Skip to main content

Cara Membuat Subdomain Blogspot di Namecheap Terbaru 2019

Cara membuat subdomain blogspot di Namecheap tanpa hosting - Halo brother's and sista! Akhirnya setelah seharian penuh, blog safelink menggunakan subdomain blog utama selesai juga saya buat. Ternyata, membuat subdomain di platform Blogger dari registar domain Namecheap sangat mudah. Ya, meskipun harus diakui kalau membuat subdomain blogspot di Namecheap ini memakan banyak waktu karena tidak ada tutorial yang benar-benar terbaru.
Cara Membuat Subdomain Blogspot di Namecheap Terbaru 2019
Cara Membuat Subdomain Blogspot di Namecheap Terbaru 2019

Karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, saya menulis artikel terbaru tentang tutorial cara membuat subdomain blogspot di Namecheap terbaru 2019 tanpa hosting. Oh ya, saya mengatakan tanpa hosting karena beberapa tutorial yang saya pelajari katanya harus menggunakan hosting CPANEL. Padahal itu sama sekali tidak benar. Kita bisa membuat subdomain dari blog utama di Namecheap langsung.

Apa itu Subdomain?


Subdomain adalah bagian dari suatu domain induk. Seperti halnya menu yang memiliki submenu atau folder yang memiliki subfolder, begitulah subdomain dari domain. Untuk lebih jelasnya, berikut contoh domain blog utama yang memiliki blog subdomain.
  • Contoh domain blog utama
https://www.soksimon.com
  • Contoh blog subdomain
https://www.download.soksimon.com

Dari contoh blog subdomain di atas, kita bisa melihat bahwa ada tambahan nama domain download di depan nama domain blog utama Soksimon.

Tujuan dari blog subdomain ini adalah untuk membuat suatu blog atau website yang artikel atau niche-nya berbeda dari blog utama. Biasanya selain blog download, juga digunakan untuk membuat blog catatan tersendiri.

Berapa blog blogspot yang bisa dicustom ke subdomain blog utama? Dari beberapa artikel yang saya baca, setidaknya bisa sampai 500 blog subdomain dari blog utama yang bisa dibuat. Wow! Satu blog aja sulit apalagi segitu.

Lihat juga Cara Custom Domain Blogspot Menjadi COM di Namecheap, Rumahweb, Exabytes

Mengapa membuat blog subdomain?


Setidaknya ada 3 alasan membuat blog dari subdomain blog utama.
  1. Lebih murah karena tidak perlu membeli domain baru lagi.
  2. Bisa langsung menayangkan iklan adsense di blog subdomain tanpa review jika blog utamanya sudah terhubung dengan adsense. 
  3. Lebih cepat di branding dan sudah dipercaya oleh mesin pencari seperti Google. Hal ini bisa dibuktikan dari Alexa subdomain yang sepaket dengan Alexa domain utama. Dan dari segi DA PA blog, juga tidak terlalu jauh perbedaannya dari domain blog utama.

Membuat subdomain di Blogspot di Namecheap


Setelah tahu tentang subdomain sebuah blog utama dan contohnya, maka saatnya untuk membuat subdomain blogspot di Namecheap.

1. Masuk ke Settingan Blogger dan pilih Dasar/Basic

2. Custom domain blogspot ke domain berbayar pihak ketiga seperti tutorial ketika mengcustom blogspot menjadi domain TLD.

Klik + Siapkan URL pihak ketiga untuk blog Anda
 Custom domain blogspot ke subdomain
Custom domain blogspot ke subdomain
3. Masukkan subdomain dari blog utama.

Saya menggunakan kata download sehingga saya tulis di kolom yang tersedia:

www.download.soksimon.com

4. Setelah klik simpan, maka tampilannya akan seperti di bawah ini!
 Menambah subdomain di blogspot dari blog utama
Menambah subdomain di blogspot dari blog utama
Copy yang saya tandai warna kuning di atas untuk kemudian ditambahkan di CNAME registar domain.

