Skip to main content

Contoh Laporan Kegiatan Pameran EXPO Lengkap Dengan Hasil Dokumentasi

Contoh Laporan Kegiatan Pameran EXPO - Dalam pelaksanaan sebuah pameran, baik itu pemaran kewirausahaan, pameran karya seni rupa, bahkan di perguruan tinggi pun tidak luput dari laporan pelaksanaan pameran. Laporan pameran bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang proses pelaksanaan sebuah pameran. Laporan ini jugalah yang bisa menjadi bahan evaluasi bagi panitia untuk mengadakan pameran-pameran yang lebih baik.

Menyusun laporan kegiatan pameran dan mendokumentasikannya memang salah satu tugas berat dalam pameran. Karena itu, agar memudahkan kamu mencari bahan referensi, berikut salah satu contoh laporan kegiatan pameran EXPO di kampus.

LAPORAN KUNJUNGAN PAMERAN
HMTI EXPO


Di Halaman Kampus 1Universitas Cokroaminoto Palopo
24 April 2019

"WPAP dengan CorelDraw"

Oleh

Admin Soksimon

PRODI TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS TEKNIK KOMPUTER
UNIVERSITAS COKROAMINOTO PALOPO
2019

KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas kasih pertolongan-Nya, penulis bisa menyelesaikan “Laporan Kunjungan Pameran HMTI EXPO” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika Cokroaminoto.

Tentu penyelesaian laporan ini penulis sadari bukan karena kemampuan penulis sendiri. Namun oleh dorongan dan dukungan dari berbagai pihak. Pada kesempatan ini, penulis mengucapkan banyak terima kasih.

Namun penulis juga menyadari bahwa dalam penulisan laporan ini juga masih memiliki banyak kekurangan. Oleh sebab itu, selaku penulis dan penyusun laporan ini, saya membutuhkan masukan dan saran dari pihak terkait guna kemajuan bersama.

Akhir kata, semoga laporan ini dapat bermanfaat dan digunakan dengan semestinya, baik untuk membuat contoh laporan atau pun dijadikan referensi pelaksanaan kegiatan pameran kampus.



Palopo, 27 April 2019


Penulis


DAFTAR ISI
SAMPUL
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang HMTI EXPO 1
1.2 Tujuan Kegiatan 1
1.3 Manfaat 1
BAB 2 KEGIATAN HMTI EXPO
2.1 Jenis Kegiatan 2
2.2 Tempat dan Waktu Penyelenggaraan 2
2.3 Pelaksana KegiataN 2
2.4 Persiapan HMTI EXPO 2
2.5 Peserta 2
2.6 Produk Pameran 2
BAB 3 WPAP DENGAN CORELDRAW
3.1 Sekilas tentang WPAP 3
3.2 Cara Membuat WPAP Menggunakan CorelDraw 3
3.3 Dokumentasi 5
BAB 4 PENUTUP
4.1 Kesimpulan 6
4.2 Saran 6

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang HMTI EXPO

Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HMTI) Universitas Cokroaminoto Palopo mengadakan pameran HMTI EXPO 2019. Dalam pameran ini, para mahasiswa yang terlibat memamerkan produk dan karya buatan mereka, baik software maupun hardware di bidang IT. Mulai dari produk hardware, software, dan juga hasil-hasil karya seni desain grafis dan multimedia seperti karikatur wajah menggunakan Photoshop dan karya pop art WPAP CorelDraw.

Di sini, pembuat laporan mendapat tugas dari salah satu mata kuliah untuk membuat laporan mengenai jalannya pameran HMTI EXPO dan secara khusus mewawancarai proses pembuatan hardware dan software atau produk hasil desain grafis.

Dari berbagai produk yang dipamerkan, salah satu yang paling menarik perhatian adalah produk WPAP yang merupakan karya desaigner grafis dan multimedia di salah satu stand pameran.
Selain menulis laporan HMTI EXPO dan kegiatannya, dalam laporan ini juga akan direview salah satu produk di Stand Mila berupa karya WPAP menggunakan CorelDraw.

1.2 Tujuan Kegiatan

Adapun tujuan dari kegiatan pameran ini diadakan adalah sebagai berikut.

  1. Memperkenalkan produk-produk mahasiswa Teknik Informatika UNCP
  2. Memberikan ruang kepada mahasiswa untuk membuat event
  3. Untuk menilai produk buatan mahasiswa sendiri berdasarkan minat pengunjung
  4. Sebagai ajang bagi mahasiswa untuk mengukur kemampuan berkomunikasi

1.3 Manfaat

Dilihat dari proses berjalannya kegiatan, pameran ini selain untuk memperkenalkan produk-produk mahasiswa Teknik Informatika UNCP juga untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur pada mahasiswa. Ini terbukti dengan adanya stand yang juga menjual produk.

BAB 2
KEGIATAN HMTI EXPO

2.1 Jenis Kegiatan

1. Memperkenalkan produk IT maupun hasil IT kepada pengunjung di tiap-tiap stand.
2. Tanya jawab dengan para pembuat produk mengenai cara pembuatan produk
3. Jual beli produk pameran

2.2 Tempat dan Waktu Penyelenggaraan

Hari : Rabu, 24 April 2019
Waktu : Pukul 13.00 - Selesai WITA
Tempat : Halaman Kampus 1 UNCP

2.3 Pelaksana Kegiatan

Mahasiswa HMTI.

