Skip to main content

Cara Merubah PDF ke Excel Online dan Offline Terbaru

Cara Merubah PDF ke Excel dengan cepat dan mudah - Microsoft Excel adalah dokumen spreadsheet yang paling populer saat ini. Dengan Microsoft Excel, kita bisa melakukan berbagai hal keren dengan cepat dan mudah. Hanya saja, sebagian orang menghindari Excel karena rumus-rumus yang tergolong sulit. But, hari ini kita tidak perlu membahas tentang cara kerja Excel. Kita akan membahas cara merubah PDF ke Excel.
Cara Merubah PDF ke Excel Online dan Offline Terbaru
Cara Merubah PDF ke Excel Online dan Offline Terbaru

Ada banyak cara merubah PDF ke Excel dan hampir semuanya berantakan. Memang ada cara convert PDF ke Excel yang bagus tapi berbayar. Giliran yang gratis hasilnya tidak memuaskan dan berantakan.

Dari beberapa yang pernah saya coba, cara merubah PDF ke Excel memang jauh lebih rumit dari pada mengubah Excel ke PDF atau pun word ke PDF. Karena itu, tidak bisa dipungkiri kalau merubah PDF ke Excel tidak semudah yang dibayangkan.

Cara Merubah PDF ke Excel Online


Ada 2 situs convert excel to pdf online yang pernah saya coba, yaitu SmallPDF dan juga PDFtoExcel. Kalau masalah convert file PDF ke format file lainnya, SmallPDF memang tidak diragukan lagi. Saya juga sudah pernah mencoba convert PDF ke Word dengan situs converter online ini dan hasilnya memuaskan.

Bagaimana dengan convert PDF ke Excel dengan website converter SmallPDF online ini? Sayangnya, hasil convert tidak sebagus ketika mencoba convert pdf ke word. But, tidak apa-apa, kamu bisa mencobanya karena selain gratis, bisa menambah pengetahuan juga.

Convert PDF to Excel Online dengan SmallPDF

  1. Buka web browser kamu
  2. Kunjungi website SmallPDF di website ini
  3.  Convert PDF to Excel Online
    Convert PDF to Excel Online
  4. Klik taruh file di sini 
  5. Cari file PDF yang akan diubah ke Excel
  6. Proses convert PDF ke Excel akan berjalan otomatis.
  7.  Convert PDF to Excel Online Free
     Convert PDF to Excel Online Free
  8. Berikut tampilan jika PDF telah sukses dikonversi menjadi file Excel.
  9. Kamu dapat mendownload hasil convert PDF to Excel atau pun membagikannya melalui Dropbox atau pun Google Drive.

Kelebihan: Convert PDF to Excel free alias gratis
Kekurangan: Hasil convert PDF to Excel Berantakan pada tabel Excel

Convert Excel to PDF Online dengan PDFtoExcel

  1. Siapkan file PDF yang akan diconvert ke Excel
  2. Masuk ke website PDFto Excel di sini
  3.  Cara merubah PDF ke Excel online
    Cara merubah PDF ke Excel online
  4. Klik upload file dan cari file PDF yang akan diconvert ke Excel
  5.  Cara merubah PDF ke Excel Tanpa Ribet
    Cara merubah PDF ke Excel Tanpa Ribet
  6. Tunggu proses convert PDF to Excel selesai. 

Kekurangan: Proses convert sangat lama dan butuh waktu meskipun ukuran PDF yang diconvert kecil. Bisa dikatakan, situs ini memang ingin penggunanya untuk menggunakan PDF to Excel versi premium.

Lihat juga 12 Aplikasi Edit Video Gratis untuk PC Cocok untuk Youtuber

Cara Merubah PDF ke Excel Offline


Cara merubah file pdf ke excel secara offline tentunya harus menggunakan software/aplikasi tambahan. Sebenarnya ada banyak aplikasi merubah PDF ke Excel Offline. Namun saya hanya akan merekomendasikan yang terbaik menurut saya.

PDF to excel free dengan Foxit Reader


Aplikasi Convert PDF ke Excel Offline terbaik adalah Foxit Reader. Ini karena aplikasi ini gratis. Tidak seperti beberapa aplikasi lainnya yang berbayar.

Foxit Reader adalah aplikasi pembaca file PDF yang super lengkap dengan berbagai fitur menakjubkan. Selain bisa merubah PDF ke Excel, juga bisa digunakan untuk menggabungkan file PDF, mengkompress file PDF agar ukurannya lebih kecil dan lain-lain.

Kelebihan dari Foxit reader dalam merubah PDF ke Excel adalah hasilnya tabel tidak akan berantakan. Namun kekurangannya proses dan cara convert PDF ke Excel dengan Foxit Reader lumayan rumit dan panjang.

Untuk kamu yang ingin mencobanya, silahkan lihat tutorial merubah PDF ke Excel menggunakan Foxit Reader di https://www.nesabamedia.com/

Kelebihan: Gratis
Kekurangan: Rumit dan tutorialnya cukup panjang


Software Convert pdf to excel Adobe Acrobat Reader DC


Software untuk mengubah PDF ke Excel berikutnya adalah Adobe Acrobat Reader DC. Siapa sih yang gak kenal aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Adobe? Mulai dari software edit foto di PC dan android sampai aplikasi-aplikasi dokumen juga tidak lepas dari Adobe.

Fitur-fitur yang diberikan oleh Adobe Acrobat Reader DC memang cukup komplit. Dengan menggunakan software ini, kamu bisa mengedit file PDF, menggabungkan file ke dalam file PDF, termasuk merubah PDF ke Excel secara offline.

Namun sangat disayangkan, ternyata aplikasi convert PDF to Excel ini berbayar. Sekitar Rp200.000 an per bulannya jika ingin menggunakan aplikasi ini. Kalau memang penting, ya mau tidak mau kita harus berlangganan untuk menikmati fitur-fitur Adobe Acrobat Reader DC ini mengedit file PDF.

Kekurangan: Berbayar

Kesimpulan yang saya bisa berikan dalam artikel cara merubah PDF ke Excel secara online dan offline ini memang cukup rumit. Jika memang mau yang lebih mudah dan gratis, maka hasilnya tabel bisa berantakan. Sementara jika ingin yang gratis tapi rumit namun hasilnya memuaskan, maka satu-satunya jalan saat ini menggunakan Foxit Reader seperti yang dijelaskan oleh Nesabamedia.

Jika kamu punya tutorial cara convert PDF to Excel free dan mudah tanpa ribet plus cepat, silahkan dibagikan ya.


Demikianlah cara merubah PDF ke Excel online dan offline terbaru dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat.
  April 24, 2019
Comment Policy: Tulis Komentar Anda Sesuai dengan Isi Artikel!
Buka Komentar
Tutup Komentar
close