Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Novel Dilan 1991

Review Kelebihan dan Kekurangan Novel Dilan 1991 singkat. Novel karya Pidi Baiq ini memang telah mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Meskipun sudah terkenal beberapa tahun sebelumnya, ternyata novel Dilan masih hangat. Terlebih saat Presiden Jokowi menyebut tentang Dilan (Digital Melayani) dalam debat Capres 2019 yang lalu. Hari ini kita akan melihat kelebihan dan kekurangan Novel Dilan 1991.
Kelebihan dan Kekurangan Novel Dilan 1991
Kelebihan dan Kekurangan Novel Dilan 1991

Novel Dilan 1991 adalah kelanjutan dari novel 1990. Hebatnya, kedua novel Dilan ini sama-sama diadaptasi ke dalam film yang berjudul sama, yaitu film Dilan 1990 dan Dilan 1991 yang dibintangi oleh aktor-aktor muda berbakat.

Seperti halnya novel Laskar Pelangi yang fenomenal, novel keren 5 cm, dan beberapa novel Indonesia best seller lainnya yang tidak pernah habis dibahas di setiap generasi, sepertinya Novel Dilan 1991 ini juga tidak akan dilupakan begitu saja. Setiap generasi akan selalu menjadikan novel ini sebagai salah satu novel yang direkomendasikan untuk dibaca.

Tentu ini tidak lepas dari cerita novel Dilan yang menarik dan dekat dengan kehidupan generasi milenials. Terutama di masa sekolah dengan seragam putih abu-abu, SMA. Langsung saja, berikut kelebihan dan kekurangan Novel Dilan 1991.

Kelebihan Novel Dilan 1991


Siapa yang menulis novel Dilan ini? Novel ini ditulis oleh salah satu penulis hebat Indonesia. Dialah Pidi Baiq yang berhasil menyihir generasi milenials dengan karyanya yang satu ini.

Kemampuan penulis dalam merangkai setiap kata dan menggunakan diksi yang tepat selalu menarik untuk disimak.

Cara penulis menggambarkan toko dan suasana menggunakan sudut pandang orang pertama membuat pembaca larut dalam cerita.

Gaya penilis menggambarkan cerita sangat-sangat unik sehingga pembaca bisa hanyut dalam setiap peristiwa. Bisa membuat pembaca senyum-senyum sendiri dan berpikir untuk merangkai kata seperti Dilan untuk pasangannya.

Sejak Dilan 1990, awalnya kita sudah bisa menebak kisah akhirnya. Tapi ternyata banyak yang salah. Kisah romantis antara Dilan dan Milea tidak semanis perpisahan di novel Dilan 1991. Tapi itu masih salah satu kelebihannya karena jalan ceritanya ternyata sulit ditebak.

Lihat juga Review Novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq

Kekurangan Novel Dilan 1991


Kekurangan Novel Dilan terletak pada banyaknya percakapan dan dialog yang kadang garing. Tidak semua percakapan lucu tapi dilakukan dengan kata-kata seperti hehehe... hahaha...

Selain itu, banyak yang kecewa dengan Novel Dilan 1991 yang berakhir dengan putusnya hubungan antara Dilan dan Milea yang telah begitu romantis sejak novel Dilan 1990.

Selain itu, ada beberapa kata dan kalimat dari bahasa daerah yang sulit dipahami oleh semua pembaca novel.

Nah, kekurangan yang paling besar untuk generasi milenials adalah mudah baper. Banyak kata-kata puitis yang bisa dikatakan cukup berlebihan. Itu hanya pendapat saja!

Tapi dari semua kekurangan yang disebutkan di atas, sebenarnya tidak terlalu penting karena terbukti novel ini bisa menyihir banyak pemuda yang hidup di generasi milenials.

Pesan Moral dari Novel Dilan


Ada begitu banyak pesan moral dari Novel Dilan. Mulai dari kisah cinta yang romantis seperti apapun bukan jaminan akan abadi.

Pesan lainnya adalah menjalani hidup dengan cara sederhana dan menyenangkan. Tidak peduli bagaimana pendapat orang lain dan hidup ini tidak boleh ditentukan oleh orang di sekitar kita, para penilai.

Selain itu, cara pandang Dilan tentang semua orang yang cukup menarik. Di mana ia siap berteman dengan siapa saja. Hanya saja, kita pun sebaiknya selektif dalam bergaul tapi tidak perlu membeda-bedakan manusia.

Pesan moral lainnya seperti munculnya novel Dilan 3, Suara Dilan yang membuat pembaca novel Dilan 1 dan Dilan 2 melihat dari sudut pandang yang benar-benar berbeda.

Jika sebelumnya pembaca hanya melihat dari sudut pandang Milea, di novel terakhir ini kita bisa melihat dari sudut pandang Dilan dan semua pendapatnya.

Karena itu, pesan moral yang bisa dipelajari dari novel Dilan adalah melihat dari sudut pandang yang berbeda.

Kesimpulan dan saran novel Dilan untuk pembaca adalah untuk tidak terlalu larut dalam jalan ceritanya. Biar gak baperan. Dan juga baca novelnya di tempat yang jauh dari halayak ramai. Bisa jadi, kamu dianggap kurang waras karena senyum-senyum sendiri ketika membaca.

Untuk sinopsisnya, silahkan lihat dalam resensi novel dilan 1991 singkat

Itulah review kelebihan dan kekurangan novel Dilan 1991. Kalau ada yang mau ditambahkan, silahkan lanjut ke kolom diskusi di bawah. Semoga bermanfaat.

  April 04, 2019

Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close