2.4 Persiapan HMTI EXPO

Dari informasi yang diperoleh, pameran HMTI EXPO mulai dibuka pada Kamis pagi (24 April 2019). Namun pada pagi hari terjadi hujan yang membuat persiapan pembukaan HMTI EXPO baru berlangsung pada siang hari. Selain itu, selama berlangsungnya pameran, beberapa stand pameran juga terlihat kosong dan hanya diisi oleh pengunjung pameran.

Namun hal itu tidak mengurangi minat dan antusias peserta pameran. Mereka mengadakan sesi tanya jawab dan memotret produk yang dipamerkan dan juga foto bersama pembuat produk.

2.5 Peserta

Mahasiswa-mahasiswi ruang lingkup Universitas Cokroaminoto Palopo.

2.6 Produk Pameran

Adapun jenis-jenis produk IT yang dipamerkan seperti lampu otomatis LDR yang akan menyala jika berada di ruang yang rendah cahaya, produk-produk desain grafis multimedia seperti karikatur wajah menggunakan Photoshop, dan juga WPAP yang dibuat menggunakan CorelDraw dan berbagai produk pameran lainnya.

BAB 3
WPAP DENGAN CORELDRAW

3.1 Sekilas tentang WPAP

Dari sekian produk IT dan hasiil IT yang dipamerkan, salah satu yang menarik perhatian adalah karya WPAP menggunakan CorelDraw. Produk desain grafis ini dipamerkan di Stand Mila. Selain WPAP, stand ini juga memamerkan salah satu karya mereka berupa rangkaian lampu LDR. Namun pada kesempatan ini, saya hanya akan mengulas sedikit tentang WPAP.

WPAP adalah singkatan dari Wedha’s Pop Art Potrait. Nama WPAP sendiri diambil dari nama seniman lokal bernama Wedah Abdul Rasyid. Beliaulah yang pertama kali memperkenalkan WPAP. Hasil karya WPAP termasuk ke dalam gambar vector.

Berikut salah satu contoh WPAP yang dibuat menggunakan CorelDraw.

Contoh Laporan Kegiatan Pameran EXPO Lengkap Dengan Hasil Dokumentasi
Contoh Pameran HMTI EXPO

WPAP dibuat dengan teknik tracing untuk menghasilkan gambar yang bernuansa kotak atau kubisme. Dalam proses pembuatan WPAP, setiap pola memiliki sudut dan tidak boleh menggunakan garis lengkung.

Sementara untuk tahap finishing WPAP didominasi oleh warna cerah, yaitu menggunakan warna-warna pop art desain yang menarik.

3.2 Cara Membuat WPAP Menggunakan CorelDraw

a. Komponen hardware yang digunakan

- Laptop
- Mouse

b.Software yang digunakan

- CorelDraw X7

c. Proses pembuatan produk

 Proses pembuatan produk pameran
Proses pembuatan produk pameran

  1. Menyiapkan foto asli yang akan dibuat menjadi WPAP
  2. Membuka CorelDraw X7
  3. Mengubah efek foto asli menjadi Grayscale
  4. Tracing foto menggunakan Pen Tool yang dimulai dari alis, mata, hidung, bibir dan bagian-bagin pada wajah terlebih dahulu.
  5. Memberi warna dasar black and white
  6. Finishing dengan memberi warna-warna yang kontras

d. Tingkat kesulitan

Untuk tingkat kesulitan WPAP tergantung foto asli yang akan diedit. Bagi pemula yang ingin belajar WPAP tentu harus dimulai dari tahap pengenalan tentang tools CorelDraw itu sendiri. Seperti teknik tracing menggunakan tools yang paling mudah. Terlebih dahulu.

Setelah mengetahui dasar CorelDraw, tingkat kesulitan dalam membuat WPAP yang kedua adalah cara pemilihan warna WPAP. WPAP harus menggunakan warna-warna kontras dan cerah yang mencolok. Tips memilih warna WPAP bisa dengan mengambil warna dari gambar WPAP yang telah ada.

3.3 Dokumentasi

- Wedha’s Pop Art Potrait

 Dokumentasi Pamerain HMTI EXPO
Dokumentasi Pamerain HMTI EXPO
- Karikatur wajah dengan Photoshop

Contoh Laporan Kegiatan Pameran EXPO
Contoh Laporan Kegiatan Pameran EXPO

BAB 4PENUTUP


4.1 Kesimpulan

Pamearan HTMI EXPO 2019 yang berlangsung di halaman kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo memamerkan berbagai produk dan hasil karya mahasiswa HMTI. Banyak hal-hal baru bermanfaat yang bisa didapatkan dari pameran ini. Seperti mendalami desain grafis dan multimedia secara khusus membuat karikatur wajah Photoshop dan juga membuat WPAP menggunakan CorelDraw.

4.2 Saran

Acara pameran yang seharusnya berlangsung sejak pagi namun tertunda sampai siang hari bisa catatan tersendiri untuk panitia pameran. Pameran yang sudah dipersiapkan beberapa hari terkesan terburu-buru terlihat dari penataan lokasi pameran yang masih berlangsung sementara pameran sudah dimulai.

Semoga di pameran-pameran berikutnya, pameran HMTI EXPO 2019 ini bisa memberikan pengamalan yang menjadi pelajaran untuk mengadakan pameran yang lebih baik lagi.

Itulah salah satu contoh laporan kegiatan pameran EXPO di kampus. Dalam laporan tersebut juga terdapat kesan pribadi dari kunjungan pameran tentang salah satu produk yang dipamerkan, yaitu karya seni desain grafis WPAP.

Semoga contoh laporan kegiatan pameran EXPO di atas bisa menjadi konsep dalam menyeusun laporan. Terima kasih atas kunjungannya.
  April 30, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close