall Youtube Go yang lebih ringan.

Jadi, jika dilihat dari bentuk aplikasinya, sebenarnya Youtube Go dibuat untuk mendapatkan target market baru. Karena sama sekali tidak dibuat untuk melengkapi fitur pada aplikasi Youtube lama. Kecuali untuk fitur simpan video yang didownload ke galery, sepertinya itu tidak ada di aplikasi Youtube standar.

Satu-satunya kekurangan Youtube Go selain dari yang telah disebutkan di atas adalah lebih ditujukan untuk orang yang suka nonton. Bukan untuk Youtuber.

Apapun alasan dan opini di atas, nyatanya Youtube Go termasuk aplikasi di Google Playstore yang populer dengan jumlah download lebih dari 100 juta kali. Jadi, bisa dipastikan kalau manfaat Youtube Go lebih banyak dibanding dengan kekurangannya.

Selengkapnya di Perbedaan Youtube dan Youtube Go yang Harus Kamu Ketahui!

Demikianlah artikel ulasan saya tentang manfaat Youtube Go nonton video hemat kuota dan kekurangannya.

  April 08, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close