8 Contoh Aplikasi Artificial Intellegence Terpopuler Saat Ini

8 Contoh Aplikasi Artificial Intellegence Terpopuler Saat Ini

Contoh aplikasi artificial intellegence atau kecerdasan buatan yang biasa digunakan sehari-hari. Berbicara tentang AI membuat pikiran kita melayang ke robot-robot canggih yang menyerupai manusia. Ya, beberapa produk AI telah diterapkan ke dalam bentuk robot yang benar-benar seperti manusia, seperti yang sering dipublikasikan oleh Jepang.
8 Contoh Aplikasi Artificial Intellegence Terpopuler Saat Ini
8 Contoh Aplikasi Artificial Intellegence Terpopuler Saat Ini

Tapi sebelumnya, apa itu artificial intellegence? Secara sederhana, definisi artificial intellegence (kecerdasan buatan) adalah sebuah teknologi canggih yang aplikasi produknya bisa memahami dan melakukan penalaran layaknya manusia. Pembuatan kecerdasan buatan berasal dari kecerdasan alami manusia yang ditransfer ke dalam program komputer (Sistem pakar adalah salah satu cabang AI).

Nah, di Indonesia sendiri kehidupan masyarakat juga tidak lepas dari aplikasi kecerdasan buatan. Saat ini, banyak aplikasi berbasis mobile smartphone seperti android dan IOS yang juga berbasis artificial intellegence. Penasaran? Langsung saja, berikut beberapa contoh aplikasi Artificial Intellegence terbaik yang populer digunakan sehari-hari.

1. Google Assistant


Pasti kamu sudah tidak asing dengan Google Now, terlebih dengan iklannya yang ber-tagline "OK Google" ini.

Fitur voice assistant Google juga termasuk artificial intellegence. Dengan kehadiran Google Assistant, pengguna search engine Google tidak lagi mengetik di keyboard namun cukup berbicara kepada Google.

2. Tesla


Artificial Intellegence bukan hanya menghadirkan teknologi canggih berbasis smartphone tapi juga menyasar berbagai lini kehidupan manusia, seperti di bidang otomotif.

Salah satu contoh AI tersebut adalah Tesla. Dengan teknologi kecerdasan buatan yang satu ini, mobil sudah tidak membutuhkan sopir.

Selain memiliki kemampuan self driving, Tesla juga memiliki kemampuan untuk memprediksi kondisi di jalanan.

3. Pandora


Bagi kamu pecinta musik, contoh kecerdasan buatan yang bisa kamu coba adalah Pandora.

Aplikasi Artificial Intellegence ini termasuk aplikasi yang populer digunakan. Pandora juga disebut DNA musik dengan berbagai karakteristik musik yang bisa merekomendasikan lagu-lagu yang Anda sukai.

4. Siri 


Apple sebagai salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia juga tidak ketinggalan dalam mengembangkan produk artificial intellegence untuk pengguna i-Phone dan i-Pad.

Salah satunya adalah Siri. Siri adalah kecerdasan buatan yang bertugas sebagai asisten pribadi virtual.

Dengan kemampuannya dalam memahami dan berkomunikasi, Siri termasuk kecerdasan buatan yang menggunakan bahasa alami. Salah satu bidang dalam kecerdasan buatan.

Seperti asisten pada umumnya, asisten virtual ini dapat bekerja dan membantu penggunanya dalam kehidupan sehari-hari.

Seperti mencari informasi tentang arah jalan, suatu tempat dan lain-lain. Selain itu, Siri sebagai aplikasi pada smartphone juga bisa melakukan menggunakan aplikasi, panggilan suara, mengingat jadwal, dan lain-lain.

5. Netflix


Suka nonton film? Bagi kamu pecinta film, pasti sudah pernah mencoba aplikasi berbasis Artificial Intellegence yang satu ini. Namanya Netflix.

Netflix adalah salah satu teknologi kecerdasan buatan yang paling populer. Kemampuannya dalah merekomendasikan film sesuai dengan minta Anda berdasarkan reaksi dan perilaku Anda sebelumnya.

Namun dibalik kemampuannya tersebut, Netflix masih memiliki kelemahan dalam merekomendasikan film. Film-film yang besar akan lebih mendapat perhatian

6. Alexa


Alexa adalah smart assistant dari Amazon berupa sebuah perangkat yang diletakkan di rumah.

Dengan layanan suara, Alexa bisa menjawab dan melaksanakan perintah yang diberikan.

Dengan adanya Alexa sebagai smart assistant, maka mendapatkan informasi seputar berita dan cuaca secara up to date tidak akan terlambat.

Bukan hanya itu, kemampuan Alexa juga bisa mengatur jadwal, berbelanja, dan lain-lain. Bisa dikatakan, Alexa adalah contoh kecerdasan buatan yang memiliki fitur komplit.

Artikel terbaik lainnya: Download Robot WA APK Gratis Terbaru dan cara kerjanya.

7. Waze


Waze termasuk aplikasi kecerdasan buatan yang sudah banyak digunakan karena berbasis teknologi smartphone.

Waze adalah aplikasi penunjuk arah atau navigasi tapi dengan fitur yang jauh lebih lengkap. Selain berisi informasi arah dan tujuan, pengguna Waze juga bisa saling bertukar informasi dan juga mengupdate peristiwa secara real time.

8. Instant Heart Rate Pro


Saat ini, sistem pakar merupakan bagian dari cabang ilmu Artificial Intellegence yang cukup populer. Salah satunya adalah Instant Heart Rate Pro.

Instant Heart Rate Pro adalah aplikasi pendeteksi kesehatan dimana penggunanya dapat mengetahui kondisi kesehatan tanpa perlu ke dokter untuk check up.

Itulah beberapa contoh penerapan Artificial Intellegence yang populer di masyarakat.

Kehadiran berbagai produk artificial intellegence bukan lagi cerita lama. Contoh kecerdasan buatan di atas dapat membuka mata kita tentang pengaruh dan dampak AI terhadap kehidupan manusia.

Saat ini, kecerdasan buatan bukan hanya diterapkan di smartphone atau ponsel. Tapi hampir semua lini. Meskipun sebagian besar cara kerja artificial intellegence ini masih sederhana, tapi melihat perkembangan teknologi saat ini, bisa diprediksi tahun-tahun ke depan akan menjadi era perkembangan teknologi AI.
 Contoh Teknologi Kecerdasan Buatan Terbaik Smart Home
Contoh Teknologi Kecerdasan Buatan Terbaik Smart Home - Pixabay
Selain Tesla di bidang mobil otomatis, penggunakan teknologi artificial intellegence juga diaplikasikan ke dalam sistem rumah pintar atau smart home. Sementara di perusahaan, sudah ada beberapa teknologi AI yang digunakan untuk membantu manajemen perusahaan. Kedepannya, kecerdasan buatan akan lebih banyak diterapkan dalam bidang teknologi informasi.

Jika tidak berkembang, maka kemungkinan besar kita akan tergeser oleh pemanfaatan Artificial Intellegence terbaik di kemudian hari. Belum terlambat bagi kita yang masih hidup dalam negara berkembang untuk bisa ikut berperan mengembangkan dan memanfaatkan teknologi Artificial Intellegence.

Lihat juga Artificial Intellegence (Materi Kecerdasan Buatan dan Sejarahnya)

Demikianlah artikel AI tentang contoh aplikasi Artificial Intellegence terbaik dan terpopuler saat ini. Semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca juga:

Apa Pendapatmu?
Blogger
Disqus
1 Komentar Anda, 1000 Kebaikan Untuk Kita!

No comments

Komentar Brother's and Sista sangat dibutuhkan!