5. Login ke akun Namecheap agan. Klik di https://namecheap.com/myaccount/cheapssl-login.aspx

Sekedar informasi aja, saya menggunakan Namecheap dulu karena harganya lebih murah dan banyak promo. Rekomendasi registar penyedia domain dan hosting lainnya dalam negeri adalah Rumahweb, IdWebhost, Niagahostinger, dan Exabytes.
 Login ke Namecheap
Login ke Namecheap
6. Pilih domain yang akan ditambahkan subdomainnya dan klik Manage
 Klik Manage - Namecheap
Klik Manage - Namecheap 
7. Pilih Advanced DNS seperti gambar di bawah ini.
 Pilih Advanced DNS - Namecheap
Pilih Advanced DNS - Namecheap
8.  Pada Host Record yang tampil, silahkan klik kotak warna merah + ADD NEW RECORD

Ada 4 yang perlu kamu isi di sini:

- Type : CNAME Record
- Host : www.download
- Value : ghs.google.com
- TTL : Automatic
 Menambah CNAME Record Subdomain blog utama di Namecheap
Menambah CNAME Record Subdomain blog utama di Namecheap
Jangan lupa klik save all dan sampai di sini pekerjaan membuat subdomain blogspot domain utama di Namecheap sudah selesai. Kamu boleh keluar dari akun Namecheap kamu sekarang.

9. Kembali ke dashboard Blogger kamu

Tahap selanjutnya, kita kembali ke menu settingan dasar blogger. Di sini kamu harus mengubah 2 lagi, yaitu dari http menjadi https.

  • Ubah ketersediaan HTTPS menjadi Ya
  • Ubah pengalihan HTTPS menjadi Ya

Mengaktifkan https di subdomain blog utama Namecheap
Mengaktifkan https di subdomain blog utama Namecheap
Sampai di sini, blog subdomainmu sudah siap digunakan. Dalam hal ini, blog safelink blogger saya sudah selesai dan siap digunakan.

Mudah kan? Langkah-langkahnya sebenarnya sama saja dengan cara custom domain blogspot ke domain TLD com di Namecheap. Eitss! Tidak semudah itu membuat subdomain di blog utama lho.

Ada kendala yang saya hadapi dalam membuat subdomain di blog utama, yaitu pengalihan HTTPS tidak bisa diaktifkan sehingga domain safelink blogger tidak bisa diakses. Pesan ERROR SSL seperti ini berikut ini.

Sertifikat SSL HTTPS gagal diproses karena data tantangan tidak terlihat melalui internet publik. Periksa penyiapan DNS Anda. Operasi akan dicoba ulang sebentar lagi.

SSL Error ini ternyata diakibatkan oleh kesalahan dalam menambah CNAME Record di Namecheap.

Ada yang bilang kalau subdomain tidak perlu menggunakan www. Tapi setelah saya coba, masih gagal mengaktifkan HTTPS di blog subdomain.

Akhirnya, saya coba pakai subdomain www.download di blogger dan memasukkan di Host Record Namecheap domain utama saya dengan CNAME Record www.download juga, https masih ditinjau juga.

Namun setelah menunggu beberapa menit, akhirnya https benaran aktif dan blog safelink dengan subdomain blog utama berhasil dibuat.

Hampir lupa, custom subdomain dari blog utama berbeda dari custom blogspot ya pada bagian akhirnya. Kamu tidak perlu mencentang alihkan domain utama ke subdomain. Jika kamu centang maka blog utama kamu akan redirect ke blog subdomain baru ini. So, hati-hati ya!
 Jangan alihkan blog utama ke subdomain blog baru
Jangan alihkan blog utama ke subdomain blog baru
Jika terjadi masalah atau ERROR SSL HTTPS tidak aktif pada blog subdomain, silahkan ulangi langkah-langkah di atas dengan seksama. Jika sudah tiga kali gagal mencoba membuat subdomain di Namecheap menggunakan blogspot, maka kamu dipersillahkan menulis pertanyaan seputar ini di komentar di bawah.

Lihat juga Niche Blog Indonesia yang Paling Populer Sepanjang Masa

Demikianlah tutorial cara membuat subdomain blogspot di Namecheap tanpa hosting dengan mudah. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung brother's.
  April 15, 2019
Semoga Sukses: 1 Kalimat Terbaik dari Anda Adalah Motivasi Bagi Saya!
Bagaimana Pendapat Anda?
Terima Kasih!
close